5 Sumber Pemborosan yang Jarang Disadari

Kebiasaan hidup boros akan membuat Anda terjebak utang. Banyak hal yang tanpa disadari menjadi sumber pemborosan keuangan. Apa sajakah itu? berikut ini penjelasannya.

no money in pocket

Pemborosan merupakan salah satu faktor penyebab Anda terlilit utang yang banyak. Pemborosan dapat mengakibatkan Anda sulut untuk meraih kesuksesan finansial. Tidak hanya itu saja yang terburuk adalah tidak bisa pensiun di hari tua karena tidak punya tabungan yang cukup sehingga harus bekerja seumur hidup.

Kebiasaan boros memang sangat sulit dihindari walaupun tidak ada orang yang ingin boros. Sebisa mungkin bila Anda mengetahui ada perilaku yang ternyata memboroskan uang, sebisa mungkin akan menghindari perilaku tersebut.

Namun pada kenyataannya banyak perilaku hidup boros yangbersumber dari banyak hal tanpa disadari Anda melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Agar kita tidak terjebak dalam perilaku boros tanpa sadar, coba simak 5 sumber pemborosan yang berikut ini:

1. Membeli Barang Sekali Pakai

woman shopaholic

Demi alasan “praktis, instan dan nggak mau repot”, tak sedikit yang memilih membeli barang-barang sekali pakai. Ataupun untuk acara tertentu yang harus Anda ikuti membuat Anda mengeluarkan pengeluaran tak terduga. Misalnya, Anda ingin datang ke pesta pernikahan akan tetapi Anda tidak mempunyai gaun yang sesuai.

Atau Anda memaksakan diri membeli celana baru yang akan dipakai saat ada acara olahraga dari kantor. Benda-benda tersebut akhirnya hanya akan berakhir sebagai penghuni lemari Anda. Untuk mensiasati hal tersebut Anda bisa memanfaatkan baju-baju yang tidak terpakai untuk dipadukan dengan baju lainnya. Coba untuk kreatif.

2. Pembelanjaan Implusif

Tergoda dengan diskon merupakan cara paling mudah untuk menyebabkan Anda belanja tanpa piker panjang. Diskon dan promosi kartu kredit sering menjadi titik lemah banyak orang saat berbelanja. Promosi beli satu dapat satu, potongan harga dengan jumlah pembelian tertentu, atau hadiah spesial dengan pembelanjaan khusus menjadi penawaran yang sulit ditolak.

Untuk menghentikannya maka pikirkan kembali apa sebenarnya kebutuhan Anda. Tidak ada salahnya memanfaatkan diskon untuk barang yang benar-benar dibutuhkan. Jika Anda berlangganan email promosi diskon dari situs belanja online maka hindarilah.

3. Pembayaran Tagihan Minimum

bill payment credit card

Pada tagihan kartu kredit biasanya ada minimum pembayaran pada setiap tagihan yang dikenakan. Bagi Anda pengguna kartu kredit sebaiknya jangan dibiasakan untuk membayar tagihan dalam jumlah minimum.

Hal tersebut akan menyebabkan tunggakan biaya bunga yang tinggi. Akibatnya adalah tagihan kartu kredit Anda membengkak. Gunakanlah kartu kredit dengan bijak dan tepat agar Anda bisa tetap berhemat dan selalu lakukan pembayaran penuh.

4. Menggunakan Kendaraan Untuk Jarak Dekat

Kebiasaan menggunakan kendaraan kadang kala membuat orang malas untuk berjalan kaki padahal lokasinya dekat. Pergi ke toko atau minimarket yang jaraknya hanya beberapa blok dari rumah terkadang mesti menggunakan kendaraan.

Hal ini yang menyebabkan pemborosan tanpa disadari, Anda bisa naik sepeda dan berjalan kaki. Selain lebih sehat, Anda juga bisa menghemat dari biaya kendaraan umum ataupun biaya bensin. Dan usahakan agar seluruh urusanmu beres dalam sekali jalan agar tidak membuang waktu untuk bolak-balik.

5. Biaya ATM dan Transfer

atm transfer

Pernahkah Anda dihadapkan pada situasi tak ada ATM bank pilihan Anda dan terpaksa tarik tunai di ATM bank lain? Sesekali memang tidak jadi masalah karena Anda sedang membutuhkannya, namun jangan Anda menjadikannya sebagai kebiasaan.

Jika Anda harus turun beberapa lantai untuk ATM bank Anda sedang di depan Anda ada ATM bank lain. Usahakan menarik uang tanpa biaya. Begitupula jika harus transfer uang untuk membayar belanja online. Usahakan menggunakan bank yang sama.

6. Terlalu Sering Makan Diluar

Kebiasaan makan diluar tanpa Anda sadari memberikan efek yang buruk pada keuangan Anda. Terlalu sering makan di luar rumah seperti restoran juga mudah membuat Anda terjebak dalam gaya hidup boros. Ketahui batasan makan di luar Anda sendiri, jangan sampai melebihi jatah bulanan. Cobalah sesekali bawa makanan ringan yang Anda buat sendiri.

Baca juga: 5 Pengeluaran Bulanan Sia-Sia yang Tidak Anda Sadari

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama