7 Cara Kreatif Pulihkan Kondisi Finansial Pasca Lebaran

Sudah saatnya untuk memulihkan kembali kondisi finansial pasca libur panjang. Beragam jenis aktivitas bersama keluarga di kampung halaman tentunya telah menguras pengeluaran Anda, bukan?

Bagi kebanyakan orang, libur Lebaran adalah momentum yang tepat untuk mempergunakan uang yang sudah dikumpulkan. Bahkan, gaji bulanan dan THR ikut amblas untuk menyenangkan sanak keluarga di kampung halaman dan berwisata ke beragam destinasi. Tentu saja ini bisa jadi permasalahan yang cukup rumit apabila tidak segera diatasi.

Saat liburan berakhir, sudah saatnya mengatur kondisi finansial agar kembali pulih. Banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mengubah kebiasaan boros hingga menabung untuk kebutuhan jangka panjang.

Selama masih memiliki pendapatan tetap, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa memulihkan kondisi finansial yang telah menipis. Berikut ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan Anda!

Estimasi Pengeluaran

Pengeluaran yang tak terkendali selama libur Lebaran bisa menjadi pelajaran untuk Anda. Benahi seluruh pengeluaran dengan mencatat transaksi yang telah dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan mengecek kembali bon hingga tagihan kartu kredit yang telah diterima. Periksa apakah pengeluaran yang dilakukan over budget atau on budget.

Baca juga: Manfaat Online Payment Buat Pengeluaran Lebih Hemat

Lalu rancang estimasi pengeluaran selama satu bulan ke depan. Kira-kira jenis pengeluaran apa yang selanjutnya akan dihadapi. Cara ini dapat membantu Anda untuk memprioritaskan pengeluaran yang sudah pasti.

Misalnya, cicilan rumah atau kendaraan dan beragam jenis tagihan lain. Jika estimasi pengeluaran tidak segera dirancang, dikhawatirkan kondisi finansial Anda tidak kunjung pulih. Oleh karena itu, perhatikan setiap jenis pengeluaran yang akan terjadi kedepannya.

Batasi Anggaran Belanja

Liburan telah selesai, kini saatnya Anda kembali mengumpulkan pundi-pundi rupiah dengan bekerja. Pilih apa yang perlu dan tidak perlu. Pilih apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan.

Pilih apa yang menjadi prioritas dan bukan menjadi prioritas. Kembalilah ke pola hidup sederhana ketika bekerja. Pikir jauh ke depan untuk memulihkan kondisi finansial pasca liburan.

Belanjakan uang bulanan seperlunya saja. Misalnya untuk kebutuhan bulanan seperti belanja di supermarket, pulsa, internet, tv cable dan juga listrik. Atur pengeluaran sebaik-baiknya dan jangan mudah tergoda ajakan teman untuk berfoya-foya. Ingat, hidup masih panjang dan Anda perlu memulihkan kondisi finansial yang sudah menipis.

Isi Kembali Dana Darurat

Anda memiliki dana darurat (emergency fund)? Jika iya, coba cek apakah sempat terpakai saat liburan sepekan lalu. Apabila terpakai, saatnya Anda mengembalikan jumlah dana darurat tersebut. Jika perlu tambahkan jumlahnya agar dana darurat yang dimiliki bertambah untuk memulihkan kondisi finansial.

Baca juga: 3 Fasilitas Kartu Kredit untuk Dana Darurat

Mengembalikan dana darurat sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya, dana darurat sangat berguna dalam waktu mendesak untuk menyelamatkan masa sulit di masa yang akan datang.

Tanpa adanya dana darurat, hidup Anda berada dalam resiko besar. Oleh karena itu, sisihkan sesegera mungkin berapapun jumlahnya.

Tingkatkan Pengeluaran Produktif

Anda tipe orang yang suka berbelanja atau bersenang-senang mencari hiburan? Kini saatnya mengurangi hal-hal konsumtif yang kurang perlu. Mulailah dengan kebiasaan-kebiasaan positif seperti melakukan pengeluaran produktif.

Dalam hal ini, pengeluaran produktif yang bisa dilakukan adalah dengan membeli investasi, emas, ataupun aset produktif untuk masa depan. Tentu uang yang Anda pergunakan akan lebih bermanfaat, bukan? Jika tidak melakukannya sekarang, Anda bisa tergoda untuk melakukan pengeluaran konsumtif. Dampaknya, kondisi finansial bukannya bertambah, justru berkurang.

Berhemat

Berhemat adalah salah satu cara untuk memulihkan kondisi finansial setelah liburan. Banyak cara berhemat yang bisa dilakukan. Diantaranya dengan membawa bekal saat ke kantor atau menghentikan kegiatan liburan untuk sementara jika sudah tidak memiliki simpanan lebih.

Apabila Anda memilih membawa bekal ke kantor, cara ini tentu bisa membatasi pengeluaran harian. Selain hemat, tubuh akan semakin sehat dengan membawa makan siang dan camilan sehat dari rumah. Cara ini sangat bermanfaat untuk memulihkan kondisi finansial Anda.

Lunasi Hutang Sambil Menabung

Anda masih memiliki hutang? Segera lunasi sekarang! Jangan biarkan hidup terlilit hutang berlarut-larut. Melunasi hutang dapat membantu Anda mengurangi beban yang terus menghantui. Terutama hutang pada penggunaan kartu kredit. Bayar segera tagihannya dan coba untuk mengurangi penggunaannya.

Baca juga: Cara Mengelola Utang Secara Efektif

Jika seluruh hutang yang dimiliki telah lunas, tentunya Anda bisa menabung lagi dengan tenang. Fokuskan cita-cita untuk memulihkan kondisi finansial. Jika Anda berencana memiliki uang Rp50 juta tahun depan, segera realisasikan dengan terus menabung. Supaya cita-cita Anda dapat tercapai.

Cari Penghasilan Tambahan

Cara lain dalam mempercepat pemulihan kondisi finansial adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Ada beragam jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan sesuai dengan keahlian. Diantaranya seperti menjadi penulis lepas, guru privat, memiliki toko online, menjadi publisher adsense dan masih banyak lagi.

Adanya penghasilan tambahan, dapat membantu Anda menyisihkan uang lebih banyak lagi untuk ditabung. Cara ini dapat memulihkan kondisi finansial agar kembali membaik pasca liburan.

Apabila kondisi finansial Anda sehat, hidup tentu akan menjadi lebih bahagia, sejahtera dan berkualitas. Yuk, pulihkan kondisi finansial Anda mulai dari sekarang!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Astri Damayanti

    Kebiasaan emak-emak, ngabisin THR dan hampir puasa setelah lebaran .. hehhehehe

    Reply