Buku Sebagai Referensi Tepat dalam Mengelola Keuangan

Buku sering disebut sebagai jendela dunia. Ungkapan itu memang benar adanya, karena dengan membaca buku wawasan kita menjadi luas, bahkan kita bisa mengenal dunia. Lalu, bagaimana dengan buku tentang keuangan?

Cara mengelola keuangan

Untuk bisa mengerti tentang keuangan kita diharuskan memperbanyak referensi. Entah itu dari sekolah, seminar, tontonan televisi, internet, obrolan teman kantor, keluarga, buku ataupun pekerja profesional seperti financial planner. Buku tentang finance memang salah satu referensi yang cukup efektif, selain berkualitas, buku dinilai sebagai referensi yang mudah dicerna.

Kurang Informasi dan Inisiatif Jadi Faktor Utama

Buku sumber pengetahuan

Membahas keuangan seakan tidak akan pernah ada habisnya, karena selalu saja ada permasalahannya. Selalu menarik untuk di bicarakan, namun sering kali kita mengalami kebuntuan. Mungkin Anda sering mendengar buku “Finance for Dummies,” "International Finance Business" “panduan menjadi seorang bijak keuangan,” bla, bla, bla...Tak ketinggalan Jeff Rose, seorang financial planner profesional acapkali membuat buku tentang keuangan. Dia menulis buku tentang “Soldier of Finance.”

Rose percaya bahwa sebagian besar kesulitan keuangan dapat dikaitkan dengan dua penyebab utama: Yang pertama adalah kurangnya informasi, dan yang kedua adalah kurangnya inisiatif. Kabar baiknya adalah bahwa jika Anda membaca buku ini, Anda berusaha untuk berinisiatif, dan buku ini bersi informasi yang Anda butuhkan untuk menghasilkan perubahan positif dalam kehidupan keuangan Anda.

Mungkin karena pengaruh mantan tentara AS yang pernah bertugas di Irak, Rose menyiratkan buku ini disusun ala militer; tegas dan membangun mental. Mentalitas Anda akan dipandu menuju arah mengatasi tekanan utang Anda dan mendapatkan keuangan Anda di bawah kontrol.

Fakta-fakta dari keuangan pribadi tetap kurang lebih sama. Menghabiskan kurang daripada yang Anda dapatkan, melunasi utang, menabung, dan berinvestasi. Saya pikir bisa menjelaskan hal-hal lama yang sama dalam cara baru dan menarik adalah tentang yang terbaik yang dapat Anda harapkan ketika membaca karya literatur tentang keuangan pribadi.

Yang bisa Anda dapatkan dari buku finance itu adalah mengurusi keuangan itu sama saja dengan kerja keras, atau tidak hampir mirip dengan membesarkan seorang anak. Anda akan dihadapkan dengan berbagai tantangan yang tidak akan ada habisnya. Itu akan memerlukan latihan yang konsisten, tidak ada jalan pintas. Dan mengurusi keuangan selalu tidak menyenangkan, akan ada waktunya dimana Anda merasa tidak menemukan solusi yang tepat.

Pada intinya buku-buku keuangan yang beredar, tak ubah hanya memberikan nasihat, petunjuk, dan berbagi pengalaman tentang bagaimana merencanakan, mengelola keuangan. Anda dituntut untuk pintar dalam menghadapinya, salah satu caranya ya dengan membaca.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama