Diskon Besar, Dompet Tetap Aman

Diskon dimana-mana. Jangan sampai dompet jebol. Segera batasi pengeluaran Anda, agar keuangan tetap terkontrol dan digunakan sesuai tempatnya.

Bagi Anda yang baru mulai merasakan bisa menghasilkan uang sendiri, seringkali menghabiskan uang hanya untuk hal yang tidak terlalu dibutuhkan. Yang dipentingkan hanyalah tentang bagaimana Anda bisa terlihat menarik, modis, dan bermerek.

Coba bayangkan, Anda sudah bekerja seharian penuh dan mengorbankan waktu bersama keluarga, tetapi Anda hanya menghabiskan hasil kerja keras Anda untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sayang sekali, bukan? Mungkin keempat pertanyaan ini bisa membuat Anda untuk berpikir ulang ketika Anda akan membeli barang saat ada diskon besar-besaran akhir tahun.

Diskon Besar-besaran

Apakah membutuhkannya atau hanya karena diskon?

Meskipun sedang diskon besar-besaran, pastikan barang tersebut merupakan hal yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda membeli karena tergiur dengan harga yang yang murah, tetapi setelah itu Anda tidak tahu akan digunakan untuk apa, yang akhirnya Anda menyesal telah menggunakan uang untuk membeli barang tersebut. jadi fikirkan baik-baik, apakah Anda membutuhkannya atau hanya lapar mata.

Adakah barang yang sama dengan harga lebih murah?

Bukan pelit, tapi cobalah mulai berfikir bisakah saya mendapatkan barang yang sama dengan harga yang lebih murah. Ini bukan hal yang tidak mungkin. Anda bisa coba untuk mencari ke tempat lain atau belanja online untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Meskipun harus menambahkan ongkos kirim, biasanya perbedaan harga saat Anda belanja online dan belanja di toko lumayan jauh, bisa sekitar puluhan hingga ratusan ribuan. Anda mulai bisa cek di Kaskus, Tokopedia, dan OLX untuk mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan barang yang sama.

Bisakah saya tidak membelinya?

Ya, memiliki barang dengan merek terkenal, terbaru, termahal, tercanggih, dan terbagus adalah impian semua orang. Kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah barang ini betul-betul Anda butuhkan atau hanya untuk gengsi semata?

Pikirkan juga, jika Anda membeli barang ini, tapi disisi lain hutang Anda menjadi bertambah, lebih baik Anda urungkan untuk membelinya. Atau lebih baik Anda bersabar dulu, menabung. Jika sudah cukup uang, baru Anda bisa membelinya.

Apakah ini hanya nafsu belanja saja?

Ya, nafsu belanja yang besar biasanya datang dikalangan para wanita. Terlebih apabila Anda merasakan hari yang sangat menjengkelkan lalu pergi ke sebuah mall untuk menenangkan fikiran. Di sana Anda menemukan barang yang menarik perhatian, dengan alasan untuk membuta persaan menjadi lebih baik, anda tetap membelinya walau dengan harga yang mahal.

Sekarang coba lihat kalender, apakah sisa uang yang anda miliki cukup untuk beberapa hari ke depan hingga saat gajian tiba? Apakah tetap bisa menabung untuk masa depan dan pensiun Anda?

Selain pertanyaan di atas, Anda juga bisa melakukan hal-hal berikut untuk membatasi belanja Anda.

Bawa Uang Pas

Pada saat Anda akan pergi untuk berbelanja, ada baiknya Anda hanya membawa uang tunai sesuai dengan perkiraan harga barang yang akan Anda beli. Anda tidak perlu takut kehabisan uang pada saat belanja, masih ada hari lain untuk belanja, bukan?

Jika Anda ingin membawa uang cadangan, simpanlah ditempat atau bagian dompet yang tidak langsung terlihat oleh mata. Ingat, uang cadangan ini hanya digunakan ketika Anda sedang berada di keadan darurat.

Tentukan Jadwal Mengambil Uang

Terlihat terlalu perhitungan, tapi percayalah dengan begini Anda bisa lebih mengontrol pengeluaran. Misalkan, Anda memiliki penghasilan perbulan yang ditransfer ke rek Anda setiap tanggal 25. Jadwalkan Anda mengambil uang setiap tanggal 26 untuk memenuhi kebutuhan Anda selama sebulan. Pergunakan dengan baik uang tersebut hingga hari pengambilan uang berikutnya tiba.

Untuk jadwal pengambilannya tidak harus sebulan sekali. Jika Anda tipe orang yang tidak nyaman memegang uang dalam jumlah banyak di dompet, Anda bisa mengubahnya menjadi seminggu sekali. Atur saja agar Anda merasa nyaman dengan sistem ini.

Kenapa Harus Malu Beli Barang Bekas?

Barang bekas tidak selalu berkualitas rendah. Sekarang sudah banyak toko yang menjual barang bekas dengan kualitas dan perawatan yang bagus. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah, yang berarti dapat memperkecil pengeluaran Anda.

Barang apa saja yang dijual di toko barang bekas? Bermacam-macam, dari sepatu, aksesoris, buku, tas, elektronik, hingga peralatan rumah tangga. Berikut tempat-tempat yang menjual berbagai barang bekas dengan kualitas oke banget:

1. Babe

Babe yang merupakan singkatan dari Barang Bekas pertama kali hadir di Kota Bandung. Barang yang dijual di tempat ini adalah pakaian, elektronik, dan peralatan olahraga.

2. Pasar Palasari

Anda sedang mencari buku untuk kuliah atau hanya untuk memenuhi hobi membaca Anda. Sebelum pergi ke toko buku, ada baiknya Anda pergi ke Pasar Palasari. Disini anda bisa menemukan berbagai macam buku, majalah, hingga komik bekas.

Jika Anda ingin membeli buku terbaru yang mungkin belum ada bekasnya, Anda juga bisa mendapatkannya di pasar ini dengan harga yang lebih murah.

3. Kaset Antik

Di toko ini Anda bisa mencari berbagai kaset, compact disk, laser disk, hingga piringan hitam yang unik, antik, dan langka. Toko ini cocok bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan masa lalu. Anda bisa menemukannya di Jalan Cihapit Bandung.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama