7 Alternatif Ngabuburit yang Aman di Kantong

Banyak hal yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit. Simak yuk beberapa kegiatan ngabuburit yang hemat dan bermanfaat!

Kita semua pasti sudah familiar dengan kata “ngabuburit”. Kata yang akrab dengan bulan puasa ini berasal dari bahasa Sunda yang memiliki makna “sore”.

Makna lainnya adalah kebiasaan menanti sore. Nah, inilah yang kemudian kerap digunakan umat Muslim ketika menunggu waktu berbuka puasa.

Tak jarang kegiatan yang kita lakukan saat ngabuburit berujung pemborosan. Ini bisa terjadi ketika kita malah sibuk jajan dan belanja banyak hal ketika ngabuburit.

Supaya kantong kita tetap aman sentosa, ada tujuh alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika ngabuburit.

Berseluncur di Dunia Maya

Ngabuburit Hemat

Siapa sih yang zaman sekarang tak main internet? Tidak ada salahnya menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit dengan berseluncur di dunia maya. Tapi, jangan baca berita-berita hoax dan gosip ya!

Kita bisa membaca berita-berita yang bermanfaat, lucu dan menghibur, atau nonton beragam video tutorial di Youtube. Pahala tak berkurang, puasa aman, plus dapat banyak ilmu.

Bukan tidak mungkin hasil ngabuburit ini justru memberikan Anda ide atau inspirasi, baik itu untuk bisnis atau sekedar menemukan hobi baru.

Nah, buat pekerja kantoran, ingat, lakukan kegiatan browsing ini setelah semua pekerjaan sudah selesai. Jangan sampai kegiatan ini mengganggu jam kerja sehingga kinerja Anda merosot.

Satu lagi nih, sebisa mungkin hindari online shop dulu supaya tak tergoda buat belanja. Tapi kalau Anda yakin tidak akan tergoda dan hanya mau lihat-lihat silakan saja. Jangan sampai niat mau ngirit malah berujung jadi belanja.

Baca juga: Bulan Puasa Tapi Boros. Tanya Kenapa?

Permainan Pererat Silaturahmi

Mau melakukan aktivitas selain main internet? Coba main games deh! Kalau masih pemula atau biar seru, ajak teman-teman Anda juga untuk ikut serta. Apalagi buat para pegawai kantoran yang biasanya mulai mengantuk saat menjelang waktu pulang.

Selama tidak mengganggu pekerjaan dan dilakukan setelah jam kerja, main games bersama rekan kerja tak apa-apa kok. Games yang bisa dipilih seperti kartu remi, monopoli, ludo, dan permainan berkelompok lainnya.

Jenis permainan berkelompok ini dijamin bisa pererat silaturahmi Anda bersama teman atau rekan kerja.

Jangan langsung berpikir kalau main games itu negatif dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Ternyata, selain silaturahmi, main games bisa bermanfaat untuk menghilangkan stres juga lho. Asalkan tidak berlebihan durasinya.

Selain itu, games juga bisa melatih kordinasi mata dan cara kerja otak. Banyak kan manfaatnya?!

Nonton Bareng di Rumah

Jika kebetulan sedang libur kerja, daripada keluyuran tidak jelas, lebih baik nonton film di rumah. Jika tidak ingin sendirian, Anda bisa ajak keluarga atau teman-teman juga agar tambah seru dan meriah. Dijamin, waktu ngabuburit jadi tidak terasa.

Pilih saja DVD film apa yang sekiranya aman ditonton ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Atau streaming lewat internet juga bisa. Selain terhindar dari keinginan buat beli ini-itu, nonton bareng bisa bikin ikatan antara anggota keluarga atau teman jadi semakin berkualitas.

Supaya lebih seru, setelah nonton, Anda bisa berdiskusi mengenai film yang ditonton tersebut. Dengan demikian, selain untuk hiburan, aktivitas ini bisa mengasah cara berpikir Anda agar lebih tajam dan terbuka.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti jadi bermalas-malasan atau jadi alasan untuk tidak berolahraga.

Mungkin Anda berpikir, 'Ah, masa sih bulan puasa harus olahraga?'. Jangan salah, Anda tidak perlu olahraga berat kok. Cukup dengan melakukan aktivitas olahraga ringan saja, Anda bisa lebih sehat sambil ngabuburit menunggu jam buka puasa. Mulai dengan bermain sepeda di sekitar taman selama 30 menit juga sudah cukup.

Olahraga ringan ini juga bisa dilakukan bersama keluarga atau teman Anda. Jika dilakukan bersama biasanya tidak akan terasa berat dan waktu terasa cepat berlalu.

Ngabuburit yang seperti ini tidak hanya hemat karena tidak perlu mengeluarkan uang tapi juga menyehatkan. Cukup pakai baju nyaman dan sepatu olahraga, kantong kita pun aman.

Baca juga: Tetap Segar dan Bugar Saat Bulan Puasa

Window Shopping

Jalan-jalan ke mall memang menyenangkan. Banyak barang yang menarik mata kita dan tentu saja tempat yang nyaman. Banyak orang yang memilih window shopping alias cuci mata di mall sebagai alternatif ngabuburit.

Tapi ingat, kegiatan ini akan tetap aman buat kantong selama Anda masih mampu menahan hasrat belanja. Jangan sampai aktivitas ngabuburit yang satu ini bikin kantong jebol. Ingat, hanya cuci mata saja lho!

Kecuali jika memang ada barang yang sedang Anda butuhkan. Namun, harus yang benar-benar Anda butuhkan lho, bukan karena lapar mata. Intinya, tetap bijaksana agar tidak kebablasan.

Baca Buku

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, baca buku mungkin sudah jadi hobi yang langka. Tak ada salahnya baca buku dijadikan pengisi waktu ngabuburit. Ingat, pilih bukunya yang bisa menambah wawasan kita ya.

Walau kini sudah ada yang namanya e-book, alias buku digital, membaca buku konvensional yang dapat disentuh dan dibalik lembar demi lembarnya tentu menimbulkan pengalaman tersendiri.

Coba saja kalau Anda tidak percaya. Sesekali ada baiknya mengurangi aktivitas bermain smartphone atau gadget.

Ngabuburit Sambil Ibadah

ngabuburit sambil berbagi

Bulan Ramadan adalah saatnya kita berlomba-lomba berbuat kebaikan. Ketika sedang libur weekend di rumah, coba Anda sempatkan waktu untuk menyortir barang-barang yang sudah tidak terpakai tetapi masih bisa bermanfaat untuk orang lain.

Mungkin bagi Anda barang-barang tersebut sudah tidak dibutuhkan, tetapi masih banyak orang di luar sana yang membutuhkannya.

Selain rumah jadi lebih rapih dan bebas dari barang-barang yang sudah tidak kita gunakan, kita pun dapat pahala karena sudah mau berbagi dengan sesama.

Selain barang, Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga untuk patungan membeli makanan buka puasa bagi orang-orang yang membutuhkan. Tidak perlu dalam skala besar.

Anda bisa saja memberikan takjil secara gratis di depan rumah Anda. Yang penting adalah niat yang tulus, bukan dari nilai yang diberikan.

Baca juga: 7 Tradisi Unik Ramdan di Berbagai Negara

Mungkin masih banyak hal-hal bermanfaat lain selain 7 hal di atas yang bisa Anda lakukan selama ngabuburit. Intinya, kalau bisa berhemat, kenapa tidak? Jangan sampai ngabuburit malah jadi kegiatan pemborosan berbelanja ini dan itu.

Banyak kegiatan lain yang pasti lebih bermanfaat dan tidak membahayakan keuangan kita. Selamat ngabuburit!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama