Jangan Ragu Mengajukan Pinjaman Modal Usaha, Ini Alasannya!

Dilema mengajukan pinjaman modal usaha sering dialami pengusaha karena takut tidak bisa membayar utang. Jika Anda mengalaminya, beberapa alasan ini dapat membantu Anda membuat keputusan.

Di dunia ini tidak ada yang gratis, semua butuh usaha. Sama halnya dengan bisnis, jika tidak berusaha maka tidak akan pernah maju. Untuk pengusaha, keuangan sering menjadi masalah utama yang dihadapi. Baik yang belum memulai usaha, sudah memulai usaha kecil-kecilan hingga yang usahanya telah berkembang, semuanya berawal dari modal usaha.

Apa Anda ingin menjalankan bisnis tapi tidak punya modal usaha? Ingin mengembangkan usaha dan butuh dana tambahan? Jika tabungan peribadi tidak cukup, Anda bisa mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan. Pinjaman ini lebih nyaman untuk diajukan dan aman daripada meminjam kepada teman atau kerabat karena dilindungi oleh hukum. Namun, justru hal ini yang juga menimbulkan rasa khawatir diantara pengusaha karena takut aset mereka disita atau terbelit utang.

Sebenarnya, asalkan Anda menentukan tujuan pinjaman, mengalokasikan serta mengelola pinjaman dengan baik, maka peluang bisnis berkembang akan lebih besar. Dengan begini, Anda tidak perlu takut mengajukan pinjaman modal usaha. Masih ragu? Berikut adalah beberapa alasan baik untuk mengajukan pinjaman:

Pinjaman Mampu Mewujudkan dan Mengembangkan Bisnis

Sumber foto: dagelan.co

Anda telah memiliki ide bisnis yang berpotensi dan strategi usaha yang baik, sayangnya keuangan tidak memadai. Untuk mewujudkan bisnis, pinjaman modal usaha bisa Anda manfaatkan sebagai modal keseluruhan atau modal tambahan. Bagi Anda yang telah menjalankan bisnis selama beberapa bulan atau tahun dan melihat prospek yang baik untuk mengembangkannya, mengajukan pinjaman adalah solusi yang tepat.

Misalnya bisnis warung bakso milik Anda selalu ramai dan ludes sebelum jam tutup toko, Anda bisa menambah bahan produksi dan membuka cabang di tempat lain. Dengan perencanaan yang baik, pinjaman tersebut tidak hanya membantu Anda balik modal, tapi mendapat keuntungan lebih!

Berani Bereksperimen dan Berinovasi

Katakanlah bisnis Anda telah sukses, apa langkah selanjutnya? Setiap bisnis harus selalu melangkah maju dan berinovasi agar tidak kalah bersaing. Nah, pinjaman modal usaha bisa Anda manfaatkan untuk melakukan penelitian, eksperimen dan inovasi demi mengembangkan produk atau jasa. Agar tidak rugi, cermati baik-baik apakah inovasi yang ingin Anda lakukan bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk Meningkatkan dan Merawat Peralatan

Saat mulai menjalankan bisnis, sebagian orang tidak berani membeli banyak peralatan atau memilih peralatan yang berkualitas super tinggi disebabkan anggaran keuangan. Setelah bisnis berjalan beberapa lama dan mengalami peningkatan, tentu ingin menambah atau meningkatkan kualitas peralatan yang telah ada. Selain itu, dibutuhkan juga ongkos untuk merawat peralatan produksi, apalagi jika peralatan tersebut berukuran besar dan berteknologi canggih. Memanfaatkan pinjaman modal usaha untuk meningkatkandan merawatperalatan adalah bentuk investasi, jadi Anda tidak perlu ragu mengajukan pinjaman.

Baca juga: Panduan Terlengkap untuk Mengajukan Pinjaman

Memperlancar Arus Kas dan Bisnis

Sumber foto: tribunnews.com

Untuk menjalankan bisnis, terutama yang baru berjalan, Anda butuh banyak modal usaha. Apalagi beberapa bulan pertama, belum tentu bisnis tersebut meraih keuntungan sementara setiap bulan kamu harus membayar gaji karyawan, uang sewa, listrik, air dan lain-lain. Pinjaman modal usaha mencegah kekurangan modal serta memperlancar arus kas sehingga bisnis tetap berjalan. Jika Anda sudah melihat tanda-tanda modal yang menipis atau arus kas akan macet, segera ajukan pinjaman agar bisnis senantiasa berjalan.

Pinjaman Sebagai Solusi Masalah Keuangan

Ada kalanya terjadi salah produksi, strategi pemasaran yang meleset atau bencana alam sehingga mempengaruhi keuangan perusahaan. Sayang sekali bukan, jika bisnis yang Anda rintis atau sudah meraih keuntungan akhirnya harus berhenti karena terbentur masalah keuangan? Jika sudah begini, Anda harus memberanikan diri mengajukan pinjaman modal usaha agar bisnis dapat beroperasi seperti semula secepat mungkin.

Baca juga: Optimalkan Pinjaman UKM Anda dengan 7 Hal Ini

Di Indonesia, ada beberapa jenis pinjaman untuk para pengusaha seperti kredit multiguna (KMG), kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit tanpa agunan (KTA). Kredit multiguna bisa Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan hingga modal usaha. Kredit usaha rakyat adalah program pinjaman kepada pengusaha mikro, kecil dan menengah sebagai tambahan modal usaha. Untuk KMG dan KUR, Anda harus memberikan jaminan. Sementara kredit tanpa agunan, seperti namanya, tidak membutuhkan jaminan dan memiliki proses pengajuan yang lebih mudah serta cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang galau mengajukan pinjaman modal usaha.

(Sumber: centrausaha.comkompas.com)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama