6 Tanda Anda Salah mengelola Keuangan

Apakah Anda sudah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, tapi kenapa gaji tidak pernah cukup. Mungkin tanda-tanda yang membuat Anda salah mengelola keuangan.

bankrupt

Jika Anda sering mengalami kehabisan uang sebelum tanggal gajian, maka ada kemungkinan Anda telah salah mengelola keuangan dan pendapatan. Faktor utama dari gagalnya mengelola uang adalah tidak ada sikap kedisiplinan pada diri sendiri.

Semua orang bisa saja membuat perencanaan keuangan, tetapi tidak semua orang sukses mengatur uang mereka. Banyak orang yang merasa penghasilannya tidak mencukupi padahal jika dilihat dari jumlah pemasukan yang ada sudah bisa dikatakan cukup.

Lalu apa yang salah dalam mengatur keuangan tersebut? Ada banyak hal yang bisa membuat pendapatan Anda tak tak pernah cukup. Sehingga Anda harus menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan dengan memperhatikan enam tanda berikut ini

1. Meminjam Uang untuk Bayar Utang

borrow money to pay debt

Gali lubang tutup lubang istilah ini berarti meminjam uang untuk membayar utang. Cara ini akan membuat Anda tidak bisa keluar dari jurang hutang. Hindari sikap ini jika Anda menginginkan keuangan yang baik.

Terlepas dari kondisi keuangan yang sulit, sebaiknya hidari untuk membayar utang dengan beralih ke pinjaman lain. Pinjaman memang akan menjadi solusi yang mudah namun jika Anda tidak bijak dalam memilih pinjaman akan berakibat dapa kesehatan keungan Anda.

Meminjam uang untuk bayar utang akan menguras keuangan dengan lebih cepat. Pinjaman dapat berfungsi dengan baik jika tujuannya bukan untuk konsumtif ataupun menyelesaikan permasalahan keuangan.

2. Terlalu Bergantung Pada Kartu Kredit

Kartu kredit memang memudahkan Anda dalam bertransaksi, namun jagan sampai penggunaannya tidak terkontrol. Jika Anda terlalu bergantung pada kartu kredit dan penggunaannya tidak wajar maka siap-siap tagihan kartu kredit Anda membengkak.

Kebiasaan ini akan merusak kondisi keuangan Anda. Bayangkan jika Anda tidak membatasi penggunaan kartu kredit, uang Anda akan berkurang untuk membayar utang kartu kredit yang menumpuk. Jangan sampai kemudahan yang ditawarkan dari kartu kredit menjebak Anda pada masalah keuangan yang serius.

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Anda Gunakan Pada Kartu Kredit

3. Bergantung Kepada Orang Lain

borrow money from friends

Memiliki teman atau keluarga yang bisa membantu Anda tentu akan menyenangkan. Tetapi bukan berarti Anda harus bergantung kepada mereka. Sifat seperti ini perlu Anda hindari untuk membuat keuangan Anda terencana lebih baik.

Sikap bergantung kepada orang lain bisa membuat perencanaan keuangan Anda kacau, pasti ada anggapan ada orang yang bisa membantu di saat keuangan buruk, sehingga tidak ada semangat untuk mengatur anggaran.

4. Selalu Kehabisan Uang Diawal Bulan

Jika Anda selalu mengalami kehabisan uang diawal bulan maka perencanaan keuangan Anda secara otomatis gagal. Anda perlu waspada, karena itu tandanya Anda memang mengalami krisis keuangan yang cukup parah.

Penyebab umum Anda selalu kehabisan uang saat awal bulan adalah kebiasaan konsumtif yang tidak terkontrol lebih parahnya sampai meninggalkan beban utang yang besar. Sehingga Anda harus membayar semua utang dan tunggakan pada awal bulan.

Uang yang dimiliki menjadi habis sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan di sisa bulan. Akibat terburuknya adalah, Anda akan terjebak dengan kebiasaan gali lubang tutup lubang. Artinya, gaji bulanan yang didapat tak pernah bisa mencukupi kebutuhan.

5. Salah Memilih Tempat Tinggal

high cost living place

Hal ini juga berpengaruh pada cara pengelolaan keuangan Anda. Mempertimbangkan jarak dan pengeluaran transportasi sangat berpengaruh pada anggaran yang dikeluarkan. Terkadang uang transportasi sehari-hari bisa menyebabkan kesalahan anggaran.

Untuk mengurangi risiko tersebut, sebaiknya pilih tempat tinggal yang strategis dan sederhana. Paling tidak dekat dengan akses transportasi umum sehingga memudahkan akomodasi dalam menuju tempat kerja atau beberapa tempat lainnya.

6. Tak punya dana cadangan

Memiliki dana cadangan dapat memastikan keuangan Anda tetap baik-baik saja jika sedang mengalami masa sulit. Jika Anda tidak memiliki dana cadangan bisa menjadi salah satu pemicu kesalahan dalam mengelola keuangan.

Tidak adanya dana cadangan akan membuat Anda mengadalkan kartu kredit ataupun berutang sana sini. Padahal, utang kartu kredit akan terus menumpuk dan akan semakin sulit diatasi. Mulailah menabung untuk menyiasati masalah ini. Sisihkan gaji Anda untuk dana cadangan walaupun sedikit.

Mempelajari dengan baik apa saja yang membuat perencanaan keuangan Anda gagal tentu akan memudahkan dalam memperbaiki ke depannya. Kuncinya utamanya adalah komitmen diri, meskipun tidak mudah namun bukan berarti tidak bisa.

Baca juga: 5 Prioritas Utama yang Harus Dilakukan Ketika Gajian

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama