5 Pelajaran Keuangan dari Permainan Monopoly

Monopoly bukan hanya sekedar permaian masa kecil. Banyak nilai positif yang dapat Anda ambil khususnya dalam bidang keuangan. Berikut ini 5 hal yang bisa Anda pelajari.

belajar finansial dari main monopoly

Memahami konsep keuangan yang dilihat sulit menjadi lebih mudah dengan permainan. Salah satu yang bisa Anda manfaatkan adalah permaian Monopoly. Melalui permainan Monopoly, belajar konsep uang yang sulit bisa menjadi lebih nyata.

Permainan yang terdiri dari melempar dadu, membeli rumah, atau membangun hotel ini tak hanya bisa memberikan hiburan untuk Anda, tetapi juga pelajaran keuangan. Dalam permainan Monopoly Anda harus memiliki strategi untuk mendapatkan banyak uang dan mengelolanya sehingga menghasilkan.

Berikut ini adalah beberapa pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari permainan Monopoly mengenai keuangan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengatur Uang dengan Bijak

bijak atur keuangan

Monopoly tak bisa dimenangkan jika Anda tidak memiliki aset. Anda harus berani mengambil risiko untuk mengeluarkan uang untuk membeli dan mengembangkan aset. Tetapi juga harus mengetahui kemampuan keuangan Anda.

Dalam permainan Monopoly, biasanya pemain akan terpacu untuk membeli properti sebanyak-banyaknya tanpa melihat sisa uangnya dengan harapan dapat untung besar. Tetapi jika masuk properti pemain lain dan Anda harus membayarnya, sisa uang tidak mencukupi maka otomatis kamu jadi berutang.

Disinilah Anda bisa belajar cara mengatur pengeluaran supaya tidak berutang. Anda harus bisa membagi keuangan dengan bijak. berapa banyak yang harus diinvestasikan dan berapa banyak yang harus disimpan. Pelajaran ini juga bisa diterapkan di dunia nyata.

Di dunia nyata, Anda harus pandai membagi uang untuk investasi, dana darurat, hingga dana yang lainnya. Anda juga harus memiliki tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dan tidak menghabiskan semua uang untuk membeli aset atau kebutuhan.

2. Hindari Utang

bijak dalam berutang

Dalam permainan monopoli Anda diperbolehkan meminjam uang pada bank atau berutang pada musuh Anda. Meski awalnya ini bisa memudahkan Anda membeli tanah, rumah, atau bahkan membangun hotel, namun pada akhirnya terlalu banyak utang akan menyulitkan diri Anda sendiri.

Jika terlalu banyak utang dari aset yang dimiliki anda tak bisa memenangkan permainan ini. Begitu juga di dunia nyata. Banyak berutang akan membuat Anda kesulitan secara finansial. Sebaiknya hindari berutang, baik ketika bermain maupun di dunia nyata.

3. Jangan Tergantung dengan Keberuntungan

seimbang atur pengeluaran dan pemasukan

Sebuah keberuntungan juga memiliki peran dalam kesuksesan finansial. Dalam permaian Monopoly, dadu yang akan menentukan langkah Anda. Jika dapat angka bagus, maka keberuntungan menghampiri Anda sebab keinginan bisa terwujud.

Namun jika angka jelek bisa saja Anda masuk dalam penjara dan harus membayar denda, ataupun singgah di rumah dan aset pemain lainnya sehingga harus membayar sewa. Jadi banyak hal yang tidak terduga dengan hasil kocokan dadu, untuk itu Anda harus siap dengan segala kemungkinan.

Ini sama halnya di dunia nyata, bencana ataupun masalah finansial bisa terjadi kapan saja, jadi siapkan dirimu dengan dana darurat dan asuransi, karena keberuntungan bukan hal yang bisa ditakar.

4. Menetapkan Tujuan Finansial

rencanakan finansial bulanan

Seperti permainan lainnya, monopoli memiliki tujuan yang jelas. Bagi kebanyakan orang, tujuannya bisa membuat pemain lain bangkrut, memiliki banyak aset atau memenangkan permainan. Setelah menentukan tujuan, baru Anda bisa membuat rencana untuk menjalankannya.

Seperti halnya hidup, Anda juga harus mengetahui rencana keuangan Anda di masa depan. Jika tak memiliki rencana jangka panjang, kemungkinan Anda akan kesusahan mengatur keuangan di waktu mendatang dan terjebak pada kesalahan finansial yang merugikan.

5. Menciptakan Pasif Income

cari pemasukan tambahan

Dalam permainan Monopoly Anda dapat mendapatkan kekayaan lewat membeli rumah dan hotel dan mengenakan biaya sewa kepada pemain lain yang berhenti di rumah atau hotel Anda berada. Itulah yang dinamakan pemasukan pasif, mengumpulkan uang sewa dari pemain lain.

Di monopoli melakukan hal tersebut tidaklah sulit, Anda hanya perlu membeli sejumlah aset dan kemudian disewakan. Tetapi yang bisa Anda ambil untuk kehidupan nyata adalah aplikasi dalam mendapatkan pemasukan pasif melalui sebuah properti.

Sektor perumahan merupakan salah satu kendaraan untuk menciptakan passive income. Jadi Anda bisa mamilih propeti untuk mendapatkan pemasukan pasif dan perlu diingat jiak property nilainya pun terus bertambah jadi akan sangat menguntungkan.

Bagaimana, apakah Anda ingin bermain Monopoly dan mempelajari nilai-nilai diatas untuk diaplikasikan di dunia nyata? Nah, silahkan mencoba.

Baca juga: 5 Game yang Mengajarkan Tentang Keuangan

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama