Barang-Barang yang Tidak Wajib Dibeli Di Hypermarket

Setiap bulan pastinya Anda sering berbelanja ke hypermarket. Tapi tahukah Anda ada barang-barang yang tidak wajib dibeli di supermarket?

hypermarket

Pertumbuhan pasar swalayan di Indonesia merubah gaya hidup dan pola belanja masyarakat. Kegiatan belanja yang dahulunya mengunjungi pasar kini beralih dengan berbelanja di hypermarket. Produk yang bervasiasi dan kenyamanan berbelanja menjadi nilai lebih dimata konsumen.

Jika Anda pergi ke hypermarket semua jenis barang banyak dijual disana mulai dari kebutuhan sehari-hari, pakaian, gadget, barang elektronik dan masih banyak lagi.

Memang salah satu tujuan berbelanja di hypermarket adalah membeli semua kebutuhan rumah tangga di satu tempat saja. Tetapi ketahuilah, ketika membeli beberapa barang tertentu, kita justru mengeluarkan uang lebih banyak. Barang-barang apakah itu?

Barang-Barang yang Tidak Wajib Dibeli

Berikut ini adalah beberapa jenis barang yang sebaiknya tidak Anda beli di hypermarket:

1. Peralatan Memasak dan Perkakas Dapur

Peralatan Memasak dan Perkakas Dapur

Penawaran harga peralatan memasak dan perkakas dapur di hypermarket memang masih bersaing harganya. Tetapi akan lebih hemat jika Anda membeli langsung di toko yang khusus menjual alat masak dan perkakas dapur. 

Contoh tempat berbelanja peralatan rumah tangga, Anda bisa mengunjungi sentra perkakas rumah tangga yang terletak di Jembatan Lima, Jakarta Barat.

2. Obat-Obatan

 Obat-Obatan

Memang seharusnya tempat yang tepat untuk membeli obat adalah di apotek, tetapi sering terjadi ketika Anda berbelanja bulanan adalah tidak ingin membuang waktu lagi untuk pergi ke apotek untuk menyetok kebutuhan obat dirumah. 

Jika Anda membeli obat-obatan di hypermarket selisih harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan di apotek.

3. Barang-Barang Elektronik

Barang-Barang Elektronik

Jika Anda ingin harga yang jauh lebih murah, sebaiknya beli barang-barang elektronik di toko elektronik dan jangan di hypermarket. Anda bisa terbelalak dengan selisih harganya. 

Salah satu tempat yang menyediakan semua jenis barang elektronik di Jakarta adalah Harco Glodok yang berlokasi di Jakarta Utara. Selain lengkap Harco Glodok juga menawarkan harga jauh lebih murah.

4. Perlengkapan Pesta

 Perlengkapan Pesta

Membeli kebutuhan pesta seperti balon, lilin, topi-topi lucu, hiasan tart ulang tahun dan segala perniknya, sebaiknya juga jangan di hypermarket. Selain koleksinya tidak terlalu banyak, harga yang ditawarkan juga jauh lebih tinggi. 

Cobalah mampir dulu ke toko khusus pesta anak untuk membandingkan harganya sebelum memutuskan membeli barang-barang itu di hypermarket. Salah satu tempat yang bisa Anda datangi adalah pasar Asemka di Jakarta Kota.

5. Baterei, Bola Lampu dan Kabel

Baterei, Bola Lampu dan Kabel

Jika ingin membeli baterai, bola lampu dan kabel sebaiknya jangan di hypermarket. Anda lebih baik mengunjungi toko khusus yang menjual peralatan listrik. Harga di sana jauh lebih murah, Anda bisa mencoba datang ke Plaza Kenari Mas, disini merupakan pusat grosir alat-alat teknik dan elektrikal terbesar di Ibu Kota.

Tips Bebelanja Hemat di Hypermarket

Selain memperhatikan jenis barang yang dibeli di hypermarket Anda juga bisa melakukan tips berikut untuk berbelanja hemat di hypermarket.

1. Bandingkan Harga dengan Kuantitas

Sebelum membeli sebaiknya periksa harga barang-barang secara teliti dan lakukan perhitungan sederhana. Jika membeli bahan makanan segar akan lebih murah jika Anda membeli per kilogram daripada dalam beberapa produk yang sudah dikemas sekaligus.

2. Jangan Beli Eceran

 Jangan Beli Eceran

Barang-barang eceran di supermarket biasanya mempunyai harga yang lebih mahal daripada barang-barang grosir. Seperti mie instan, air minum dan lain sebagainya. Membeli barang secara grosir membuat Anda lebih fokus karena menghindari barang-barang eceran yang bayak jenisnya.

3. Manfaatkan Promosi Kartu Kredit

Promosi Kartu Kredit

Terdapat beberapa kartu kredit yang memang khusus diperuntukan untuk Anda yang suka berbelanja di hypermarket. Kartu kredit seperti BNI LOTTEMart MasterCard Platinum menawarkan kemudahan ketika pergi berbelanja di hypermarket. Selain mendapatkan diskon sebesar 5% untuk private brand, Anda juga akan mendapatkan cashback hingga 3%.

Permata Shopping Platinum, dengan kartu kredit ini Anda bisa berbelanja sekaligus menabung. Setiap transaksi sebanyak Rp 2.000 dan kelipatannya, Anda akan mendapatkan 1 Poin Reward yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah, travel, potongan tagihan, bahkan untuk charity.

Satu lagi adalah kartu kredit Carrefour Mega Visa Silver, menawarkan berbagai keuntungan, seperti cashback, diskon untuk private label dan penawaran khusus di setiap minggu yang dapat dinikmati oleh pemegang kartu saat bertransaksi di seluruh cabang Carrefour dan  merchant-merchant pilihan yang sudah bekerjasama dengan Bank Mega.

4. Beli Barang Promo

Dibeberapa waktu banyak hypermarket yang secara rutin menawarkan promosi produk dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga regulernya. Anda bisa membeli barang-barang yang sedang promo untuk mendapatkan harga yang jauh lebih ekonomis.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk belanja lebih cermat dan hemat jadi tidak melebihi batas target belanja bulanan. Kalau bisa berhemat kenapa mesti boros?

Baca juga: Perbedaan Harga Antara Pasar Tradisional dengan Pasar Modern

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama