Ingin Cepat Kaya? Ikuti 5 Langkah Berikut Ini

Menjadi kaya tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Diperlukan kerja keras dan niat sungguh-sungguh dalam mengelola keuangan secara bijak. Berikut kami berikan tipsnya.

Siapa tidak ingin kaya? Rasanya, hampir semua orang menginginkannya. Banyak orang bekerja keras semasa hidupnya agar bisa hidup berkecukupan. Untuk bisa mencapai impiannya tersebut, tak jarang orang banyak mengorbankan waktu dan tenaga yang dimiliki selama hidupnya.

Untuk bisa menjadi orang kaya, pastinya tidak lepas dari kerja keras serta pengelolaan keuangan yang baik. Jika seseorang memiliki penghasilan besar tapi tak pandai mengelolanya, maka itu akan percuma. Alhasil, orang tersebut akan jauh dari kata kaya dan kecukupan finansial.

Agar bisa mencapai tujuan hidup kaya dan berkecukupan dalam hal finansial, berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan dalam mengelola keuangan.

1. Tingkatkan Pendapatan, Bukan Jam Kerja

Kalau Anda menganggap menambah jam kerja atau lembur menjadi salah satu jalan untuk kaya, rasanya kurang tepat. Coba pikirkanlah efek dari lembur. Dengan menambah jam kerja, selain membuat jenuh, juga kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Maka dari itu, meningkatkan nilai pendapatan tentu jauh lebih efektif daripada menambah jam kerja. Bagaimana caranya? Misalnya menjadikan hobi sebagai bisnis sampingan. Sebagian orang hanya melakukan apa yang mereka suka sebagai hobi. Padahal dibalik itu, ada peluang besar untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

2. Investasi Lebih Baik Daripada Menabung

Menjadi kaya dengan cara menabung memang tidak salah. Namun, tentu saja proses Anda menjadi kaya melambat. Mengapa? Karena dengan menabung, nilai uang tidak bertambah dan bahkan cenderung menurun karena inflasi dan sebagainya.

Oleh karena itu, cobalah mengambil langkah efektif dengan cara berinvestasi. Ada berbagai macam investasi, mulai dari investasi bursa saham, reksadana, properti, emas, dan lain-lain.

Sebelum memutuskan berinvetasi, Anda harus teliti dan memilih dengan tepat jenis investasi apa yang ingin dilakukan. Dengan nilai investasi yang semakin besar ke depannya, maka kekayaan Anda akan bertambah dengan sendirinya.

Baca juga: Inilah Investasi Menguntungkan di 2016

3. Kurangi Gengsi

Barang mewah memang bisa meningkatkan gengsi. Seringkali barang mewah menjadi tolak ukur bahwa seseorang telah sukses secara finansial. Namun, pikirkanlah terlebih dahulu, apakah Anda sudah sanggup merawat barang mewah tersebut?

Rata-rata barang mewah menuntut perawatan. Belum lagi kalau memberi barang mewah dengan cara mencicil. Misalnya, apakah sudah punya uang lebih daripada barang yang dimiliki? Semisal membeli mobil Eropa, maka Anda tentu punya uang lebih daripada harga mobil tersebut, bukan?

Jadi, daripada mementingkan gengsi, ada baiknya lebih bijak. Gunakanlah uang untuk hal lebih penting serta sesuai dengan kebutuhan. 

Sebagai contoh, sang miliarder Warren Buffett dikenal sebagai seorang yang bijaksana dan sederhana. Ia diketahui tidak memiliki telpon genggam dan komputer di meja kerjanya.

4. Hindari Utang yang Tidak Menghasilkan

Sebenarnya, akan lebih baik jika melakukan hal apapun tanpa berutang. Namun jika utang untuk perputaran bisnis, tentu jauh lebih baik daripada utang untuk membeli barang mewah. Sebab, nilai barang-barang mewah tersebut pasti menurun seiring digunakan.

Jika ingin berutang, pastikan itu adalah untuk kredit modal kerja atau bisnis jangka panjang, bukan untuk membeli barang mewah. Atau bila memang utang tersebut untuk membeli sesuatu, pastikan untuk membeli properti.

5. Jangan Berhenti Belajar

Banyak orang berpikir bahwa belajar hanya saat berada di masa sekolah. Padahal, selepas lulus, seharusnya tak pernah berhenti untuk belajar. Investasi bukan hanya soal uang, tapi juga soal ilmu dan pengalaman.

Salah satu cara menjadi kaya adalah belajar terus menerus, baik dari buku, orang lain, ataupun pengalaman orang lain. Biasanya jika seseorang sudah mendapatkan penghasilan per bulan, ia hanya tahu bagaimana caranya mendapatkan penghasilan tersebut.

Selain itu, Anda bisa memperluas pergaulan serta meninggalkan zona nyaman. Memiliki influencer semisal miliarder, juga bisa memotivasi Anda untuk menjadi kaya. Perhatikanlah kata-kata mereka serta sepak terjang apa saja yang mengantarkan mereka menjadi orang kaya.

Menjadi orang kaya bukan untuk dipandang orang lain, melainkan lebih kepada cara pandang terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa mengelola keuangan secara bijak dan bukan karena gengsi semata. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Orang Sulit Kaya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama