Begitu Banyak Promo Kartu Kredit, Begini Cara Memanfaatkannya!

Sebagian orang memiliki beberapa kartu kredit demi memanfaatkan promo dan keunggulan yang ditawarkan. Agar penggunaan kartu kredit lebih maksimal, yuk intip tips berikut!

Benda kecil yang terbuat dari plastik ini sangat hebat. Jika digunakan dengan bijaksana, setiap gesekan dapat memudahkan hidup. Sebaliknya, jika tidak hati-hati maka seseorang dapat terbelit utang. Kalau dulu orang mengajukan kartu kredit untuk mengangsur barang, sekarang banyak orang mengajukan kartu kredit karena berbagai promo menarik!

Bukan hanya satu atau dua, ada orang yang punya lebih dari lima kartu kredit karena masing-masing menawarkan promo yang berbeda. Asalkan Anda mampu membayar utang tepat waktu dan menggunakannya dengan bijaksana, punya kartu kredit justru membuat Anda lebih hemat. Kartu kredit juga bisa Anda manfaatkan untuk menggapai impian dan menikmati hal-hal yang tidak biasanya Anda alami, misalnya menginap di hotel bintang lima dan terbang ke Eropa secara gratis.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk memanfaatkan promo kartu kredit secara maksimal:

Pilih Kartu Kredit Sesuai Gaya Hidup

Ketahui dulu tujuan Anda mengajukan kartu kredit, lalu padankan dengan gaya hidup. Jika Anda adalah orang yang hobi traveling, pilihlah kartu kredit yang menawarkan berbagai fasilitas dan promo yang terkait seperti akses gratis ke airport lounge, air miles dan diskon menginap di hotel atau pembelian tiket pesawat. Ada juga kartu kredit yang memberikan asuransi perjalanan, lho! Beberapa pilihan kartu kredit yang cocok untuk Anda adalah HSBC Visa SignatureCitibank Premier Miles Visa SignatureCIMB Niaga Air Asia Visa Platinum dan BCA Visa Platinum.

Sementara itu, jika Anda ingin hemat saat shopping bulanan, bisa memilih Mandiri Hypermart Visa Gold atau Carrefour Mega Card untuk menikmati diskon spesial dan cashback. Untuk kebutuhan sehari-hari seperti isi bensin, makan dan shopping, Anda bisa memilih Danamon Mastercard GoldBukopin Visa Gold atau Citibank Cash Back Visa Platinum.

Beda kartu kredit, beda fasilitas dan promo yang ditawarkan. Di KreditGoGo, Anda bisa menemukan dan membandingkan kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup secara mudah. Jangan ragu mengajukan lebih dari satu kartu kredit jika promosi yang ditawarkan memang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Klik untuk melihat semua pilihan kartu kredit berdasarkan gaya hidup

Manfaatkan Kartu Kredit dengan Promo Terbaik

Melanjutkan poin pertama, bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kartu kredit sebaiknya mengenal baik-baik fasilitas dan promo yang ditawarkan setiap kartu kredit. Sebelum melakukan pembayaran, pikirkan dulu kartu kredit mana yang memberikan keuntungan lebih besar. Misalnya, Anda memiliki tiga buah kartu kredit yang menawarkan cashback, bayarlah dengan kartu kredit yang memberikan cashback tertinggi.

Selain itu, Anda harus rajin mengecek berita terbaru mengenai kelebihan kartu kredit yang Anda miliki karena penawaran dan promo bisa berubah sewaktu-waktu. Kartu kredit yang selalu Anda pakai untuk traveling bisa saja sedang bekerja sama dengan berbagai toko online di Indonesia. Nah, kartu kredit tersebut juga bisa Anda manfaatkan saat belanja online!

Hindari Bunga dengan Kartu Kredit Cicilan 0%

Sumber foto: RajaSales.com

Ternyata, tidak semua kartu kredit mengenakan bunga kepada pengguna, lho! Ada juga kartu kredit yang memberikan cicilan 0% seperti BNI Bank BJB Visa Gold dan Maybank White Mastercard Platinum. Biasanya, cicilan 0% ini hanya berlaku jika Anda melunasi utang dalam masa tiga atau enam bulan. Manfaatkan keunggulan ini untuk membayar sesuatu yang mahal seperti laptop, furnitur atau barang elektronik. Takut terbelit utang karena tidak mampu bayar cicilan? Pertimbangkan berapa lama Anda bisa melunasi utang tersebut agar bunganya tidak membengkak.

Baca juga: Panduan Terlengkap untuk Mengajukan Pinjaman

Menabung Dulu Agar Tidak Berat Bayar Cicilan

Sumber foto: Plukme!

Selain memilih kartu kredit dengan cicilan 0%, Anda juga bisa memanfaatkan promo yang ditawarkan sebaik-baiknya jika sudah memiliki uang tunai. Dengan begini, Anda tidak akan merasa berat saat membayar utang. Misalnya, Anda ingin beli HP baru dengan kartu kredit agar bisa mendapat diskon. Kumpulkan dulu uang hingga mencapai 30-50% dari harga HP tersebut, baru gunakan kartu kredit Anda. Bersabarlah dan jangan terbawa nafsu saat shopping dengan kartu kredit.

Kumpulkan Cashback, Poin Reward dan Air Miles

Setiap kali Anda memakai kartu kredit, poin reward akan bertambah. Dari sekian banyak kartu kredit yang Anda miliki, biasakan untuk memakai beberapa kartu kredit sesering mungkin demi mengumpulkan poin reward dan menukarnya dengan barang, air miles atau promo menarik lainnya. Misalnya, Anda memiliki lima buah kartu kredit. Pakailah 1 atau 2 kartu kredit lebih sering agar poin reward dalam kartu kredit tersebut banyak.

Baca juga: Kenali Manfaat Perlindungan Asuransi Kartu Kredit

Perhatikan Biaya Tahunan Kartu Kredit

Punya banyak kartu kredit demi menikmati promo boleh-boleh saja, tapi hati-hati dengan biaya tahunannya! Seberapa sering Anda memakai kartu kredit? Jika biaya tahunan yang harus Anda bayar tidak sebanding dengan diskon, cashback, poin reward atau air miles yang Anda dapatkan, punya sedikit kartu kredit tentu lebih menguntungkan.

Bagi Anda yang ingin mengajukan kartu kredit untuk keadaan darurat, kartu kredit yang tidak mengenakan biaya tahunan sangat cocok untuk Anda. Beberapa contohnya adalah Mandiri Everyday MasterCard ClassicSinarmas Cashback Visa Platinum dan CIMB Niaga Syariah MasterCard Gold.

Di zaman yang serba online seperti sekarang, melihat berita terbaru mengenai promo dan fasilitas kartu kredit jadi lebih mudah. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan kartu kredit idaman Anda dan raihlah keuntungan sebesar-besarnya!

(Sumber: kompas.comliputan6.comkiplinger.comforbes.com)

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama