7 Ide Kreatif Agar Anda Lebih Berhemat

Pola hidup konsumtif sering kali menyebabkan kondisi keuangan memburuk ketika akhir bulan. Berhemat menjadi cara yang paling mudah. Bagaimanakah caranya?

man looking for idea

Ada sebuah slogan mengatakan ‘hemat pangkal kaya’ nampaknya memang benar. Miliarder Warren Buffett sangat percaya berhemat akan memberikan keuntungan, walaupun dia sudah memiliki miliaran USD. Kebanyakan orang terjebak pada pola hidup konsumtif dan pemborosan, jadi merasa pendapatannya selalu kurang.

Sebenarnya inti dari hemat itu bukan untuk menjadi kaya tetapi tentang bagaimana cara kita mengelola arus keuangan dengan baik untuk kehidupan di masa depan. Berhemat menjadi salah satu cara untuk kita menciptakan surplus keuangan dengan mudah dan cepat.

Cara berhemat pun sederhana, Anda dapat memulainya dari hal yang paling kecil seperti membawa minum sendiri. Tetapi masalah kebanyakan orang adalah mereka sulit menekan pola hidup konsumtif dan anggaran keuangan yang tanpa rencana.

Nah jika Anda bingung bagaimana caranya untuk berhemat. Kami memiliki 7 ide kreatif untuk memudahkan Anda lebih berhemat.

1. Membuat Daftar Belanja

bring list to groceries

Setiap bulannya kita pasti bebrbelanja kebutuhan bulanan, nah sebelum pergi ke swalayan sebaiknya Anda terlebih dahulu membuat sebuah daftar barang-barang yang akan dibeli. Dengan adanya daftar belanja tersebut Anda akan fokus pada barang-barang yang memang dibutuhkan.

Pastikan Anda tidak akan membeli barang selain yang ada di dalam daftar. Batasi juga pengeluaran Anda dengan membuat buku pengeluaran dan pemasukan. Mengontrol diri adalah salah satu cara ampuh dan sederhana untuk menghemat uang.

2. Mengurangi Makan Diluar

Jika Anda sering makan diluar baik makan siang ataupun janji bertemu seseorang lebih baik kebiasaan ini dikurangi. Anda tidak akan menyangka dengan mengelola pengeluaran makan siang akan berpengaruh banyak pada kondisi keuangan. 

Pengeluaran makan siang untuk sekali makan di sebuah restoran atau kafe bisa mencapai Rp 50 ribu bahkan lebih. Anda bisa memasak sendiri di rumah dan membawa bekal makan siang untuk di kantor. Membawa bekal dapat menjadi cara berhemat, sehingga biaya makan siang dapat dialihkan ke dalam tabungan pribadi.

3. Membeli Barang Bekas

Barang bekas disini bukan barang yang sudah rusak dan jelek. Saat ini sudah banyak toko yang menjual barang bekas dengan kualitas dan perawatan yang baik. Yang Anda perlukan hanyalah cermat dan teliti dalam memilih barang.

Mencari barang bekas yang masih dalam kondisi layak menjadi alternatif untuk menemukan barang yang murah. Anda bisa berkunjung ke pasar barang bekas seperti Pasar Senen, Pasar Taman Puring, Pasar Ular, dan masih banyak lagi.

4. Gunakan Kartu Member Belanja

benefit shopping card

Saat ini hampir semua toko modern menawarkan kartu keanggotaan belanja. Ada baiknya anda mendaftarkan diri untuk mendapatkan penawaran dengan harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum.

5. Manfaatkan Promo dan Reward Kartu Kredit

Jika bijak dalam menggunakan kartu kredit, tentunya Anda akan merasakan manfaat dan kegunaannya. Banyak merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit dan memberikan potongan harga khusus untuk berbagai produk atau jasa.

Baik itu restoran, barang elektronik dan lain sebagainya. Selain itu kartu kredit juga memberikan poin reward untuk ditukarkan dengan beragam promosi dan hadiah. Anda dapat memanfaatkannya dalam setiap transaksi yang dilakukan. 

Jika Anda menggunakannya dengan seksama, kartu kredit dapat menjadi kawan berhemat yang baik.

6. Menyimpan Uang Receh

keep the changes

Sering kali Anda meremehkan kembalian receh ketika berbelanja. Uang dalam pecahan kecil sering dianggap tidak penting. Ini adalah salah satu kesalahan dalam mengelola keuangan. 

Cobalah sedikit berlatih untuk mengumpulkan uang logam yang diperoleh setiap kali Anda berbelanja kedalam satu wadah dan lihatlah berapa banyak yang Anda kumpulkan selama sebulan.

7. Hilangkan Iuran Bulanan yang Tidak Terpakai

Anda berlangganan majalah, tv kabel, pusat kebugaran dan lain sebagainya, sebaiknya periksa kembali pada kebutuhan Anda. Jika iuran majalah terlalu berlebihan, tv berlangganan tidak semua salurannya ditonton, berlangganan di pusat kebugaran yang tidak dijalankan secara rutin Anda harus periksa kembali tagihan semua iuran bulanan tersebut.

Karena jika dibiarkan tetap berjalan ini akan menjadi mubazir. Pilih dengan seksama iuran mana yang paling Anda perlukan dalam keseharian anda untuk menunjang produktivitas atau kehidupan Anda.

Menerapkan pola hidup hemat tentunya tidak akan memberikan Anda kerugian. Menjalankannya yang memang sulit tetapi dengan berlatih dan disiplin berhemat akan menjadi kebiasaan sehari-hari. Be smart with your money!

Baca juga: 5 Trik Berhemat Saat Belanja Online

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama