Bagaimana Ya Cara Buka Akun di Bank bagi Pelajar?

Ini sebenarnya klise. Tapi, pertanyaan ini sering ditanyakan oleh pemula yang belum memiliki rekening di bank, khususnya pelajar.

Bagi sebagian besar masyarakat di perkotaan, membuka rekening di bank sudah hal yang umum dan bukan kali pertama saja. Tapi, bagi masyarakat di luar Jawa, atau bahkan di daerah yang susah terjangkau oleh bank, membuka rekening di bank untuk pertama kali memang bakal menimbulkan banyakpertanyaan. 

Khususnya Anda yang masih pelajar. Lalu bagaimana yah cara membuka akun di bank untuk pertama kali? informasi yang kami sajikan tentu akan membantu Anda.

Bagaimana sih membuka rekening bank pertama kali?

Pada dasarnya, semua bank memiliki prosedur yang mudah untuk membuka rekening pertama kali. Dan semua bank memiliki prosedur yang mirip. Untuk membuka rekening di bang hal pertama yang harus disiapkan adalah fotokopi KTP Anda.

Tapi, saya masih pelajar. Saya cuma punya Kartu Pelajar.

Nah untuk pelajar, beberapa bank memudahkan Anda ketika pembukaan rekening pertama kali. Setiap bank memiliki produk tabungan yang ditujukan untuk pelajar. Jadi, tidak ada pembatasan hanya untuk mereka yang punya KTP saja.

Bank-bank itu memudahkan pelajar untuk bisa memiliki rekening sendiri. Anda hanya butuh mempersiapkan fotokopi Kartu Pelajar. Persyaratan tambahan bank biasanya meminta fotokopi KTP orang tua, akta kelahiran, kartu keluarga, NPWP orang tua, dan surat persetujuan orang tua.

Untuk kakak saya, bisa tidak buka rekening di bank yang sama dengan saya?

Bisa. Tentu saja harus punya KTP jika usianya sudah lebih dari 17 tahun. Hal yang sama juga berlaku di Kartu Pelajar, yaitu siapkan fotokopi KTP kakak kamu. Langkah selanjutnya adalah siapkan setoran awal untuk pembukaan rekening.

Oke. Saya sudah punya setoran awal untuk buka rekening, lalu langkah selanjutnya apa?

Nah, kalau sudah menyiapkan setoran awal, langsung Anda bergegas ke bank yang dituju. Pilihlah bank yang terpercaya. Pastikan Anda sudah tahu apa saja layanan yang dihadirkan oleh bank tersebut. 

Masing-masing bank memiliki persyaratan setoran awal yang berbeda-beda. Ada yang mulai dari 20.000 (misalnya Bank DKI), 50.000, 100.000, 250.000, 500.000, bahkan satu juta. Setiap bank pasti memiliki layanan customer service

Tanyakan ke mereka mengenai setoran awal, pasti akan dilayani. Dan jangan lupa, jangan takut untuk bertanya. Takut bertanya sesat di jalan lho!

Oke. Setelah berada di customer service, apa yang akan dilakukan disana?

Nanti di sana, kamu akan diberi beberapa lembar formulir yang harus diisi. Pastikan semua diisi dengan tepat dan jujur. Pada saat kamu membuat rekening baru biasanya akan diminta Kartu Pelajar asli atau kartu identitas asli calon pemegang rekening nantinya.

Selain melampirkan kartu pelajar yang asli, apakah ada hal lainnya?

Hal penting lainnya adalah ketika urusan administrasi selesai, kamu akan diminta tanda tangan di depan petugas bank. Usahakan jangan berbeda dengan tanda tangan yang ada di kartu identitas kamu. Jika agak berbeda, biasanya kamu akan diminta tanda tangan lagi sampai mirip.

Apakah Ada biaya lainnya ?

Beberapa bank mungkin akan membebani kamu dengan biaya materai atau biaya administrasi lainnya. Tapi itu tidak seberapa. Masih terjangkau kok.

Fasilitas lainnya dari bank?

Fasilitas yang diberikan adalah Kartu ATM , e-banking, mobile banking, sms banking, dan lain sebagainya. Untuk kartu ATM Anda akan diminta untuk memberika password saat mengaktifkan kartu. Pilihlah kombinasi password yang mudah dihafal tetapi sulit ditebak.

Nah SobatGoGo, diatas adalah layanan dasar perbankan ketika Anda ingin membuka rekening pertama kali. Semogo informasi tersebut dapat membantu Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama