7 Cara Bertahan di Akhir Bulan

Sebagai pegawai kantoran, Anda tentu bingung bagaimana bisa bertahan di akhir bulan. Sebagai entrepreneur, Anda juga pasti ingin berhemat sampai bulan berikutnya. Hal praktis ini bisa Anda terapkan.

  • buatlah rencana
  • tagihan
  • buat pengingat di ponsel anda
  • menabung
  • siapkan rencana anggaran
  • periksa kembali anggaran
  • manfaatkan promo atau diskon

Pernahkah Anda di akhir bulan isi dompet sudah menipis? Atau bahkan pernah untuk biaya transportasi ke kantor pun

benar-benar tidak ada? Menjelang akhir bulan, tentu bagi sebagian besar orang adalah bagaimana bisa melalui pekan-pekan tersulit itu. Sebagai seorang entrepreneur, tentu bisa mencapai hal tertinggi adalah cara mereka bisa melewati masa-masa sulit. Betul, kan? Tanya pengusaha mana pun, mana mungkin ia bisa sampai puncak tertinggi sekarang yang ia peroleh, kalau tidak ia bersusah dahulu. Bahkan tidak jarang entrepreneur yang sukses di tahun ini adalah dulunya seorang karyawan kantoran.

Melewati masa yang berat tersebut tentu bukan hal mudah. Sebagian besar perencana keuangan pasti memberi saran praktis seperti ini, “Sebenarnya gaji seberapa pun tidak akan pernah cukup jika pengaturan atau perencanaan keuangannya buruk.”

Jadi, sebenarnya gaji kita yang kurang atau memang perencanaan finansial kita yang buruk? Itu terserah Anda. Tapi jika memang perencanaan keuangan kita yang buruk, tentu pasti ada solusinya.

Isi dompet semakin menipis, sementara kebutuhan sehari-hari terus berjalan. Bagaimana sih hal praktis yang bisa diambil agar bisa melewati akhir bulan sampai saat waktu gajian tiba, atau minimal saldo rekening kita kembali berisi.

1. Buatlah rencana

Usahakan di awal bulan Anda sudah membuat rencana keuangan yang ingin dibeli. Ingat, kebutuhan utama yang harus beli, bukan keinginan lainnya. Utamakan yang benar-benar diperlukan dan penting bagi kelangsungan selama sebulan, misalnya bahan makanan di kosan, sabun mandi, sabun cuci, atau air minum langganan Anda.

2. Tagihan

Selesaikan tagihan-tagihan wajib terlebih dahulu. Misalnya jika Anda tinggal bersama orang tua dan mereka sudah tidak mampu lagi dalam hal keuangan, bayarlah rekening listrik di rumah Anda atau tagihan telepon. Jika Anda sudah memiliki anak, utamakan biaya keperluan sekolah anak Anda dahulu.

3. Reminder on your cellphone

Buatlah suatu pengingat di ponsel Anda, atau buku agenda, agar Anda bisa berhemat di setiap bulan. Misalnya buatlah reminder di seluler Anda untuk menghemat membeli jajanan di kos.

4. Menabung

Menabunglah sebesar 30% dari pendapatan selama sebulan. Buatlah reminder di ponsel untuk itu. Alokasi dana untuk tabungan selalu berguna untuk tujuan apa pun.

5. Siapkan perencanaan anggaran

Untuk bisa bertahan di akhir bulan, di awal bulan Anda sudah harus menyiapkan perencanaan anggaran belanja selama sebulan. Disiplinlah dalam hal itu.

6. Periksa kembali anggaran

Periksa kembali perencanaan yang Anda buat. Apakah rencana keuangan tersebut sudah benar-benar sesuai dengan keperluan Anda selama sebulan atau tidak. Jika Anda selalu melenceng dari rencana yang sudah dibuat, bukan tidak mungkin Anda tidak akan bertahan hingga akhir bulan.

7. Manfaatkan promo atau diskon

Manfaatkan promo atau diskon yang ditawarkan berbagai tempat belanja yang biasa Anda kunjungi. Di awal bulan, ada beberapa tempat belanja yang bisa memberikan diskon jika membeli dalam jumlah banyak. Bahkan di pusat perbelanjaan tertentu ada juga yang memberikan diskon lebih besar lagi jika membeli di akhir bulan. Untuk hal ini, coba cermati seberapa jauh kemampuan keuangan Anda. Promo lainnya bisa Anda dapatkan misalnya di gerai-gerai minimarket tertentu. Untuk hal ini, cermati baik-baik dan tanyakan lebih jauh makanan jenis apa yang bisa dibeli jauh lebih murah.

Beberapa hal praktis ini mungkin bisa Anda praktikkan. Tentu Anda juga bisa menambahkan pengalaman sendiri dalam hal bertahan di akhir bulan, hingga gajian tiba.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama