Berapa Zakat yang Harus Saya Keluarkan ? Ini Penjelasannya

Membayar zakat merupakan salah satu rukun Islam yang harus dipenuhi. Namun, kegiatan itu ternyata memiliki beberapa jenis berdasarkan perhitungannya loh. Mau tau seperti apa ? Ini dia pembahasannya

  1. zakat fitrah
  2. zakat maal
  3. zakat profesi

Bulan Ramadhan telah datang, di samping waktunya menahan lapar dan haus, pada saat ini pula Anda akan banyak mengisinya dengan bersedekah seperti lewat zakat. Ya, seorang beragama muslim yang memiliki kemampuan berekonomi, memang wajib menyisihkan sebagian hartanya kepada orang-orang yang berhak menerima.

Zakat merupakan rukun Islam ketiga dan menjadi salah satu unsur pokok tegaknya syariat. Karena itu ia memiliki hukum wajib bagi yang sudah memenuhi persyaratan, yaitu mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal atau nisab. Selain itu, kegiatan ini diyakini bisa menjadi sarana penghapus dosa. Karena itu, banyak umat muslim yang berlomba-lomba memberikan sebagian harta dalam jumlah sebanyak-banyaknya.

Membayar zakat merupakan salah satu rukun Islam

Rukun Islam ketiga sendiri terdiri dari beberapa jenis, di antaranya fitrah, pekerjaan, dan harta. Perbedaan ketiganya terletak dari perhitungannya. Bagi Anda yang belum mengetahui jumlah kekayaan yang harus disisihkan, ini dia ulasannya.

Zakat Fitrah

Zakat ini wajib dikeluarkan pemeluk agama Islam pada bulan Ramadhan. Besarnya setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok di daerah orang yang bersangkutan.

Bila belum mengerti, rumusnya adalah 3,5 x harga beras per liter di pasaran. Sebagai contoh, beras di daerah Anda (biasa dimakan dan layak konsumsi) dibanderol seharga Rp 10.000 tiap liter. Maka zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp 35.000 untuk setiap orang.

Kalau ingin melakukan perhitungan berdasarkan berat pengalinya. Maka rumus yang bisa digunakan adalah 2,5 x harga beras per liter atau bahan makanan pokok per kilogram.

Zakat Maal

Zakat jenis ini dikenakan pada harta milik setiap individu muslim dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Rumus untuk menghitung besarnya pemberian yang harus dikeluarkan yaitu 2,5 x jumlah harta yang disimpan selama setahun penuh, bisa berupa tabungan dan investasi (emas, ternak, pertanian, dan lainnya).

Zakat maal wajib dibayar bagi yang sudah melewati batas nisab

Sementara nisab yang diberlakukan perhitungannya adalah 85 x harga emas per gram di pasaran. Bila bingung, contohnya adalah sebagai berikut.

Bapak Joko memiliki tabungan di bank senilai Rp 500 juta, deposito senilai RP 1 miliar, rumah senilai Rp 1 miliar, serta perhiasan emas perak senilai Rp 500 juta. Maka total kekayaan yang dipunyainya mencapai Rp 3 miliar (terhitung sudah ada sejak satu tahun lalu).

Perhitungannya kita mulai dari berapa besar nilai nisab. Bila harga emas tiap satu gram sebilai Rp 500 ribu. Maka sesuai rumus di atas, bila dikalikan dengan 85, maka batas minimalnya adalah Rp 42,5 juta.

Karena jumlah harta Pak Joko jauh melebihi nisab, maka jumlah zakat maal yang harus dikeluarkan adalah Rp 3 miliar x 2,5%, hasilnya adalah 75 juta.

Untuk informasi, jenis harta yang diwajibkan untuk dibayarkan adalah emas, perak, uang tabungan, hasil pertanian, hewan ternak, aset usaha (uang, barang dagangan, alat lain yang menghasilkan), serta benda temuan.

Zakat Penghasilan

Nah, ini dia zakat yang banyak dikatakan masih menjadi perdebatan hingga sekarang, karena dianggap tidak memiliki dasar (dalil) kuat atau bid’ah. Namun, berhubung tidak ada institusi resmi atau ulama agama Islam yang menganggap seperti itu, berarti Anda sah-sah saja melakukannya.

Zakat profesi yang masih diperdebatkan hingga sekarang

Namun, menurut Republika.com, pada zakat penghasilan, berdasarkan pendapat para ahli, ada tiga metode analogi yang bisa dilakukan. Pertama, dikaitkan dengan zakat perdagangan yang masa pengeluarannya setahun sekali dengan nishab emas 85 gram dan kadarnya 2,5 persen. 

Kedua, dihubungkan dengan zakat pertanian yang memiliki batas bawah harga 635 kg gabah atau 524 kg beras dengan kadar 5 persen serta tanpa masa pengeluaran.

Terakhir dianalogikan dengan dua hal sekaligus, di mana nisab dihubungkan dengan zakat pertanian senilai 524 kg beras tanpa masa pengeluaran. Sementara kadarnya dikaitkan dengan zakat perdagangan yaitu 2,5 persen.

Dengan begitu, maka rumus perhitungan zakat penghasilan adalah (jumlah penghasilan total – hutang/cicilan) x 2,5%. Sedangkan untuk nisabnya adalah 524 x harga beras per kilogram.

Sebagai contoh, Pak Joko memiliki penghasilan sebanyak Rp 12 juta per bulan. Setiap periode gajian, ia harus mengeluarkan uang sebanyak Rp 6 juta untuk hidup sehari-hari hingga membayar cicilan rumah.

Sementara harga beras yang biasa dia konsumsi biasanya dibanderol sekitar Rp 10.000. Bila dikalikan 524 sesuai rumus di atas, maka nisab yang berlaku adalah Rp 5,24 juta. Nah, karena Pak joko memiliki pendapatan bersih senilai Rp Rp 6 juta atau di atas batas bawah. Maka zakat penghasilan yang dikeluarkan adalah Rp 6 juta x 2,5% = Rp 150.000.

Nah, bagi umat muslim, berhubung saat ini sedang bulan Ramadhan dan belum semua orang mampu membayar zakat maal dan penghasilan. Sebaiknya Anda wajib menyiapkan dana untuk membayar yang fitrah saja dulu.

Selain diyakini bisa menjadi mendekatkan diri dengan Tuhan, zakat yang Anda keluarkan akan disalurkan kepada mereka yang berhak menerima yaitu fakir miskin.

Baca juga: Sucikan Hati, Mari Berzakat!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Afni sari ritonga

    Assalamualaikum...
    ustadz saya mau bertanya, gaji saya 1 juta 2 ratus ribu rupiah per bulan, jadi brapa yg harus saya kluarkan untuk fakir miskin,,,

    Reply
    • Riani

      Waalaikumsalam. Saya bantu jawab pada komentar di bawah ya pak..

      Reply
    • Riani

      Bantu jawab. Karena zakat penghasilan 2,5%, berarti tinggal dimasukkan ke perhitungan kan ya, (2,5/100) x 1.200.000 = 30.000

      Reply
      • Aldo elrianto

        Kalau 500.000.000 jt yg harus dikeluarkan untuk zakat berapa

        Reply
        • Arya

          500.000.000×2,5% : RP.12.500.000

          Reply
      • khairani

        bagaimana kalau pendapatan bersih ada di bawah nisab?

        Reply
        • Andriati Taatiyah

          Apakah zakat mal dikeluarkan tiap th,atau hanya 1x,seandainya nlai harta nya tetap.

          Reply
        • seftia serami

          Begini pak sy ingin bertanya... jika emas istri sy sebanyak 40 gram dan uang di tabungan sy sekitar 50juta dan sy punya rumah yg msh kpr seharga 520juta juga mobil yg masih credit seharga 155juta berapa yg harus sy bayarkan tolong di jelaskan jg masalah barang yg msh berbentuk hutang

          Reply
        • yulhendri

          Pak uztad, saya mau tanya. Saya terima uang ganti rugi tanah sebanyak Rp 8500000. Perapa harus saya keluarkan zakatnya

          Reply
          • Sri

            bagaimana cara menghitung zakat jika penghasilannya itu per hari, di hitung sama dengan yang penghasilan perbulan atau bagaimana?

            Reply
            • black man

              Assalamualaikum, mau nanya kpd soDa ra
              seiman . Apa zakat maal yang harus d keluar kan itu dr total penghasilan atau hanya penghasilan bersih yang harus d zakati?
              Terimakasih

              Reply
              • bayu

                Assalamualaikum...
                Saya mau nanya... semisal gajih saya 4jt, 1 bulan pengeluaran 2jt. Untuk cara hitungnya gmn? 4jtx2.5% pa sisa pengeluaran 2jtx2.5%

                Reply
                • Udin

                  Sy mau tanya simpan saya 50 juta berapa jumlah zakat yg saya keluarkan

                  Reply
                  • Amel

                    Sy mau tnya 50 jta berapa yg hrus sy keluarkan

                    Reply
                    • Runsa

                      assalamualaikim...
                      mau tanya, jumlah uang zakat mal yg dikeluarkan bagi yg belum berpenghasilan dan masih pelajar itu berapa??
                      wassalamualaikum...

                      Reply
                      • Cian luca

                        Penghasila saya 5jt peebulan.cicilan sama keperluan saya 3jt perbulan..apakah saya sudah wajib bayar zakat

                        Reply
                        • syehab

                          Pak ustad sya mau nanya gaji saya 6.160.000 /Bulan berapakah jakat ya Harus saya keluarkan

                          Reply
                          • Yanti

                            mau tanya klo emas 380 gram berapa yang harus d keluarkan,apakah menurut harga yang sekarang,atau bisakah di bayar dgn mas nya

                            Reply
                            • bunda aruel

                              Aslkm. Maaf saya minta masukan nya. Apabila penghasilan dari hasil usaha kredit saya 30 jt per tahun, apakah saya harus bayar zakat per bulan apa per tahun? Berapa nominal nya? Terima Kasih.

                              Reply
                              • KreditGoGo

                                Halo, pembayaran zakat penghasilan bagi yang mampu dihimbau untuk dilakukan setiap bulan. Bapak dapat membagi lebih dulu nilai penghasilan selama per tahun menjadi 12 bulan, baru setelahnya dihitung persentase zakat yang akan dikeluarkan. Untuk menghitung besaran zakat bisa dilihat melalui link berikut ini https://kreditgogo.com/artikel/Keuangan-dan-Anda/Sucikan-Harta-Mari-Berzakat.html. Semoga bermanfaat.

                                Reply
                              • puji lestari

                                zakat adalah sebagian harta yang wajib dikeluarkan

                                Reply