Bagaimanakah Cara yang Tepat dalam Memecahkan Permasalahan Keuangan?

Bingung nih, mana sih yang harus diutamakan, investasi atau keluarga. Setelah mengklarifikasi prioritas keuangan Anda, apa langkah selanjutnya?

Setiap kali Anda menghabiskan lebih dari uang yang ada di saku Anda pada pembelian yang tidak membantu Anda mencapai salah satu tujuan paling utama. Sekarang tanyakan pada diri sendiri apakah pengeluaran tersebut memang yang benar-benar diperlukan?

Bebas utang, bisa tidak sih?

Sebagai contoh, katakanlah prioritas utama Anda adalah mencapai kebebasan finansial. Terbebas dari hutang, memiliki aliran kas yang lancar, dan hidup berkecukupan. Di sisi lain Anda telah menyimpan Rp 40 juta untuk dana liburan bersama keluarga ke Singapura. Jika Anda memutuskan untuk pergi maka, Anda akan membutuhkan dana tambahan untuk biaya akomodasi. 

Tentu saja, jika keluarga Anda telah mengharapkan perjalanan ke Negeri tetangga tersebut selama berbulan-bulan yang lalu. Rasanya akan menjadi tidak adil untuk memberitahu mereka bahwa rencana itu tidak dapat terealisasi. Sebaliknya, dari awal Anda harus mengalokasikan uang tunai ini untuk sebuah investasi yang telah Anda rencanakan. Namun, semuanya sirna, taktala Anda tiba-tiba ingat akan rencana liburan bersama keluarga. Bisa saja sih Anda melakukan dua hal ini sekaligus, namun apa yang terjadi, Anda akan berhutang agar dapat melakukannya.

Dahulukan investasi

Saya yakin bahwa itu akan menjadi keputusan yang tidak sulit. Sudah tentu Anda akan mendahulukan kebutuhan akan investasi. Karena bagaimana pun juga Anda juga lebih peduli tentang keputusan yang lebih membutuhkan pemikiran keras, misalnya, di antara prioritas seperti perawatan kesehatan, pendidikan dan tabungan.

Semuanya penting. Nah, sekarang pertanyaanya, bagaimana Anda menyelesaikan konflik di antara beberapa kepentingan tersebut? Tidak ada pendekatan tunggal akan bekerja untuk semua orang, tapi di sini ada beberapa panduan yang membantu.

Ditambah Anda dapat mengajukan pinjaman pribadi kepada bank dengan produk KTA. Ya, kredit tanpa agunan memang menjadi “pilihan sakti” dalam memecahkan permasalah keuangan Anda. Lihat saja ANZ MoneyLine yang dapat memberikan Anda uang pinjaman sampai dengan Rp 200 juta. Tidak hanya itu, ANZ memberikan pinjaman melalui mesin ATM tanpa biaya cicilan.

Biasakan menabung demi kesehatan

Apakah kesehatan seseorang terlibat dalam mencapai keuangan yang sehat? Jika Anda yakin bahwa tujuan akhir dari uang adalah untuk membuat hidup lebih baik, maka Anda mungkin memutuskan untuk menyimpan uang tunai untuk keperluan biaya kesejahteraan Anda. Bagi kebanyakan orang, datangnya penyakit atau ketika jatuh sakit adalah hari hujan bagi mereka yang sudah menabung. Lho, kok menabung? Ya, tentu contoh yang paling dekat adalah fasilitas asuransi. Bahkan sebagian besar akan setuju tidak ada tujuan keuangan tunggal lebih penting daripada berurusan dengan penyakit dan membayar untuk kesembuhan penyakit Anda.

Ini tidak perlu terjadi apabila Anda sudah mempersiapkannya dari sejak dini. Jika sedang mencari unit proteksi yang senantiasa dapat melindungi, Anda dapat melihat produk dari Panfic Insurance. Melindungi dari umur 1 sampai dengan 65 tahun. Sedangkan fasilitas yang diberikan adalah rawat inap, yang terdiri dari biaya kamar, santunan kematian, hingga biaya santunan pengobatan kanker. Untuk benefit tambahan, peserta juga bisa menikmati benefit seperti; rawat jalan, rawat gigi, rawat bersalin, dan kacamata.

Berapa banyak orang yang akan terpengaruh oleh pilihan saya? Akankah salah satu tujuan yang telah saya buat membuat hidup saya lebih baik, sementara dengan mengorbankan kepentingan yang lain seperti kebutuhan akan rekreasi bersama keluarga? Anda bisa memutuskan bahwa ketika keputusan itu lebih banyak mendapatkan manfaat.

Biaya pendidikan anak atau tabungan pensiun

Jika Anda dihadapkan dengan dua tujuan, tapi keduanya menawarkan hadiah yang sama, yang mana sih yang menyebabkan setidaknya memiliki kerugian yang sedikit? Metode pemilihan ini biasanya jalan terakhir, tetapi dapat berguna bila tidak ada analisis lain membantu Anda memutuskan pilihan.

Kebanyakan orang, misalnya, harus memutuskan antara membayar kuliah anak-anak dan tabungan untuk pensiun. Nah, jika Anda tahu bahwa Anda tidak akan bisa hidup secara memadai pada uang yang Anda harapkan dari pensiun dan Jaminan Sosial, maka tabungan pensiun harus diutamakan. Adapun anak Anda yang sedang berada di perguruan tinggi, ia dapat jalur beasiswa yang bisa didapatkan di beberapa institusi negeri maupun swasta.

Menabung adalah prioritas utama

Prioritas utama memang tetaplah prioritas utama. Sebaiknya, Anda perlu menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk kesenangan saat ini, asalkan Anda memiliki cukup uang tersisa untuk menempatkan ke arah tujuan jangka panjang Anda. Juga, ingat seiring waktu berjalan, prioritas Anda akan berubah. Anda harus menguji kembali dan peringkat kebutuhan Anda secara teratur untuk menggunakan uang Anda yang paling efektif.

Ketika Anda mampu menabung, Anda perlu memutuskan mengapa itu diperlukan. Selalu prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan, dan hindari masalah ketergantungan dengan apa yang namanya keinginan. Selain itu, gunakanlah kartu kredit dengan bijak, karena bagaimana pun kartu kredit adalah hutang. Manfaatkanlah fitur dari kartu gesek itu dengan baik, misalkan cicilan 0% untuk furniture, barang-barang elektronik, nikmati poin rewards yang tersedia. Jika Anda telah melakukannya, maka Anda akhirnya akan menemukan bahwa pengeluaran Anda di bawah kontrol.

Untuk menikmati berbagai jenis pinjaman pribadi yang menguntungkan, Anda dapat melihat produk-produk yang tersedia di KreditGoGo. Silakan mencoba!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama