Diskon Besar Harbolnas 12/12, Ikuti Saran YLKI Saat Belanja Online

Menyambut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), YLKI memberi saran agar konsumen tidak tertipu saat belanja online.

Tahun ini, ada lebih dari 250 toko online yang berpartisipasi dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dan memberikan potongan harga super tinggi, mencapai 95%. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun menghimbau masyarakat untuk berhati-hati saat belanja online agar tidak menjadi korban penipuan.

"Pengaduan belanja online masih sangat dominan. Bahkan di YLKI pengaduan belanja online menjadi rangking tertinggi," ungkap Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi, dalam pesan tertulis kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

YLKI juga menganggap bahwa regulasi perlindungan konsumen masih rendah sehingga mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah ([MFMN1] mengenai Transaksi Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Agar Anda tidak menjadi korban penipuan saat belanja online, terapkanlah beberapa saran dari YLKI!

Saran-saran tersebut adalah memastikan bahwa harga diskon adalah benar (harga tidak dinaikkan terlebih dahulu), belanja dari toko online terpercaya dan mengecek komentar konsumen terhadap toko online tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa toko online tersebut memiliki tata cara pengaduan yang jelas, misalnya saat produk yang Anda terima bermasalah. Yang terakhir, Anda harus hati-hati saat memberikan data-data peribadi pada proses pembayaran agar tidak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Agar lebih hemat saat belanja online, gunakan juga kartu kredit yang menawarkan cashback atau cicilan 0% seperti UOB One Card Visa PlatinumBCA EverydayUOB Lady’s Card MasterCard Platinum dan HSBC Visa Gold.

(Sumber: KompasTribunnewsTempo)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama