5 Keuntungan Memiliki Financial Planner

Mengelola keuangan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karenanya, financial planner hadir memberikan solusi keuangan. Apa saja keuntungan menggunakan jasa mereka?

Perencanaan keuangan menjadi salah satu hal penting. Karena setiap orang memiliki penghasilan terbatas, sedangkan potensi pengeluaran hampir tidak terbatas.

Nah, memiliki perencanaan keuangan adalah cara terbaik untuk memberikan panduan lengkap dalam membangun kondisi keuangan yang kuat dan terencana. Untuk mewujudkannya, Anda harus bisa mencermati apakah kondisi keuangan sudah ideal atau belum.

Namun dalam praktiknya, perencanaan keuangan tidaklah sesederhana yang dipikirkan atau ditulis. Tulisan mengenai perencanaan keuangan terkadang baru sebagian kecil dari banyak hal yang harus direncanakan

Misalnya, perencanaan sekolah anak, pensiun, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dana darurat, memiliki hunian, investasi, warisan, dan masih banyak lagi.

Ketika perencanaan keuangan telah berkembang menjadi sesuatu yang tak lagi sederhana dan mudah, maka seorang financial planner hadir sebagai solusinya.

Financial planner atau perencana keuangan adalah profesional yang membantu Anda dalam merencanakan keuangan pribadi, memberikan solusi perencanaan, pemilihan pengelolaan keuangan, kekayaan atau investasi.

Sehingga kebutuhan serta tujuan keuangan Anda untuk jangka pendek, menengah, dan panjang dapat tercapai.

Siapa Sajakah yang Membutuhkan Financial Planner?

Lantas, siapa sajakah yang membutuhkan jasa financial planner? Adalah semua orang yang membutuhkan bantuan dan layanan dalam mengatur dan merencanakan keuangan mereka, agar tercapai berbagai tujuan masa depan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa keluarga atau individu menyerahkan perencanaan keuangan kepada jasa financial planner.

  • Masalah keterbatasan waktu.
  • Mengatur keuangan dengan bijak serta tepat bukan hal mudah.
  • Banyaknya produk investasi di Indonesia.
  • Adanya keinginan untuk mendapatkan masa depan aman dan terjamin.

Inilah 5 Keuntungan Memiliki Financial Planner

Dengan menggunakan jasa financial planner, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan sebagai berikut.

1. Membantu Menetapkan Tujuan

Financial planner membantu menetapkan tujuan yang sesuai, terukur, realistis, serta dapat dikelola. Ada kalanya Anda akan mengubah cara dan tujuan, setelah mengetahui cara kerjanya. Financial planner membantu meraih tujuan secara terukur, masuk akal, serta cara yang tepat.

2. Sebagai Panduan atau Pegangan

Untuk mencapai tujuan, Anda tentu memerlukan panduan atau pegangan. Di sinilah peran financial planner. Setelah berdiskusi, akan didapati ke mana sajakah alokasi aset harus diarahkan, toleransi risiko atau kemampuan Anda menanggung risiko untuk tiap tujuan, serta likuiditas investasi.

3. Sikap Terhadap Kondisi Pasar

Dengan financial planner, Anda akan dibantu untuk memonitor agar komposisi aset atau investasi tetap dijalur yang tepat. Lantas, apa bagaimana jika target tak tercapai atau capaian malah melebihi target?

Market timing memang sangat sulit. Namun setidaknya, Anda sudah harus mengantongi sikap-sikap jika kondisi tertentu terjadi.

Sikap-sikap apa yang perlu diambil saat krisis terjadi, atau saat melesatnya pertumbuhan ekonomi? Bersikap pasif mungkin baik daripada tidak menimbun, tapi bersikap saat perubahan terjadi biasanya lebih baik.

4. Manajemen Perilaku

Perilaku seperti senang belanja atau mengeluarkan uang, sulit menyimpan atau berinvestasi, dan ingin hasil besar dengan sekejap, mungkin menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Hal ini bisa saja menghambat kemajuan dan menghalangi kesuksesan.

Financial planner akan mendampingi untuk pelan-pelan mengimbangi perilaku ini, yang bisa membantu seseorang meraih kemajuan dan kesuksesan.

5. Perencanaan Keuangan Secara Matang

Walaupun Anda telah mengatur dan berinvestasi dengan baik, tetapi belum tentu semua tujuan terorganisir, terencana, serta (berpeluang) tercapai.

Di sinilah tugas financial planner untuk mengatur lebih dalam, mulai dari budgeting atau membantu menata pendapatan dan pengeluaran, sehingga menghasilkan arus kas optimal.

Selain itu, financial planner juga membantu menentukan tujuan lebih terukur serta dapat diraih, mengukur kebutuhan asuransi yang pas, merencanakan pemenuhan gaya hidup, pensiun, warisan dan lain sebagainya.

Itulah 5 keuntungan apabila menggunakan jasa financial planner. Apakah Anda tertarik memakai jasa perencana keuangan atau lebih senang mengelola keuangan sendiri? Semua pilihan ada di tangan Anda.

Baca juga: Apakah Seseorang Perlu Memiliki Financial Planner?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama