5 Trik Belanja Bulanan dengan Penghasilan Pas-Pasan

Berpenghasilan pas-pasan bukan berarti tidak bisa memenuhi kebutuhan belanja bulanan, lho. Dengan melakukan 5 trik berikut ini, maka kebutuhan bulanan Anda akan terpenuhi!

Bagi Anda yang terbiasa berbelanja bulanan dengan penghasilan pas-pasan, mungkin kerap mengeluhkan pengeluaran uang yang begitu banyak. Padahal, rasanya Anda hanya membeli kebutuhan pokok saja. Tapi, kenapa sisa uang di dompet tinggal sedikit?

Kalau Anda sering merasakan hal ini, kini sudah saatnya berhemat. Jika mengetahui trik belanja bulanan dengan hemat, tentu bukan hal sulit untuk dipraktikkan.

Nah, ingin tahu bagaimana caranya? Berikut kami hadirkan 5 trik hemat belanja bulanan, terutama bagi yang berpenghasilan pas-pasan.

Mengatur Intensitas Belanja

Berbelanja dengan nominal besar di awal bulan memang kerap dilakukan oleh banyak orang. Itu sah-sah saja, tapi ini juga sering membuat kantong terkuras di awal bulan. Apalagi bagi yang berpenghasilan pas-pasan. Belum sampai pertengahan bulan, uang sudah habis entah ke mana.

Salah satu cara agar tetap memiliki uang sisa di akhir bulan adalah dengan mengatur intensitas belanja. Cobalah berbelanja setiap 6 hari sekali. Bagi total dana belanja ke dalam kebutuhan per 6 hari itu.

Misalnya, jatah belanja bulanan Rp 800 ribu. Dengan begitu, setiap 1 minggu harus disisihkan Rp 130 ribu.

Hindari Minimarket di Akhir Bulan

Saat hendak pergi ke minimarket, Anda hanya bertujuan membeli minuman. Namun, akhirnya tergoda juga ingin membeli camilan dan pembersih muka varian baru. Tak jarang, barang-barang yang terpampang di rak minimarket menggoda iman. Padahal niat Anda adalah berhemat.

Nah, supaya godaan semacam ini tidak datang lagi, sebisa mungkin hindari mampir ke minimarket demi keamanan keuangan. Apalagi di akhir bulan. Kecuali kalau Anda memang benar-benar ingin membeli kebutuhan bersifat mendesak, misalnya kebutuhan pokok.

Hindari Belanja Menggunakan Kartu Debit

Berbelanja menggunakan kartu debit memunculkan rasa punya uang di pikiran. Karena tidak memegang uang kas, maka belanja menjadi lebih impulsif. Sebab, kegiatan ini membuat seseorang kehilangan kendali atas jumlah uang di rekening tabungan.

Nah, agar di akhir bulan tidak kehabisan uang, sebaiknya hindarilah kegiatan menggesek kartu debit. Akan lebih baik jika Anda selalu membawa uang kas dalam dompet. Batasi penggunaan kartu debit hanya kalau benar-benar perlu, meskipun tengah ada diskon belanja spesial.

Menyimpan Struk Belanja Bulanan

Menyimpan struk belanja? Untuk apa? Ya, meski terlihat sepele, namun mencatat baik-baik setiap struk pengeluaran dan struk belanja dapat mengatur keamanan keuangan, lho.

Cara sederhana ini membuat Anda benar-benar tahu berapa uang yang masih dipunya. Hal ini juga bisa membantu membandingkan pengeluaran tiap bulannya.

Jadi mulai sekarang, biasakanlah menyimpan struk belanja bulanan, lalu masukkan semua pengeluaran dalam catatan. Hal ini tak hanya berlaku untuk kegiatan belanja offline saja, akan tetapi juga berlaku bagi belanja online.

Membuat Daftar Belanja

Meski terlihat kuno, tetapi daftar belanja menjadi senjata ampuh untuk mengerem pengeluaran bulanan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Sehingga bisa lebih fokus membeli barang sesuai dengan kebutuhan dan daftar belanjaannya.

Keuntungan lainnya, daftar belanja akan membuat Anda lebih disiplin membeli barang sesuai rencana. Kalaupun keluar dari rencana belanja, tidak terlalu jauh dari daftar belanja yang telah ditulis sebelumnya.

Buatlah daftar barang paling penting atau primer, lalu kebutuhan sekunder. Sebelum berangkat belanja bulanan, cek terlebih dahulu semua item yang dibutuhkan. Apa yang bisa dibeli nanti, apa yang harus segera dibeli. Ingat, belilah barang yang hanya tertulis di daftar belanja saja.

Awalnya, mungkin akan sulit membiasakan diri berbelanja bulanan sesuai daftar belanja. Namun jika terbiasa, akan membuat Anda lebih kreatif dan teratur.

Itulah 5 trik belanja bulanan hemat bagi yang berpenghasilan pas-pasan. Semoga bisa membantu Anda dalam mengelola belanja bulanan. Atau Anda punya trik lain dalam menghemat belanja bulanan? Yuk, share di sini.

Baca juga: 6 Tips Hemat Berbelanja Pakaian

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama