Gunakan AC Hemat Listrik Agar Tagihan Tak Membengkak

Penggunaan AC membuat Anda merasakan kesejukan ketika musim panas. Namun jika berlebihan bisa memicu tagihan listrik membengkak. Lakukan tips berikut ini agar penggunaan efisien.

Bermukim di daerah tropis yang bercuaca panas dan lembab seperti Indonesia, membuat pendingin ruangan atau AC (Air Conditioner) mempunyai peranan yang amat penting. Apa yang lebih menyenangkan dari musim panas selain bermalas-malasan di ruangan ber-AC?

Sayangnya, kegiatan tersebut akan membuat tagihan listrik Anda membeludak. Salah satu pengeluaran yang cukup besar setiap bulan adalah membayar tagihan tiap bulannya, seperti listrik. Namun tagihan tersebut masih bisa kita hemat dengan cara mengurangi pemakaiannya.

ac hemat listrik

Efisiensi Penggunaan AC

Namun, jangan khawatir ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan yang akan membantu meringankan beban pengguanaan AC di rumah, sehingga penggunaan AC berjalan lebih efisien dan tentunya akan berdampak pada penghematan biaya energi Anda.

1. Atur Temperatur Suhu

Langkah pertama adalah atur temperatur AC Anda pada suhu normal. Mungkin Anda lebih suka tidur dengan suhu pendingin sekitar 15 derajat Celcius, tapi tahukah, kalau setiap di bawah 25 derajat celcius, Anda sedang meningkatkan penggunaan energi 3-4%.

Jadi, langkah yang paling baik adalah, jangan biarkan seseorang mengatur temperatur AC Anda pada suhu di bawah 25 derajat dengan harapan udara di ruangan akan menjadi lebih cepat sejuk. Mengatur temperatur pada suhu 19 derajat, tidak akan membuat suhu ruang menjadi lebih cepat dingin ketimbang Anda membiarkannya tetap pada suhu 25 derajat.

2. Pastikan Tirai Tertutup

Langkah kedua, biarkan tirai Anda tetap dalam kondisi tertutup. Anda tidak akan menduga perbedaan tagihan listrik setelah menutup secara benar semua celah daripada membiarkannya. Asupan cahaya alami memang akan menghemat penggunaan energi untuk cahaya buatan, namun bila sedang tidak ada di rumah baiknya biarkan tirai tetap dalam kondisi tertutup.

Bila ruangan rumah tidak terpapar panas matahari, maka pendingin ruangan tidak akan berkerja ekstra untuk membuat sejuk ruangan di rumah. Sebaliknya, jika siang hari ditutup maka pada malam hari bukalah sebentar tirai jendela Anda. Ini akan membantu melepas uap panas dari dalam ke luar rumah.

kipas angin vs AC

3. Padukan dengan Kipas Angin

Anda dapat memadukan penggunaan kipas dan AC, pada saat tertentu Anda dapat menggantikan fungsi AC sementara dengan menggunakan kipas angin. Penggunaan energi kipas angin lebih kecil daripada penggunaan AC.

Kipas memiliki kemampuan untuk “mengusir” hawa panas dari ruangan, sehingga ruangan akan terasa sejuk, dengan begitu AC Anda tidak perlu bekerja ekstra untuk mendinginkan ruangan.

4. Bersihkan Filter

Langkah keempat bersihkan AC secara rutin, jJika filter pendingin ditutupi debu, AC tidak akan beroperasi secara efisien. Pendingin ruangan akan bekerja dua kali lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Idealnya, bersihkan sebulan sekali dengan campuran air hangat dan cairan pencuci piring.

5. Gunakan AC Hemat Energi

Saat ini sudah banyak fitur pada AC yang mengarah pada penggunaan energi yang lebih hemat. Sebut saja inverter, mode hemat, hingga sensor manusia dan sensor gerak. Dengan demikian, AC dapat bekerja lebih optimal dan sesuai kebutuhan saja.

AC hemat energi memang lebih cocok untuk digunakan pada ruangan yang lebih besar. AC hemat energi lebih tahan lama dan bisa menyejukkan ruangan lebih baik dibandingkan dengan AC low watt. Anda bisa menemukan produk AC terbaik di toko elektronik pilihan.

kartu kredit khusus belanja elektronik

Maksimalkan Kartu Kredit untuk Membeli Barang Elektronik

Salah satu fitur unggulan dari kartu kredit yang membantu memenuhi kebutuhan Anda akan barang-barang elektronik adalah fitur cicilan ringan. Anda tidak perlu menunggu uang tunai untuk mengganti AC lama dengan AC hemat energi.

Selain itu Anda bisa mendapatkan keuntungan ektra apabila menggunakan kartu kredit yang bekerja sama dengan toko elektronik tertentu. Contohnya Kartu Kredit HSBC dengan Informa, di sini Anda bisa menemukan beragam produk elektronik dan kebutuhan rumah tangga terbaik.

Nikmati bergam keuntungan dengan fitur cicilan 0% dari Kartu Kredit HSBC, tidak hanya itu dapatkan tambahan potongan harga spesial hingga 50% dengan menukarkan poin rewards kartu kredit Anda.

Silakan Ajukan kartu kredit secara online melalui KreditGoGo, ada kesempatan emas untuk meraih kejutan Gratis voucher belanja MAP senilai Rp 1 Juta untuk pengajuan yang disetujui. Ajukan sekarang dan raih untung lebih banyak!

Baca juga: 
5 Kebiasaan yang Membuat Tagihan Listrik Jebol
Beli Barang Elektronik? Manfaatkan Cicilan 0% Kartu Kredit

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama