5 Game yang Mengajarkan Tentang Keuangan

Belajar itu bisa dari mana saja, dan dengan cara apaun juga. Anda ternyata bisa belajar tentang keuangan dari sebuah permainan sederhana loh!

Game Online

Materi tentang keuangan seperti kredit, investasi dan lainnya memang sangat membosankan. Tetapi belajar mengenai informasi berharga tersebut dapat membantu orang untuk membuat sebuah keputusan keuangan yang bijaksana.

Tahukah Anda ada beberapa permainan yang dapat mengajarkan Anda tentang ilmu keuangan. Pelajaran itu disamarkan sebagai sebuah permainan dan itu dapat membuat pelajaran tentang keuangan menjadi mudah dan bahkan menyenangkan.

Game seperti apakah itu? Berikut adalah beberapa permainan yang dapat mengajarkan Anda tentang keuangan.

1. Monopoli

Monopoli, Get Rich

Salah satu permainan yang paling dicintai semua orang dari berbagai usia. Monopoli tersedia di banyak negara dengan berbagai versi dan bahasa. Permainan monopoli pertama kali muncul di awal tahun 1930-an, dan berkembang sampai sekarang.

Metode permainan ini sendiri bergerak di atas papan, pemain harus bersaing dalam mengumpulkan uang tunai, pemain bergerak ditentukan dengan kocokan dadu serta kartu. Pemain bisa membeli properti, hipotek dan mengumpulkan uang sewa dari aset yang dimiliki.

Pemenangnya adalah pemain dengan kekayaan bersih tertinggi ditentukan oleh properti dan uang tunai yang dimiliki. Permaianan ini mengajarkan Anda untuk mengelola keuangan dan dampak dari pilihan-pilihan dan situasi keuangan.

Contohnya seperti berinvestasi, menghadapi pukulan keuangan, pajak, keadaan darurat, menyeimbangkan arus kas, mendapat penghasilan dan keterampilan matematika keuangan dasar.

2. The Game Of Life

The Game Of Life

Permaianan ini pun memiliki metode yang sama dengan monopoli. Awalnya dibuat lebih dari 150 tahun yang lalu. Anda memenangkan permainan dengan mengumpulkan nilai bersih paling besar dengan pilihan jalan dan simulasi kehidupan nyata seperti ukuran keluarga dan karir.

The Game of Life adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan kepada anak-anak tentang kompleksitas sebuah keputusan dan situasi keuangan yang akan mereka temukan dalam kehidupan nyata seperti:

1. Pengaruh pilihan pendidikan dan karir terhadap pendapatan

2. Biaya bunga majemuk dan pinjaman pembayaran

3. Efek dari kehilangan pekerjaan, memiliki anak, dan mendapatkan gugatan

4. Dampak dari pajak, utang, dan pemborosan pada kekayaan bersih

5. Pentingnya investasi awal

3. Hay Day

Hay Day

Jika Anda ingin menjadi sebuah pengusaha sukses, dan jago dalam mengelola keuangan Anda bisa mencoba permaianan Hay Day. Ini adalah sebuah game tentang perkebunan dan peternakan. 

Dimana dalam game tersebut kita dituntut untuk menstabilkan antara pendapatan dan pengeluaran. Serta menyediakan segala sesuatu permintaan para konsumen. Di dalam game ini Anda diharuskan mengembangkan sebuah perkebunan dan peternakan.

Dimulai dari menanam bibit tumbuhan, memelihara hewan ternak, memancing ikan, dan lain sebagainya. Semua kegiatan itu akan menghasilkan uang, dan kita bisa membeli aksesori apa saja yang akan membuat perkebunan kita semakin keren.

4. Cash flow

Cash flow

Cashflow merupakan sebuah permainan yang mengajarkan Anda untuk mengenal sekaligus mengasah kemampuan mengatur keuangan. Permainan ini diciptakan berdasarkan prinsip Teori Keuangan Cashflow Quadrant dari Robert T. Kiyosaki yaitu mengenai pembagian kategori hidup berdasarkan jumlah penghasilan.

Terdapat 1 buah papan permainan, 3 buah dadu, 6 buah tikus, 6 buah keju dan koin-koin cashflow berwarna-warni. Lembar kerja finansial juga disediakan di permainan ini sehingga Anda dapat mengelola arus kas secara efisien. Permainan ini dapat dimainkan oleh 6 orang sekaligus, sehingga Anda akan merasa lebih menyenangkan bermain dan belajar bersama teman-teman Anda.

5. Football Manager

. Football Manager

Semua kaum pria sering memainkan ini. Football Manager menawarkan sebuah kemewahan untuk menjadi seorang manajer atau pelatih kepala di sebuah klub. Ternyata dari permaian ini ada banyak yang bisa kita pelajari tidak hanya mengenai permainan sepakbola.

Dalam permaianan ini kita harus mengurus sebuah klub bola. Bila kita terlalu boros belanja pemain atau memberikan gaji yang tinggi kepada pemain, tunggu saja kebangkrutan tim. Anda akan berlatih kemampuan mengelola keuangan, bernegosiasi dan managemen keuangan.

Jadi untuk belajar keuangan tidak perlu membaca buku yang tebal dan belajar berhitung yang rumit, mulailah belajar dari hal sederhana seperti bermain game.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama