5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Dompet Hilang

Kehilangan dompet bukan hanya perkara uang tetapi dokumen dan surat lainnya juga menjadi masalah besar untuk Anda. Jika itu terjadi lakukanlah lima hal berikut ini.

Kartu Kredit Proteksi

Pasti diantara Anda pernah mengalami kehilangan dompet, entah karena hilang, dicopet ataupun tertinggal disuatu tempat. Ketika hal tersebut terjadi kebanyakan dari Anda kemudian akan merasa panik dan bingung harus berbuat apa

Padahal pada detik-detik awal kehilangan dompet itulah yang akan menentukan seberapa besar kerugian finansial yang dapat terjadi pada Anda. Semakin Anda bisa berfikir jernih pada waktu awal kehilangan dompet maka akan semangkin aman posisi keuangan Anda.

Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika mendapati dompet Anda hilang? Mari kita bahas lima hal yang harus dilakukan ketika hal tersebut terjadi berikut ini ulasannya:

1. Mengingat Kembali

Lapor Kartu Kredit Hilang

Setelah Anda sadar jika dompet hilang usahakan jangan panik dan tetap fokus. Gunakanlah detik-detik awal ini untuk mengingat kembali terakhir Anda memegang dompet atau meletakannya disebuah tempat.

Cobalah untuk tenang sejenak dengan cara menarik nafas dalam dan menenangkan diri. Lalu ingat dan telusuri kembali aktivitas dan tempat yang dikunjungi sesaat sebelum Anda menyadari dompet sudah hilang.

2. Menghubungi Bank Anda

Call center bank

Sambil mencoba mengingat-ingat Anda bisa mulai menghubungi bank untuk mengurus kartu debit. Itu dilakukan apabila Anda menyimpan kartu ATM di dalam dompet. Kartu debit adalah kartu penting yang harus Anda urus secara cepat.

Mengapa begitu? Karena meskipun kartu debit dilengkapi dengan nomor pin, orang bisa saja mencoba menebak pin Anda. Apalagi jika Anda menggunakan nomor pin dengan tanggal ulang tahun. Maka dengan mudah pencuri atau orang yang menemukan menguras isi rekening Anda.

Anda menghubungi bank untuk melaporkan bahwa dompet dan kartu Anda hilang. Dengan menghubungi bank maka setidaknya bank akan melakukan sesuatu terhadap rekening tersebut misalnya diblokir sementara. Sehingga tidak ada orang yang bisa mengakses rekening anda, kecuali diri Anda sendiri.

3. Menghubungi Penerbit Kartu Kredit

Setelah beres dengan urusan bank, langkah selanjutnya adalah menghubungi penerbit kartu kredit. Kemudian mintalah kepada bank penerbit kartu untuk memblokir transaksi kartu kredit yang bukan dilakukan oleh Anda.

Langkah ini dilakukan untuk mencegah orang menggunakan kartu kredit Anda. Di Indonesia kartu kredit lebih mudah untuk dibobol dibandingkan kartu debit. Sebab merchant di Indonesia belum semua menjalankan kedisiplinan untuk mencocokan tanda tangan di kartu dan slip kartu, atau dengan KTP.

Pembobol kartu kredit biasanya akan segera membelanjakan kartu Anda di tempat-tempat yang menjual barang kecil tapi dengan harga yang tinggi. Misalnya seperti toko penjual HP atau bahkan toko penjual perhiasan dan emas batangan.

4. Laporkan Kepada Pihak Berwajib

Polisi

Setelah tiga langkah diatas kemudian Anda bisa melaporkan kehilangan ke pihak berwenang. Anda bisa melapor ke kantor keamanan setempat dimana lokasi dompet Anda hilang untuk membantu menemukan dompet tersebut ataupun meningkatkan ketertiban dan keamanan di sana.

Selain itu Anda juga harus membuat laporan kehilangan di kantor kepolisian untuk keperluan mengurus surat dan dokumen yang hilang bersama dengan dompet tersebut. Nantinya Anda akan mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian, berkas ini akan dibutuhkan jika nanti Anda mengurus KTP, ATM, NPWP, SIM, ataupun STNK.

5. Segera Urus Surat-Surat

Pengurusan surat dokumen pribadi

Jika dalam selang waktu beberapa hari dompet Anda tidak kunjung ditemukan maka yang harus dilakukan adalah mengurus surat-surat seperti KTP, Kartu ATM, NPWP, SIM dan STNK. Dokumen yang pertama harus di urus adalah KTP, karena KTP nanti digunakan untuk mengambil surat dan kartu-kartu yang lain.

Mengurus KTP langkah pertama adalah dengan mendatangi Kelurahan untuk meminta surat pergantian kemudian Anda mengurus KTP baru di kecamatan dengan berbekal surat pergantian dari Kelurahan dan surat kehilangan dari Kepolisian.Setelah KTP baru di dapat Anda bisa melanjutkan mengurus surat lainnya.

Itulah lima hal yang harus dilakukan ketika kehilangan dompet, jika hal tersebut terjadi pada Anda, jangan panik dan cobalah melakukan kelima hal diatas, semoga itu bisa membantu Anda.

Baca juga: STNK Hilang? Inilah Biaya dan Cara Mengurusnya

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama