5 Pengeluaran Bulanan Sia-Sia yang Tidak Anda Sadari

Banyak Masyarakat yang tidak sadar telah melakukan pembelian yang sia-sia setiap bulannya. Hindarilah kelima hal beikut ini agar keuangan Anda lebih sehat.

money coin

Setiap orang dalam satu bulan pasti mengeluarkan banyak biaya untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan rumah tangga, transportasi, cicilan mobil dan lain sebagainya. Terlebih lagi bagi Anda yang sudah berumah tangga kebutuhan pasti akan lebih banyak dan biaya hidup pun lebih besar.

Banyak orang yang ketika berbelanja tidak memperhatikan apa saja yang mereka beli. Membeli barang bukan berdasarkan kebutuhan melainkan hanya keinginan semata. Terkadang inilah pemicu utama dari pemborosan keuangan.

Belum lagi saat ini transaksi semakin mudah, membeli barang apapun hanya dengan menggesek kartu kredit atau kartu tabungan. Ini yang sering kali membuat Anda tidak sadar bahwa telah melakukan pembelian yang sia-sia. Dan anehnya Anda tidak menyadari hal tersebut.

Nah pengeluaran seperti apa saja yang dianggap sia-sia tetapi Anda tidak menyadarinya. Berikut ini adalah lima jenis pengeluaran sia-sia yang dilakukan setiap bulan tanpa Anda sadari.

1. Pembayaran Kartu Kredit

bayar tagihan online

Bagi Anda pemilik kartu kredit perhatikan dengan seksama pembayaran kartu kredit Anda. Dalam tagihan kartu kredit Bank penerbit kartu kredit biasanya memberikan jatuh tempo. Jika melewati jatuh tempo tersebut, maka Anda harus membayar biaya keterlambatan dan denda.

Biaya keterlambatan dan denda pada kartu kredit atau tagihan lainnya inilah yang membuat Anda melakukan pengeluaan yang sia-sia. Selain biaya keterlambatan kartu kredit penggunaan mobile banking pada atm juga merupakan pengeluaran yang sia-sia, sebab fasilitas ini menyedot pengeluaran biaya pulsa.

2. Membeli Produk Branded

shopping high end brand

Pengeluaran sia-sia berikutnya adalah membeli produk ternama. Bagi Anda pencinta produk ternama tanpa disadari Anda telah melakukan pengeluaran yang sia-sia. Memang diakui setiap orang yang memakai produk-produk 'branded' memiliki kepuasan sendiri.

Seperti membeli tas Hermes dengan harga Rp300 juta, itu merupakan pengeluaran yang sangat sia-sia. Dengan nominal uang segitu Anda bisa melakukan banyak hal untuk berinvestasi. Sedangkan fungsi tas hanya untuk membawa peralatan sehari-hari.

Untuk barang-barang seperti tas, sepatu atau jam Anda tidak harus selalu menggunakan produk ternama asalkan, esensi produk tersebut sama dan harganya jauh lebih murah sebaiknya prioritaskan produk itu terlebih dahulu.

3. Bermain Mesin Permainan

casino gambling machine

Pernahkah Anda mengunjungi arena bermain dengan banyak mesin permainan? Jika hanya sekali-sekali itu tidak masalah tetapi jika Anda harus sering kesana itu akan menambah pengeluaran Anda. Mesin-mesin permainan seperti pinball, jukebox, dan video game lainnya harus mengeluarkan uang untuk membeli koin jika Anda ingin memainkannya.

Memang tampaknya tidak berbahaya dari sudut pandang keuangan. Namun,yang menjadi berbahaya adalah jika hal itu akan menjadi kebiasaan setiap harinya. Banyak orang yang bermain mesin ini akan ketagihan, lalu banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli koinnya, jelas ini adalah pengeluaran yang sia-sia.

4. Terlalu Sering Makan di Restoran

dinner at restaurant

Apabila Anda tergolong orang yang malas makan dirumah sebaiknya hindari terlalu sering makan di restoran. Biasakanlah untuk makan atau masak sendiri di rumah sebab jika Anda terlalu sering makan di restoran akan menjadi pengeluaran yang sia-sia.

Sesekali memang boleh makan di luar rumah, tapi tidak untuk setiap waktu. Anda kan lebih berhemat jika makan masakan orang tua atau pasangan di rumah. Makanan buatan sendiri lebih bergizi ketimbang membeli makan di restoran.

5. Pemakaian Paket Data Smartphone

quota internet smartphone

Berapa rata-rata pengeluaran paket data telepon Anda? Mungkin bisa mencapai Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per bulan. Hal ini jadi pengeluaran sia-sia. Anda bisa menyiasatinya dengan memanfaatkan fasilitas internet dikantor misalnya. Dengan begitu biaya pulsa setiap bulan tidak tinggi

Jadi periksa kembali pengeluaran Anda bulan ini apakah pegeluaran di atas masih sering Anda lakukan tanpa sengaja? Jika ya Anda bisa memperbaikinya agar uang yang keluar tidak percuma untuk hal yang tidak ada manfaatnya.

Baca juga: Berbelanja Bijak, Agar Kondisi Keuangan Sehat

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama