Cara Belanja Hemat untuk Anda yang Bergaji 2 Juta

Mengatur pengeluaran belanja menjadi tantangan untuk Anda yang bergaji Rp 2 juta per bulan. Bagaimana caranya agar belanja bisa lebih hemat dan gaji cukup untuk satu bulan?

self employed

Mengatur gaji sering menjadi tantangan bagi kebanyakan orang. Anda harus memutar otak agar penghasilan cukup untuk memenuhi semua keperluan hidup selama satu bulan. Apalagi untuk Anda yang baru terjun kedunia kerja, biasanya pendapatannya tergolong masih kecil yaitu kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Dengan nominal tersebut Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan khususnya aggaran untuk berbelanja. Sering kali gaji yang didapat tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. Tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mensiasati pengeluaran yaitu dengan berbelanja hemat.

Cara ini akan membantu Anda mengurangi pengeluaran tanpa memotong kebutuhan hidup. Berikut cara belanja yang paling cocok diterapkan bagi Anda yang masih bergaji Rp2 juta per bulan.

1. Alokasikan Anggaran Belanja

Alokasikan Anggaran Belanja

Ketika Anda mendapatkan gaji alokasikan sebesar 30% dari penghasilan khusus untuk belanja. penggunaan uang untuk belanja kebutuhan sehari-hari hanya boleh sebesar 30 persen dari gaji. Jadi kalau Anda digaji Rp 2 juta per bulan, maka yang boleh digunakan hanya Rp 600.000 untuk belanja.

Bagilan 30% dana tersebut kedalam dua pos agar Anda tetap tenang dan tidak kehabisan uang ditengah bulan. Bagi menjadi 15% untuk kebutuhan belanja di awal bulan dan 15% lagi untuk di akhir bulan.

2. Siasati Jajan

Jajan ataupun ngemil adalah kebiasaan yang menyenangkan ini pun sering muncul pada kebanyakan orang. Namun uang untuk jajan kecil seperti ini sering kali menjadi penyebab hancurnya keuangan di tengah bulan. Tanpa sadar Anda bisa mengeluarkan ratusan ribu hanya untuk membeli makanan ringan.

Untuk mensiasati hal ini Anda bisa melakukan tip sederhana ini. Selipkan uangan pecahan Rp10 ribu hingga Rp20 ribu di dompet Anda pada awal bulan ataupun setiap Anda ingat. Simpan di dompet dan lupakan, Anda baru boleh jajan setelah menemukan uang ini.

3. Survei Belanja

Survei Belanja

Untuk memaksimalkan anggaran belanja Anda maka lakukanlah survei ke banyak tempat untuk mendapatkan perbandingan harga yang bagus. Anda sadar jika anggaran belanja terbatas, jadi alangkah baiknya untuk tidak mudah tergoda ketika melihat barang bagus.

Anda bisa memanfaatkan perbandingan harga melalui toko-toko online atau informasi harga dari brosur-brosur yang diberikan oleh supermarket. Jika lebih murah belanja di pasar tradisional maka tidak ada salahnya Anda lakukan.

4. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Ini yang membuat banyak orang sulit untuk menghemat, karena keinginannya lebih besar dari kemampuannya. Dengan menyadari jumlah gaji Anda maka kurangilah keinginan Anda, sebisa mungkin diredam. Utamakan kebutuhan yang sudah pasti, sebab keinginan belum tentu menjadi kebutuhan Anda.

5. Irit Makan

Hemat menu makan

Ini merupakan langkah yang cukup sulit ketika makan adalah hal yang menjadi kewajiban manusia. Irit makan bukan berarti mengurangi makanan sehari-hari. Demi penghematan, Anda bisa memasak sendiri dirumah, Satu kali belanja untuk masak bisa untuk dua kali atau tiga kali makan.

Kurangilah kebiasaan makan diluar. Sering makan diluar bisa menyedot uang gaji Anda secara perlahan. Disadari atau tidak, jumlah uang yang habis untuk membeli makan cukup banyak setiap bulannya.

6. Hindari Kredit Barang

Memiliki barang yang diinginkan memang harapan bagi setiap orang. Apalagi saat ini membeli barang dengan fasilitas cicilan menjadi cara alternatif bagi kebanyakan orang. Tetapi bagi Anda pekerja baru hindarilah membeli barang dengan cara mencicil.

Alasannya, cicilan ini memang terlihat kecil, namun memberatkan. Seperti motor baru, telepon pintar hingga alat elektronik baru, lebih baik dihindarkan agar sisa uang atau gaji bisa disimpan.

Ini merupakan cara ampuh agar tidak boros atau tidak kehabisan uang di akhir bulan. Jika memang berniat untuk mencicil, carilah barang yang mendesak dibutuhkan sesuai anggaran dan bunga rendah.

Selama pendapatan Anda belum meningkat Anda bisa melakukan enam tips di atas sehingga keadaan keuangan Anda tetap sehat. Kebutuhan selama satu bulan tetap bisa dipenuhi bahkan jika ada sisanya walaupun tidak besar jumlahnya Anda tetap bisa menabung.

Baca juga: 8 Tips Cerdas Untuk Mengatur Gaji Bulanan Anda

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!