Bulan Ramadhan Saatnya Berhemat ? Nggak Juga Tuh !

Tidak makan dan minum di bulan Ramadhan bisa membuat Anda lebih hemat ? Hmm, tidak juga tuh, justru di saat inilah akan datang berbagai hal yang bisa membuat kantong jebol bila tidak dipersiapkan. Apa saja itu? Ini dia ulasannya.

Bulan Ramadhan telah tiba, bagi umat Islam, ini saatnya memulai momen berpuasa, mengendalikan diri menahan lapar dan haus dari terbit hingga terbenam matahari. Nah, kalau tidak makan serta minum selama itu, berarti pengeluaran bisa lebih hemat dong ? Tidak juga tuh, malah bisa membuat kantong jebol.

Bukan hanya menahan lapar di bulan Ramadhan, tetapi juga mengontrol pengeluaran

Banyak orang yang terjebak dengan anggapan kalau bulan Ramadhan adalah momen untuk berhemat karena diwajibkan tidak makan minum selama berpuasa. Nyatanya, ada banyak faktor yang justru membuat pengeluaran menjadi berkali-kali lipat selama periode tersebut.

Karena itu, Anda harus mencermati apa saja keperluan yang selalu muncul selama bulan Ramadhan agar keuangan tidak jebol. Lalu, apa saja sih kegiatan yang bisa menyebabkan masalah finansial di bulan puasa? Ini dia ulasannya.

Harga Bahan Pokok Akan Melonjak

Ini dia penyebab pertama, di setiap bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok akan selalu melonjak tinggi. Hal ini terjadi karena meningkatnya permintaan barang di periode tersebut. Sebagai contoh, harga daging yang di bulan biasa sekitar Rp 80.000 per kilogram, ketika memasuki bulan puasa bisa dibanderol sampai Rp 100.000! Itu baru satu bahan pokok, belum termasuk produk lainnya.

Menu Makanan Lebih Heboh

Pernahkan Anda minum sop buah, es blewah, atau menuman khas bulan Ramadhan lain di hari-hari biasa ? Jarang sekali kan. Ini adalah salah satu contoh mengapa pengeluaran untuk makan di bulan suci justru menjadi lebih tinggi. Karena menu yang biasa dilahap, terutama untuk berbuka lebih heboh dari biasanya.

Bila di hari biasa Anda mungkin cukup minum air putih setelah makan, ketika sudah masuk di periode puasa, hal itu sudah tidak berlaku. Karena lidah sering mendorong kita untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak. Karena itu, berbukalah secara cukup, agar tidak mubazir ya.

Menu berbuka puasa yang sangat banyak

Buka Puasa Bersama

Ini dia salah satu pelaku utama mengapa Anda bisa begitu boros di bulan Ramadhan. Sebab di saat inilah undangan pertemuan berbalut buka puasa bersama teman sekolah, kuliah, kerja, komunitas, keluarga, dan lainnya berdatangan. Rasanya tidak etis kan kalau Anda tidak hadir atau tidak berkontribusi membayar makanan yang dipesan, kecuali ada yang mentraktir.

Sedekah dan Zakat

Di dalam agama Islam, bulan Ramadhan adalah penuh berkah karena Allah akan melipatgandakan pahala untuk umatnya. Salah satu yang sering dilakukan untuk mendapat hal tersebut adalah dengan cara bersedekah. Bahkan banyak orang melipatgandakan sedekahnya demi pahala berlipat. Sebagai contoh, bila biasanya hanya menyumbang Rp 1.000 kepada fakir miskin, di saat puasa bisa mencapai Rp 5.000.

Selain itu, patut dipikirkan pula masalah zakat, sebab selain hukumnya yang wajib. Nilainya pun juga ada ketentuannya loh. Karena itu, jangan lupa dimasukkan dalam anggaran pengeluaran di bulan suci ya!

Persiapan Lebaran

Lebaran memang belum tiba dalam waktu dekat, namun kalau tidak dipersiapkan dengan baik bisa menyulitkan keuangan Anda loh. Ingat, Idul Fitri identik dengan yang namanya baju baru, makanan yang berlimpah, bagi-bagi Angpau, hingga mudik ke kampung halaman. Meski mendapat Tunjangan Hari raya (THR) dari kantor, tapi itu bukan jaminan pengeluaran akan cukup.

Kalau membaca ulasan di atas, apa bulan Ramadhan adalah masa pemborosan ? Tidak juga, kalau semuanya dipersiapkan dengan baik, maka pengeluaran juga bisa terjaga. Karena itu, anggarkan sejak awal, ketahui seberapa besar rencana pengeluaran di periode tersebut dan apa saja kegiatan yang akan dilakukan selama bulan puasa.

Karena itu, wajib hukumnya untuk melakukan persiapan matang baik secara fisik dan finansial di bulan Ramadhan agar ibadah juga ikut lancar. Selamat berpuasa ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Tipssehatmu.com

    Tapi, sekarang ini di bulan ramadhan malah pengeluaran banyak.. Karena meski hanya 2 kali makan, tapi makannya banyak hehe..

    Tipssehatmu.com

    Reply