Jurus Jitu Antisipasi Naiknya Harga Hewan Qurban

Harga hewan qurban selalu naik setiap tahun. Sudah siapkan berqurban tahun ini? jika belum ayo persiapkan dana yang matang agar berqurban terasa ringan dan menyenangkan.

Kenaikan harga rupanya tak hanya terjadi pada daging sapi segar di pedagang pasar, hewan qurban yang dijual pedagang musiman menjelang Lebaran Idul Adha juga mengalami kenaikan. Di sejumlah daerah harga hewan qurban merangkak naik, contohnya di Jalan Pramuka, Matraman, Jakarta Pusat.

Salah seorang pedagang mengatakan rata-rata kenaikan harga hewan qurban, baik sapi maupun kambing, sebesar 10% dibanding tahun lalu. Kenaikan 10% hampir pasti terjadi setiap tahunnya. Namun walaupun harga naik setiap tahun, hewan qurbannya selalu saja ludes sebelum Idul Adha.

Harga hewan qurban tersebut bervariasi, untuk sapi Bali dengan berat 500 kg dibandrol seharga Rp29 juta, berat 400 kg seharga Rp23 juta, berat 350 kg seharga Rp20 juta, dan yang termurah sapi Bali dengan bobot 250 kg dipatok Rp14,7 juta.

biaya qurban

Sementara harga pasaran untuk kambing qurban, seekor kambing seberat 50 kg dijual seharga Rp5 juta, ukuran 40 kg seharga Rp4 juta, 35 kg seharga Rp3,5 juta, dan paling murah dengan berat 25 kg yang dipatok Rp2,5 juta.

Apakah Anda Sudah Siap Berqurban?

Semua orang, terutama masyarakat muslim di Indonesia pasti menyadari, dari tahun ke tahun, kesadaran mengeluarkan hewan kurban masyarakat muslim di Indonesia semakin besar. Hal ini tentu tak lepas dari naiknya kemampuan finansial masyarakat muslim di Indonesia itu sendiri.

quote KreditGoGo


Namun apabila ditanya kembali sudah siapkah Anda berqurban? Jawaban terbaiknya adalah jika kebutuhan sudah mencukupi maka tidak ada salahnya menyisihkan sejumlah dana untuk membeli hewan qurban.

beli hewan qurban online

Mempersiapkan Dana untuk Berqurban

Berqurban bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan Anda memiliki niat yang tulus dalam melakukan ibadah qurban tersebut. Namun, di tengah-tengah perekonomian yang semakin meningkat, harga hewan qurban pun semakin mahal.

Seperti yang dijelaskan diatas harga satu ekor sapi saja bisa mencapai puluhan juta. Lalu, bagaimana agar Anda bisa berqurban? Tentunya diperlukan persiapan yang matang. Dengan perencanaan keuangan yang baik, Anda bisa menyiapkan dana qurban dengan lebih mudah dan tidak perlu merasa berat.

Dana untuk berqurban idealnya dipersiapkan sejak setahun sebelum hari raya itu tiba. Jadi bisa Anda siapkan dari pendapatan tahunan yang diterima selain pendapatan rutin bulanan, bisa berupa bonus, THR, insentif serta deviden dari pekerjaan atau usaha Anda.

Agar mempersiapkan dana qurban semakin mudah, Anda bisa mengikuti 3 cara efektif ini untuk membeli hewan qurban.

1. Mencicil Tiap Bulan seperti Kredit

Cara ini dapat dilakukan dengan mencicilnya setiap bulan, sama saja seperti Anda sedang melakukan kredit motor, yang wajib Anda bayarkan setiap bulannya. Besaran dari cicilan yang perlu Anda sisihkan adalah sebesar harga prediksi hewan qurban ditahun depan, dibagi 10 atau 11 bulan.

Misalnya, harga kambing saat ini Rp 5 juta dengan prediksi kenaikan ditahun depan sebesar 10%. Maka bisa diperkirakan bahwa harga kambing dengan ukuran sedang, diperkirakan memiliki harga Rp 5,500,000.

Jadi Anda bisa membagi  ke dalam 11 bulan dengan cicilan per bulan sebesar Rp500 ribu, dengan begitu tidak akan terasa berat ketika Anda ingin membeli hewan qurban.

2. Gandakan Dana dari Tabungan Berjangka

Salah satu produk bank yang bisa menjadi cara efektif adalah tabungan berjangka. Produk ini membuat Anda tak perlu repot menyisihkan dana per bulan untuk keperluan itu. Selama jangka waktu tertentu, sejumlah dana yang telah ditentukan sebelumnya akan ditarik dari rekening Anda secara otomatis setiap bulannya.

Dengan Adanya instrumen investasi ini, uang yang terkumpul pun dapat diambil saat waktu yang ditentukan. Lebih praktis bukan? Ketika tibanya berqurban dana tersebut dapat dicairkan untuk membeli hewan qurban.

investasi logam emas mulia

3. Menabung dengan Emas

Seperti yang Anda ketahui emas merupakan komoditi investasi yang paling mudah dan berisiko rendah. Ini bisa menjadi cara selanjutnya untuk menyiapkan dana berqurban, bagi Anda yang kesulitan untuk menyisihkan uaang. Anda bisa membeli perhiasan atau emas murni dan menabungnya di lembaga resmi.

Cara menabung untuk qurban yang satu ini dapat dijadikan alternatif Anda, dimana harga emas terbilang cukup stabil dan bahkan menguntungkan dibandingkan Anda menabung di bank yang memiliki risiko terpakai oleh Anda.

Jadi tidak ada halangan lagi untuk Anda berqurban, apabila tidak tahun ini, Anda bisa menyiapkan dana tersebut untuk tahun depan dengan menerapkan tiga cara di atas. Persiapkan juga dana darurat untuk segala kebutuhan finansial Anda melalui Kredit Tanpa Agunan (KTA) terbaik tanpa proses ribet.

Kunjungi terus KreditGoGo untuk dapatkan informasi dan edukasi seputar keuangan dan raih untung lebih banyak dengan pengajuan online hanya di KreditGoGo!

Baca juga: 
Meraup Untung Lewat Bisnis Musiman
Gandakan Pahala, Berqurban Online Tawarkan Kemudahan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama