6 Trik Hadapi Teman yang Boros

Teman adalah anugerah. Namun, bagaimana jika Anda memiliki teman yang gaya hidupnya boros? Bagaimana caranya agar tidak ikut terjerumus? Kami punya triknya di sini!

Berkumpul dengan teman adalah salah satu momen yang paling menyenangkan. Anda bisa berbagi cerita, tawa dan keseruan lainnya. Namun, jika harus berkumpul dengan teman yang gaya hidupnya boros, duh bisa-bisa Anda jadi ikutan boros juga. Di satu sisi, jika tidak ikut berkumpul, pasti Anda merasa tidak enak. Lalu, bagaimana cara menghadapi situasi ini? Kami punya triknya untuk Anda!

1. Buatlah Acara Kumpul di Rumah

Pada dasarnya, ketika Anda kumpul bersama teman, faktor yang paling penting adalah kebersamaan, bukan aktivitasnya. Jadi, kalau bisa melakukan aktivitas seru di rumah dan tetap bisa bersenang-senang, kenapa tidak? Dengan cara ini, Anda bisa ikut menyelamatkan dompet pribadi dan dompet teman.

2. Ajak ke Tempat yang Terjangkau

Jika teman mengajak kumpul di tempat yang mahal, Anda jangan langsung menolaknya. Coba untuk menyiasatinya dengan menawarkan tempat lain yang lebih murah dan belum pernah dikunjungi. Dengan cara ini, selain Anda jadi tidak terkesan menolak, Anda juga bisa saving budget. Siapa tahu tempat baru yang Anda tawarkan nantinya bakal jadi tempat nongkrong baru untuk Anda dan teman-teman.

3. Memperluas Pergaulan

Memiliki teman yang banyak dan pergaulan yang luas ternyata banyak manfaatnya. Salah satunya adalah saat Anda terjebak dalam situasi, di mana teman Anda selalu mengajak berkumpul di tempat yang agak berat di kantong Anda. Dengan punya banyak teman yang berasal dari berbagai latar belakang, Anda tidak harus bergantung kepada teman Anda yang bergaya hidup mewah tersebut.

4. Pilih Satu Destinasi

Jika Anda dan teman sudah memiliki jadwal kumpul rutin selama 2 hari berturut-turut, maka pilihlah salah satu saja. Misal, jadwal hari Sabtu adalah karaoke dan Minggu adalah nongkrong di cafe, Anda harus memilih salah satu dari dua destinasi tersebut. Berilah alasan yang rasional jika teman Anda menanyakannya. Dengan cara ini, Anda tetap bisa kumpul dengan teman, tanpa harus kehilangan momen kebersamaan.

6. Bawa Uang Secukupnya

Jika sudah terjebak dalam situasi belanja bareng, Anda harus bisa menahan diri. Salah satu caranya adalah selalu membawa uang secukupnya. Sebab, kesalahan seseorang yang suka boros adalah selalu membawa uang lebih saat belanja. Akibatnya, seringkali mereka tergoda untuk membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Jika Anda ingin belanja, fokuslah pada apa yang benar-benar diinginkan. Normal saja jika merasa cemburu, tapi sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup teman yang boros.

Buatlah Anggaran Sendiri

Untuk ‘mengamankan’ diri, buatlah anggaran dan alokasi dana tersendiri untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Dengan begitu, Anda akan berusaha agar anggaran tersebut mencukupi hingga waktunya Anda menerima penghasilan lagi. Dari sekian banyak anggaran tersebut, kemungkinan akan ada anggaran untuk Anda bersenang-senang bersama teman. Gunakan budget 10 hingga 20 persen dari penghasilan. Dengan begitu, Anda tidak akan bingung lagi jika suatu saat teman Anda yang boros tersebut mengajak kumpul.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama