Berbelanja Bijak, Agar Kondisi Keuangan Sehat

Agar kondisi keuangan sehat Anda cukup menerapkan prinsip belanja bijak. Belanja bijak sangatlah mudah, yang sulit adalah menerapkannya. Lalu, bagaimanakah kiatnya?

Belanja bulanan hemat

Belanja memang sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan untuk beberapa orang sudah menjadi kegiatan rutin. Belum lagi jika ada selebaran iklan ‘great sale’ sudah pasti orang yang gila belanja langsung menyerbu tempat tersebut. 

Hobi belanja sering kali membuat orang menerapkan pola hidup konsumtif yang jika berlebihan akan merugikan bagi kondisi keuangan. Nah, jika begitu memegang prinsip smart shopping alias belanja bijak sangatlah penting diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sederhananya prinsip belanja bijak itu adalah membeli sesuatu yang memang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Jika Anda menerapkan ini setiap kali berbelanja tentunya sifat konsumtif dan implusif tidak akan terjadi.

Untuk itu jangan sampai Anda terjebak di dalam pola belanja yang salah. Mungkin beberapa kiat berikut ini dapat membantu Anda agar tidak terjebak dan keadaan keuangan tetap aman setiap bulannya.

1. Membuat Catatan Belanja

 Membuat Catatan Belanja

Kebanyakan orang pergi ke pusat perbelanjaan dengan pikiran “lihat saja nanti” apa yang dilihat nanti dibeli. Jadinya ketika sampai di rumah Anda baru merasa menyesal karena membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Maka dari itu membuat catatan belanja sangat penting. Ini adalah kiat pertama yang harus Anda lakukan diawal sebelum pergi belanja. Catatan belanja akan membuat Anda lebih fokus, berbelanja berdasarkan barang-barang yang sudah ada di dalam daftar.

Tentukan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan bukan yang diinginkan. Samakan dengan anggaran yang tersedia, Anda bisa menentukan skala prioritas. Memilih barang yang akan dibeli dan masukan ke dalam daftar belanjaan berdasarkan prioritas tersebut, pastikan Anda mendahulukan hal-hal yang penting dan mendesak

2. Hindari Jebakan Merek

Banyak produk-produk bukan merek terkenal tetapi memiliki kualitas yang sama dengan produk bermerek. Jadi fokuslah pada kegunaan sebuah barang jangan pada merek yang tertera.

Jika ada barang yang lebih murah tetapi memiliki kualitas yang sama dengan barang bermerek kenapa tidak membelinya? Dengan begitu Anda bisa menyimpan kelebihan uang tersebut untuk kebutuhan lainnya

3. Bawalah Uang Tunai

Uang Tunai

Bawalah uang tunai secukupnya sesuai dengan daftar belanja yang sudah dibuat. Untuk berjaga-jaga jika ada kekurangan lebihkan sedikit agar Anda tidak harus mengambil uang kembali di ATM. 

Jika membawa uang tunai dengan sendirinya Anda hanya akan berbelanja sesuai dengan jumlah uang yang dibawa. Minimalkan penggunaan kartu kredit, kartu debit dan kartu ATM.

4. Miliki Produk Knowledge

Mengenal keunggulan dan kelemahan dari barang yang akan dibeli tentunya lebih baik karena Anda bisa memilih produk yang tepat. Jadi tidak ada salahnya untuk mengumpulkan informasi mengenai sebuah produk yang akan dibeli, dengan begitu barang yang kita beli benar-benar digunakan secara optimal.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Promo dan Diskon Kartu Kredit

Asal Anda tidak terjebak diskon sehingga membuat belanja tidak terkendali sah-sah saja jika memanfaatkan promo dan diskon yang diberikan pusat perbelanjaan. Yang Anda perlukan hanyalah mengontrol diri agar tidak tergiur dengan promo yang diberikan,

Anda dapat menemukan banyak sekali penawaran menarik, baik yang diinformasikan di media massa atau melalui selebaran di pintu-pintu masuk pusat perbelanjaan. Jika Anda cerdik, Anda dapat menghemat atau memperoleh hasil maksimal dengan dana yang Anda miliki.

6. Gunakan Kartu Kredit Seoptimal Mungkin

Jika Anda memang menggunakan kartu kredit tidak ada salahnya dipakai untuk belanja. Jika pintar memanfaatkannya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Menggunakan kartu kredit dibolehkan jika Anda benar-benar orang yang disiplin, tahu perhitungan, dan mampu menahan diri.

Jadi sebelum Anda pergi belanja terapkanlah kiat-kiat diatas agar Anda terhindar dari prilaku boros yang akan merugikan keuangan Anda.

Baca juga: 5 Kartu Member yang Memberikan Kemudahan Belanja

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama