6 Cara Ekstrem Agar Uang Tak Cepat Habis

Penghasilan pas-pasan tapi berbagai kebutuhan semakin mendesak? Jangan sedih dulu. Berikut kami hadirkan 6 tips ekstrem berhemat agar isi dompet tidak cepat habis.

Bila ingin hidup hemat, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan hidup hemat. Jika Anda menilai bahwa hidup hemat = pelit, maka itu adalah keliru.

Karena sesungguhnya, definisi hidup hemat adalah proses efisiensi konsumsi di saat sekarang untuk dapat mengonsumsi lebih banyak di masa depan.

Hal ini bertolak belakang dengan hidup boros yang memiliki pengertian mengonsumsi lebih banyak di saat sekarang dengan mengambil kemampuan konsumsi di masa mendatang.

Hidup hemat itu sah-sah saja, asal tidak merugikan dan menyalahgunakan kebaikan orang lain. Ada banyak cara hidup hemat, irit, menabung atau apapun itu untuk menyisihkan sebagian uang Anda. Seperti cara-cara ekstrem di bawah ini. Yuk, simak!

1. Rajin Puasa

Untuk menghemat pengeluaran bulanan, Anda bisa mencoba rajin puasa. Baik puasa membayar utang puasa bulan Ramadan yang sempat bolong maupun puasa sunah. Puasa sunah bisa puasa Senin-Kamis.

Selain puasa, alternatif lainnya adalah diet Obsessive Corbuzier's Diet (OCD). Dalam OCD, puasanya berarti tidak ada asupan kalori apapun selama dalam masa puasa. Namun, Anda masih boleh minum air, teh, atau apapun yang tidak mengandung kalori.

Waktu puasa yang diterapkan dalam OCD adalah 16 jam, 18 jam, dan 20 jam (waktu tidak makan). Selanjutnya, waktu makanmu adalah 8 jam, 6 jam, atau 4 jam (jendela makan).

2. Belanja Dalam Kondisi Kenyang

Setiap belanja ke supermarket, tentu Anda sering tergoda camilan yang seharusnya tidak ada di daftar belanjaan. Ketika ada semerbak wangi sedangkan perut dalam keadaan lapar, makanan itu pasti langsung dibeli dengan dalih buat pengganjal perut.

Nah, jadilah berkurang uang dalam dompet. Maka dari itu, sebisa mungkin sebelum belanja, makan sampai kenyang biar tidak mudah lapar dan tergoda.

3. Transportasi Otot

Kalau naik kendaraan sendiri, pengeluaran akan tersedot banyak. Terlebih jika Anda terbiasa sedikit-sedikit naik motor, padahal tempatnya dekat. Biar lebih hemat, jalan kaki saja ke tempat yang dekat.

Atau supaya tidak terlalu terasa lelah, Anda bisa naik sepeda. Kedua-keduanya bisa bikin badan sehat, lho.

Jika tempatnya jauh, Anda bisa naik transportasi umum supaya bisa mengurangi kepadatan kendaraan dan polusi udara jalanan. Nah, kalau pergi ke tempat lebih jauh dan sulit dijangkau dengan transportasi umum, silakan naik kendaraan pribadi.

4. Cicil Barang Satu Per Satu

Keinginan membeli barang banyak dalam waktu bersamaan wajar saja kok. Tapi, pastinya itu bakal bikin kantong Anda jebol. Akan lebih baik jika mencicil barang satu per satu.

Misalnya, bulan ini beli baju baru, bulan berikutnya sepatu, bulan berikutnya aksesori smartphone, dan seterusnya. Memang butuh kesabaran, tapi yakinlah, sesuatu yang berharga itu butuh waktu buat mendapatkan.

Setelah mendapatkan sesuatu yang diinginkan, pasti bakal disayang-sayang. Jadi, barang itu tidak mudah rusak dan tentu saja membuat Anda berhemat dan irit karena tidak beli barang yang sama berulang kali.

5. Jadi Quiz Hunter

Mencari penghasilan tambahan dengan cara menjadi quiz hunter? Bisa banget! Kuncinya adalah bersikap gigih dan pantang menyerah. Anda bisa ikutan kuis berhadiah pulsa, paket kebutuhan dapur, paket aksesori penampilan, paket buku, dan lain sebagainya.

Rajin-rajin saja stalking akun media sosial. Sekarang banyak pihak yang mengadakan kuis berhadiah menggiurkan. Tapi perhatikan juga pihak penyelenggara dan kualifikasinya, agar tidak kena tipu.

6. Bawa Bekal

Rata-rata pengeluaran tiap orang akan banyak tersedot untuk makan, transportasi, dan tempat tinggal. Untuk makan, cobalah makan makanan yang sederhana. Misalnya, makan nasi, sayur, sambal, dan lauk tempe tahu. Atau kalau mau lebih enak bisa ditambahkan telur.

Makan lauk daging atau seafood boleh-boleh saja, tapi sesekali dalam sebulan. Lalu, akan lebih hemat lagi kalau bawa bekal sendiri ke kantor. Sebab, Anda bisa menakar sendiri kebutuhan makan, dan tentu saja menjaga gizi dan kebersihan makanan sendiri.

Itulah 6 cara ekstrem yang bisa dilakukan untuk menjaga isi dompet agar tidak cepat habis. Atau Anda punya cara ekstrem lainnya? Yuk, share di sini. 

Baca juga: Diet Hemat dan Sehat Tanpa Menguras Biaya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama