5 Trik Berhemat Saat Belanja Online

Alih-alih berhemat, ternyata belanja online malah membuat pengeluaran semakin membengkak. Ingin bisa menghemat uang saat belanja online? Ini dia rahasianya!

Katanya, belanja lebih enak dilakukan secara online. 

Selain mudah dan praktis, belanja online juga bisa menghemat pengeluaran. Harga barang jauh lebih murah dan tak perlu keluar uang tambahan untuk bensin atau makan-makan.

Namun, apa semua berpendapat sama? Ternyata tidak!

Bagi sebagian orang, belanja online malah membuat pengeluaran semakin membengkak. Seperti yang dialami, Reny (25 tahun). pengeluarannya menjadi 2x - 3x lebih banyak jika berbelanja di toko online. Bukan karena lebih mahal, tapi lebih karena lapar mata.

Untuk mengetahui bagaimana cara orang-orang menghemat uang saat belanja online, kami melakukan survei kecil-kecilan dan mendapatkan 5 tips terbaik. 

Ini dia hasil survei kami!

1. Gunakan Voucher atau Kode Promosi

Situs belanja online sering membagikan voucher atau kode promosi yang dapat digunakan pelanggan sebagai potongan harga saat bertransaksi.

Biasanya voucher atau kode ini diberikan saat Anda mendaftarkan diri untuk menjadi anggota atau berlangganan newsletter. Kode promosi juga sering dibagikan saat hari-hari besar, seperti lebaran, natal, atau tahun baru.

Pastikan Anda mencari tahu apakah ada kode promosi yang sedang berlaku di toko online favorit sebelum bertransaksi.

2. Manfaatkan Akun Sosial Media

Situs-situs e-commerce di Indonesia memiliki akun di hampir semua platform sosial media, mulai dari Facebook PagesTwitter, hingga Instagram.

Untuk membangun komunitas, toko online sering mengadakan kuis atau bagi-bagi voucher diskon atau kode promosi pada waktu-waktu tertentu.

Jadi, kalau memiliki akun di sosial media tersebut, jangan lupa untuk “like” atau “follow” akun-akun toko online favorit. Langkah mudah ini teramat sayang jika dilewatkan begitu saja.

3. Selalu Bandingkan Harga

Pembeli yang cerdas selalu membandingkan harga sebelum membeli. Camkan!

Jangan terburu-buru memutuskan ketika ingin membeli barang di satu toko online. Cek dulu harga toko online ‘sebelah’. Siapa tahu Anda bisa menemukan barang yang sama dengan harga lebih murah.

Jika tak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi setiap toko online, kunjungi forum-forum besar seperti Kaskus atau Femaledaily. Anda bisa berbagi info dengan anggota forum lain seputar diskon dan promosi.

4. Cari Promo Gratis Ongkos Kirim

Salah satu penyebab belanja online bisa jadi lebih mahal adalah karena adanya ongkos kirim. Apalagi jika domisili Anda berada di pelosok daerah, jauh dari perkotaan.

Nah, agar bisa menghemat, carilah toko online dengan promo gratis ongkos kirim.

Namun, hati-hati dengan bentuk promo seperti ini. Biasanya untuk mendapatkan gratis ongkos kirim, ada ketentuan minimum pembelanjaan. Misalnya, belanja harus Rp 200 ribu baru bebas ongkir.

Jangan sampai demi mendapatkan gratis ongkos kirim, Anda jadi membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.

5. Jangan Lewatkan Promosi Kartu Kredit

Punya kartu kredit? Maksimalkan untuk mendapatkan promosi saat belanja online.

Situs-situs toko online sering sekali bekerja sama dengan bank untuk memberikan promo, misalnya bonus cashback, tambahan diskon sekian persen, atau cicilan 0%.

Karena itu, cari tahu promosi kartu kredit yang sedang berlaku sebelum bertransaksi. Dapatkan info promo dari berbagai bank di halaman promosi KreditGoGo.

Punya trik lain untuk berhemat saat belanja online? Bagikan di kolom komentar ya!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama