Masalah-Masalah Ini Bisa Diselesaikan Dengan Dana Darurat

Masih menganggap dana darurat sebagai hal yang bisa dinanti-nantikan? Mulailah merubahnya, sebab dia bisa menyelamatkan Anda dari masalah-masalah ini.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, pasti kita pernah menghadapi hal yang tak terduga. Bahkan, kadang-kadang malah memaksa kita untuk menghabiskan uang demi menyelesaikannya. Seperti ketika ada seorang anggota keluarga yang sakit dan butuh dibawa ke dokter segera. Apakah Anda sudah siap menghadapinya? Belum tentu.

Namun, ada satu hal yang paling bisa membantu Anda ketika ada di tengah masalah itu, yaitu dana darurat. Seperti yang pernah dibahas oleh KreditGoGo sebelumnya. Dana darurat bisa menjadi penyelamat keuangan paling berarti ketika menghadapi musibah. Nah, apa saja sih jenis musibah yang paling sering dibantu penyelesaiannya oleh dana darurat ini? Berikut ulasannya.

1. Sakit

penyakit dapat terjadi kapan dan kepada siapa saja. Sebagai contoh, kalau Anda atau orang terdekat sedang mengalami demam tinggi, tidak mungkin kan kita hanya melihatnya menderita menahan sakit di rumah tanpa dibawa ke rumah sakit? Pasti Anda akan membawanya ke dokter, namun itu semua membutuhkan biaya. Terutama untuk bayaran dokter dan menebus resep obat.

Itu kalau hanya membutuhkan perawatan di rumah, bagaimana kalau sampai harus dirawat di rumah sakit? Makin besar lagi uang yang mesti dipersiapkan. Karena itu, persiapkan dengan baik, paling tidak orang tersebut bisa dibawa ke dokter agar segera mendapat penanganan.

Kalau Anda memiliki uang lebih, cobalah untuk mengikuti program asuransi kesehatan yang ditawarkan banyak perusahaan dan bank. Cukup mendaftarkan diri dan membayar premi setiap bulan, Anda sudah bisa mendapatkan perlindungan pembiayaan kesehatan. Sudah ada banyak orang yang tertolong dengan adanya program tersebut. Namun, sebelum menggunakannya, baca polisnya yah, agar Anda tahu persis pengobatan apa saja yang dicover pihak asuransi.

2. Perbaikan Barang atau Aset

Mobil Anda rusak di tengah jalan? Atau rumah rusak akibat bencana alam? Atau ada alat-alat penting lain yang rusak dan harus segera diperbaiki? Situasi ini seringkali merepotkan siapapun yang pernah mengalaminya. Mungkin Anda tidak akan mengalami masalah yang terlalu ribet kalau memiliki dana cukup untuk memperbaikinya, namun bagaimana kalau tidak?

Mulailah menyediakan sedikit porsi terhadap dana darurat terhadap hal ini dan lainnya. Karena ujung-ujungnya, kita jugalah yang akan merasakan manfaatnya ketika mengalami hal semacam itu.

3. Kehilangan Pekerjaan

Merasa pede dan nyaman dengan pekerjaan Anda saat ini? Boleh saja, namun itu bukan berarti membuat Anda menjadi malas menyiapkan dana darurat yang nantinya akan digunakan kalau Anda kehilangan pekerjaan tersebut. Ini bukan menakut-nakuti lho, hanya sekedar mengingatykan. Ingat, tidak ada yang bisa menjamin apakah posisi Anda aman di tempat bekerja atau tidak. Selain itu, bisa saja sesuatu terjadi pada perusahaan tempat Anda bekerja sehingga memaksa direksi untuk melakukan PHK.

Kalau seandainya hal itu terjadi dan Anda menjadi salah satu pegawai yang di PHK, apakah sudah siap? Belum tentu. Meskipun begitu, paling tidak Anda sudah memiliki dana cukup untuk menghidupi diri dan keluarga selama beberapa waktu atau bulan hingga kembali mendapat pekerjaan. Pasti Anda tidak inginkan anak istri tidak bisa makan akibat hal ini, karena itu persiapkan semuanya dengan baik agar kita lebih siap kalau terjadi hal terburuk.

Sebagai saran, salah satu cara yang bisa menyelamatkan Anda selain dana darurat dalam hal ini adalah dengan mulai berbisnis. Ya, kalau mempunyai bisnis sendiri, tentunya Anda memiliki pemasukan lain di samping hanya dari pendapatan bulanan dari gaji perusahaan. Selain itu, kesempatan untuk menyimpan uang lebih banyak akan semakin lebar sehingga akan membantu Anda ketika mengalami kehilangan pekerjaan.

4. Membayar Tagihan

Masih juga pertengahan bulan, tapi gaji bulanan Anda sudah habis. Sementara itu, masih ada beberapa tagihan yang mesti dipenuhi. Bagaimana Anda menyelesaikannya sementara uang di kantong sudah habis. Disinilah peran dana darurat akan sangat berguna, karena dia akan menjadi penolong Anda ketika masalah itu terjadi.

Di samping itu, dia juga akan menolong Anda untuk bisa bertahan selama masa-masa belum gajian. Sebenarnya tidak cuma keempat hal ini saja yang biasanya sangat terbantu oleh dana darurat. Namun, apapun alasan pemakaiannya, pastinya dia akan menjadi penyelamat ketika masalah keuangan terjadi.

Jadi, sudah menyiapkan dana darurat belum? Jika belum, tidak ada pilihan lain. Mulailah siapkan dengan cara menabung dan mengikuti berbagai program lain seperti asuransi, investasi, dan lainnya dari sekarang sobat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama