Apa Sih Sebenarnya Tugas Financial Planner Itu?

Mengelola uang memang sulit, tapi bagaimanapun juga keuangan haruslah kita atur sedemikian rupa. Agar keuangan seseorang stabil, dia haruslah mempunyai financial planner.

Perencanaan keuangan adalah tugas seseorang yang ahli dibidang ekonomi dalam mengurus aliran kas masuk dan keluar untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu. Fungsinya tentu mempersiapkan masa tua yang terbebas dari utang, hidup sejahtera, serta memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Proses perencanaan ini meliputi penentuan tujuan hidup, prioritas, serta tujuan finansial seseorang, lalu dengan mempelajari kondisi, risiko, gaya hidup, serta penghasilannya saat ini, merancang sebuah rencana yang realistis untuk mencapai tujuan tersebut.

Ayo, rencanakan keuangan Anda secara matang

Apakah Anda sudah mempersiapkannya? Jika belum, maka segeralah mencoba sebelum Anda menyesal dikemudian hari gara-gara terlambat menyadari mengenai pentingnya sosok perencana keuangan.

Keuntungan mempunyai perencanaan keuangan sejak dini

Menurut CEO Financial Services, Ric Edelman dalam bukunya yang berjudul “The Truth About Money” memaparkan 11 alasan mengapa perencanaan keuangan sangat dibutuhkan.

1. Ini dapat melindungi Anda dan keluarga dari berbagai risiko yang berdampak secara finansial seperti kecelakaan, terserang penyakit, kematian, dan tuntutan hukum.

2. Mengurangi hutang-hutang.

3. Membiayai kehidupan disaat usia Anda tidak lagi produktif.

4. Membayar biaya-biaya untuk keperluan anak.

5. Mampu menyediakan biaya sekolah anak hingga tingkat sarjana.

6. Membiaya biaya pernikahan anak-anak.

7. Membeli kendaraan

8. Membeli rumah

9. Menentukan masa pensiun dengan gaya hidup yang kita inginkan.

10. Membayar biaya-biaya perawatan yang bersifat jangka panjang.

11. Mewariskan kesejahteraan kepada generasi berikutnya.

Tujuan dari financial planner

Anda sudah lihat bukan berbagai keuntungan mempunyai perencanaan keuangan. Dan sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang ditawarkan. Itu tergantung kepentingan masing-masing orang.

Lalu sebenarnya apa saja sih yang menjadi job description dari seorang financial planner?

1. Menetapkan tujuan klien

Ini harus dibicarakan diawal pertemuan, agar tujuan Anda dapat diarahkan oleh pihak perencana keuangan menuju arah yang lebih baik dan aman. 

2. Mengatur dan mengelola keuangan secara tepat

Tujuan memang harus ditentukan oleh klien, financial planner hanya bertugas untuk memberikan solusi yang lebih tepat. ia akan bertanya secara detail tentang masalah keuangan Anda.

Lalu menentukan cara mengatur keuangan dengan penghasilan yang ada, kemana saja uang seharusnya dialokasikan, bagaimana cara menyesuaikan kondisi keuangan dan gaya hidup, dan lain-lain.

3. Memantau rencana keuangan

Ini yang harus dijalani oleh klien, setelah melakukan perjanjian dan rencana keuangan bersama financial planner. Dengan kata lain, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran akan secara langsung dimonitor.

4. Memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi

Rencana terkadang meleset dari harapan. Namun, Anda jangan khawatir, karena sudah menjadi tugas dari perencana keuangan untuk memberikan Anda jalan keluar.

Keberadaan financial planner memang sangat dibutuhkan agar masyarakat bisa mengelola keuangan dengan baik. Yang nantinya akan bertugas memberikan saran pengelolaan keuangan yang baik dan benar. 

Dan tentunya setelah diberikan pengetahuan mengenai perencanaan keuangan, diharapkan masyarakat bisa lebih bijak dalam menghadapi problem keuangan.

Tapi Anda jangan sampai terkecoh, karena belakangan marak dibicarakan kejahatan yang dilakukan financial planner di Indonesia. Anda harus berhati-hati, karena seorang perencana keuangan adalah seorang tenaga ahli yang sudah terlatih dan telah lolos sertifikasi.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama