Lakukan Ini Ketika Gaji Istri Lebih Besar Dari Suami

Ketika gaji istri lebih besar daripada gaji suami, konflik rumah tangga mudah sekali terjadi. Jangan minder atau terintimidasi, Anda bisa melakukan hal ini untuk mengatasinya!

Zaman sekarang istri bergaji besar semakin banyak. Menurut data 2013 Pew Research Center, para ibu yang gajinya lebih besar dari suaminya mencapai 40 persen dari jumlah rumah tangga di Amerika Serikat (AS). Sebenarnya apabila gaji istri di atas suami ini adalah hal lumrah.

istri lebih dominan

Namun, kondisi karier dan gaji istri yang lebih besar sering kali memicu konflik. Hal ini diakibatkan adanya budaya di Indonesia yang sudah terlanjur melekat. Budaya tersebut sering kali memandang suami lebih maskulin, pemimpin dan kepala keluarga, sehingga dalam posisi harus lebih tinggi

Tak heran jika ada saja pria yang menganggap hal itu sebagai ancaman. Alhasil, dia merasa tak nyaman. Pemikiran-pemikiran negatif seperti itulah yang berpotensi menimbulkan konflik rumah tangga. Padahal kondisi tersebut tak harus disikapi demikian.

Cara Menyikapi Kesenjangan Gaji

Apabila ini yang terjadi cara menyikapinya menurut psikolog Rima Olivia, hanya satu. Dibicarakan bersama, ada titik temu dan kesepakatan akan sebuah visi rumah tangga. Jika sudah sepakat, apakah gaji tersebut berasal dari suami atau istri, tak jadi masalah. Gaji adalah gaji.

Berikut ini adalah cara menyikapi kondisi gaji istri lebih besar dari suami.

1. Saling Menghormati

Cara pertama adalah sikap salin gmenghormati, Ini bisa diwujudkan dengan tak melulu mengungkit topik gaji. Cara kita berkomunikasi juga memegang peran penting. Bersikaplah biasa.

Tunjukkan sikap seorang istri yang menghargai kerja keras suami, dan seorang suami yang mendukung istri melakukan hal positif.

2. Berbagi Peran

Kemudian Anda harus pintar berbagi peran. Walau gaji istri lebih besar, biarkan suami mengambil perannya seperti biasa. Misal, memberi uang belanja dan membayar uang sekolah anak. Semua ditempatkan pada perannya masing-masing.

3. Buat Keputusan Bersama

Mungkin Anda memiliki pendapatan lebih besar dari suami, tapi soal uang tetap harus diputuskan bersama suami. Hal ini juga membantu Anda untuk melepaskan sedikit stres dan tekanan dalam membuat keputusan.

4. Buat Rekening Operasional

Anda bisa membuka rekening khusus operasional rumah tangga. Suami maupun istri sama-sama mengisinya. Dengan demikian diharapkan tak ada perbandingan kentara.

5. Pengalokasian Gaji

Alternatif lain, alokasikan gaji untuk keperluan berbeda. Misal, gaji istri untuk biaya sekolah anak, beli baju keluarga, dan berlibur. Sementara gaji suami dipakai untuk keperluan rumah, makan, dan transportasi. Aataupun dipakai untuk berinvestasi dan asuransi untuk masa depan.

suami wiraswasta

Suami Berwiraswasta atau Mencari Tambahan

Jika ternyata istri memiliki penghasilan lebih besar, mungkin memang pintu rejeki keluarga terbuka lebih lebar melalui istri. Sehingga buang jauh-jauh perasaan minder. Sebagai suami, Anda juga bisa menambah rezeki dari berwirausaha ataupun pekerjaan sampingan.

Berwirausaha juga sebagai bentuk atau cara Anda membahagiakan keluarga. Jika pemasukan bertambah dan digabungkan dengan gaji istri maka kondisi keuangan semakin baik. Pilihan jenis usaha pun saat ini terbuka luas, dengan banyak peluang Anda bisa mencari mana yang paling menguntungkan.

Wujudkanlah Bisnis Anda

Jadi, apabila gaji istri lebih besar dari gaji suami, Anda para suami tidak perlu minder dan merasa tertindas. Tetaplah dukung karir sang istri, lalu wujudkan wirausaha yang akan mendatangkan keuntungan.

Untuk mewujudkan bisnis tersebut Anda bisa mendapatkan dana cepat dari pinjaman HSBC Personal Loan untuk modal awal membuka usaha. HSBC Personal Loan adalah layanan kredit tanpa agunan dengan suku bunga flat.

Pinjaman ini menawarkan plafon hingga Rp 125 juta dengan jangka waktu 3 tahun. Dana tersebut bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk modal awal membuka bisnis. Suku bunga yang ringan dan flat membuat Anda tidak dibebankan dengan bunga berjalan, dan cicilan per bulan tetap.

Keunggulan lainnya dari pinjaman HSBC Personal Loan adalah bebas biaya administrasi, sehingga dana yang cair dapat lebih maksimal memenuhi kebutuhan modal bisnis Anda. Tidak hanya itu ada keuntungan berlipat jika Anda mengajukan pinjaman online di KreditGoGo!

Sebuah bonus menarik, Sport Cam kamera menanti dan akan melengkapi kegiatan traveling Anda bersama keluarga. Ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak!

Baca juga:
Bedanya “Uang Laki-Laki “ dan “Uang Perempuan”
Inilah Perbandingan Isi Dompet Pria dan Wanita

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama