Mau Hemat Uang? Ini Nih Cara Cerdasnya

Bagi sebagian besar karyawan kantor, menerima gaji adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tapi menghemat uang yang diterima, itu memerlukan keahlian tersendiri.

Sebagai orang kantoran, hari menerima gaji adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tidak sedikit karyawan kantor bahkan mengalokasikan hampir 50% persen dari uangnya untuk belanja dan membayar tagihan rutin. Pertanyaan sejuta umat bagi orang karyawan adalah seberapa lama uang Anda bisa bertahan? Apakah Anda mampu mengelolanya dengan baik?

Jawaban klise yang sering diajukan pekerja kantoran adalah kita tidak pernah cukup uang untuk bisa bertahan hingga akhir bulan. Hal paling lucu adalah kita, sebagai orang kantoran, malah menghitung mundur ke gaji berikutnya. Hitung hari-hari ‘menyedihkan’ ya? Hahahaa.

Satu solusi termudah yang bisa dilakukan adalah menyimpan uang. Ya, kata lainnya adalah menabung. Mungkin bagi sebagian besar karyawan dengan gaya hidup sedikit boros, pengetatan keuangan ini belum mendapat hasil. Tapi percayalah, jika disiplin melakukannya, bukan tidak mungkin Anda bisa membeli mobil impian atau berlibur bersama keluarga kecil Anda.

Menghemat Belanja

Jika Anda punya pendapatan yang lumayan besar dari gaji, kendalikan nafsu belanja Anda. Jangan terlalu impulsif. Buatlah daftar belanja bulanan yang sudah pasti akan dibeli. Jangan beli sesuatu sebelum barang belanjaan yang ada dalam daftar itu. Jangan khawatir, berpeganglah pada daftar belanjaan tersebut, dan usahakanlah bawa uang secukupnya. Terbiasa membawa uang secukupnya melatih kedisiplinan pengeluaran Anda sehari-hari. Satu lagi, coba biasakan makan dahulu sebelum berangkat pergi berbelanja. Secara psikologis, beberapa orang cenderung berbelanja lebih banyak pada waktu perut kosong. Segala jenis barang yang tidak diinginkan menjadi lebih menggoda ketika Anda lapar. Jadi, makanlah sebelum pergi ke mal.

Menghemat Konsumsi Media

Tidak bisa dipungkiri, hampir sebagian besar media mainstream di Indonesia tersedia secara online dan bahkan gratis. Untuk media cetak, tengok saja Kompas.Com untuk versi web dan Kompas Tv untuk berita televisinya. Untuk berita yang cukup cepat, tengok saja Detik. Tapi untuk media satu ini tidak ada versi televisinya. Selain itu, Anda juga bisa membaca buku secara online, dan sebagian besar acara televisi juga dapat dilihat secara online dan gratis. Anda bahkan bisa streaming semua film-film terbaru di internet. Tahun 2014 adalah generasi online, yaitu tahun ketika orang-orang menjadi lebih cepat dan lebih cerdas. Cara ini bisa membuat Anda lebih hemat dalam mengonsumsi berita karena tidak perlu membeli koran cetak atau pun majalah.

Pantau Pengeluaran Sehari-hari

Hal klise ini sudah pasti adalah nasihat terbaik. Jangan pernah lupa untuk pantau pengeluaran sehari-hari Anda dalam perbelanjaan. Setiap Anda belanja bulanan, coba catat struk pembelanjaan Anda. Dengan mencatat pengeluaran, Anda bisa memotong pos mana yang tidak perlu.

Pengawasan pengeluaran yang lebih baik dan disiplin dapat membantu dan mendorong Anda tetap pada anggaran dan rencana penghematan yang sudah dibuat. Jika Anda sering terhubung ke internet, ada berbagai perangkat lunak yang tersedia secara online untuk pengaturan keuangan sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pengawasan pengeluaran pribadi di peranti lunak tersebut. Salah satu peranti lunak yang bisa Anda pakai untuk pengaturan keuangan adalah Personal Finance Pro.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama