Ini Dia Ciri-Ciri Orang Bebas Utang

Ada orang yang bebas utang? Rasanya tidak mungkin ada ya. Meski masih memiliki beberapa tanggungan, namun ada loh beberapa indikator yang menunjukkan mereka tidak memiliki masalah itu loh.

Menabung agar bebas hutang

Utang, masalah klasik yang sering kita dengar ketika seseorang mengalami kesulitan keuangan. Rasanya tiap orang yang hidup saat ini pasti sudah pernah melakukannya.

Sebelumnya, apa sih utang itu? Utang adalah sesuatu yang dipinjam. Dalam kaitannya dengan keuangan, untuk beberapa hal, seperti permodalan dan pemberian dana cepat, utang bisa menjadi solusi tepat.

Namun, sama seperti api, utang bisa menjadi teman dan berubah menjadi musuh. Ketika utang bisa dikontrol dengan baik dengan cara konsisten melakukan penggantian, dia akan berguna bagi kita. Namun, ketika jumlahnya sudah terlalu besar dan tidak bisa di-handle, yang terjadi adalah bencana.

Sudah banyak orang yang hidupnya hancur hanya karena terlilit utang loh. Tentu kita tidak ingin seperti itu bukan? Karena itulah, jadilah orang yang bebas utang. Memang, hampir tidak ada orang yang bisa sepenuhnya bisa lepas dari masalah itu, namun setidaknya hal tersebut tidak sampai mengganggu hidupnya.

Menurut Len Penzo, orang-orang yang tidak bermasalah dengan utang biasanya dapat dilihat dari berbagai hal. Apa saja? Ini dia:

Menghitung Pengeluaran dengan Cermat

1. Sangat detail

Orang-orang yang bebas utang akan selalu awas dan teliti memperhatikan kondisi keuangan mereka. Mereka selalu mencatat jumlah uang yang dikeluarkan dan hampir tidak pernah sembarangan menggunakannya.

2. Berutang tidak memberikan kesenangan

Pada umumnya, mereka yang bebas utang berpikir hal tersebut hanya memberikan solusi dalam jangka pendek dan bisa menyulitkan hidup di masa depan. Jadi, mulailah ubah mindset Anda.

3. Pragmatis

Pada umumnya mereka cenderung berpikiran praktis dan memahami nilai dari sesuatu. Contohnya, buat apa membeli iPhone 5S yang harganya di atas 8 juta kalau ujung-ujungnya hanya digunakan untuk bermain game dan membuka Twitter serta Facebook. Lebih baik membeli Nokia X yang berharga jauh lebih murah dan menawarkan fungsi yang dibutuhkan.

4. Tidak mengandalkan orang lain

Maksudnya adalah, mereka adalah orang yang selalu bekerja keras agar bisa mempertahankan hidupnya tanpa menyulitkan orang lain, kecuali dalam keadaan terpaksa.

5. Punya tabungan

Ya, tentu saja orang yang bebas utang pasti bisa menabung karena uang yang seharusnya digunakan untuk membayar tagihan justru mengalir memenuhi rekening. Mereka biasanya berusaha hidup secukupnya, demi memikirkan masa depan.

6. Mampu menahan diri

Banyak orang yang doyan belanja tapi tidak punya uang, justru memaksakan diri. Tapi hal itu tidak dilakukan oleh orang-orang yang bebas utang, sebab mereka mau bersabar untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Sebagai contoh, seseorang ingin membeli sepatu seharga Rp 500.000, tapi apa daya ia hanya memiliki uang Rp 300.000. Karena itu, ia mengurungkan niatnya dan lebih memilih untuk menabung lagi hingga jumlahnya cukup.

7. Percaya diri

Rata-rata orang yang bebas utang menolak untuk diukur berdasarkan apa yang dimilikinya. Tidak pernah mendapat tekanan untuk mengeluarkan uang hanya untuk mengikuti tren. Umumnya, mereka akan tetap bergaya modis meski hanya menggunakan pakaian yang standar.

8. Batasi penggunaan kartu kredit

Meskipun tetap terkena utang akibat penggunaan kartu kredit, mereka mampu untuk mengendalikan kesehatan keuangannya dan bisa memanfaatkan segala keunggulan produk pembayaran itu.

Ayo Menabung!

9. Bertanggung jawab

Bila mereka harus berutang kepada pihak atau orang lain, maka pembayarannya akan dilakukan tepat waktu. Orang-orang itu sadar, utang adalah sesuatu yang harus segera diselesaikan, bukan dipelihara hingga menjadi besar.

10. Uang bukan sumber kebahagiaan

Mungkin klise, tetapi mereka selalu memiliki mindset seperti itu. Hidup orang-orang tersebut cenderung simpel, tidak berlebihan, dan lebih mementingkan kesenangan orang lain terutama keluarganya.

Kesimpulannya, selalu ada cara bagi kita bila ingin bebas dari utang bukan? Ada banyak cara untuk mewujudkannya kok, seperti dengan mulai berhemat untuk fokus membayar utang dan berusaha menabung. Jadi, aturlah keuangan Anda dengan baik ya sobat.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama