5 Cara Cari Uang Tambahan dengan Cara Sederhana

Gaji bulanan sering tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dalam sebulan. Mencari pekerjaan sampingan adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan uang Tambahan.

Kebanyakan orang merasa gaji bulanan yang di dapat tidak pernah mencukupi segala kebutuhan selama satu bulan. Apalagi jika harga-harga bahan pokok mengalami kenaikan, otomatis pengeluaran Anda semakin bertambah. Sedangkan gaji Anda tidak bertambah naik.

Terdapat berbagai cara untuk mengatasi kondisi keuangan tersebut misalnya saja Anda melakukan penghematan ataupun mencari penghasilan tambahan. Anda bisa memanfaatkan cara-cara serdehana lho untuk memperoleh penghasilan tambahan

Berikut ini kami akan berikan lima contoh cara mencari uang tambahan dengan metode sederhana:

1. Freelance

Anda salah seorang yang memiliki keahlian dalam bidang-bidang seperti menulis, redaktur, pengoreksi-cetak, pengindeksan, penyalin tulisan, programer komputer, desain grafis, konsultan dan penerjemah, Anda dapat mencoba menjadi seorang pekerja lepas alias freelance.

Manfaatkanlah keahlian Anda semaksimal mungkin, saat ini sudah banyak situs yang menawarkan jasa pekerja lepas. Tawaran untuk bidang tersebut sangat mudah didapat di internet. Yang perlu Anda perhatikan adalah manajemen waktu, jangan sampai profesi sampingan tersebut tumpang tindih dengan pekerjaan yang sesungguhnya.

2. Menjual barang bekas

Cara ini adalah cara yang paling mudah, Anda hanya memanfaatkan barang-barang bekas di sekitas rumah Anda. Sekarang ini situs jual beli online sudah banyak ditemukan, terlebih lagi peregistrasiannya pun juga sangat mudah.

Barang bekas yang masih layak pakai bisa Anda jadikan sarana untuk menambah penghasilan. Selain santai, bisnis ini bisa membuat Anda menjaga kebersihan lingkungan dan rumah Anda. Barang-barang bekas yang hanya dibiarkan tanpa digunakan hanya akan mencemari lingkungan nantinya.

Nah bagaimanakah cara menjualnya? Anda bisa menggunakan situs jual beli online untuk mempercepat pembelian. Jangan lupa untuk mencari situs yang gratis saja. Ya, dengan cara ini Anda tidak perlu susah payah keluar rumah mencari tambahan uang.

3. Guru Les Private

Kalau yang ini sambil menyebar ilmu mendapatkan manfaat juga. Anda yang memiliki keahlian mengajar seperti kesenian ataupun ilmu pengetahuan dapat memberikan les private kepada beberapa anak mungkin yang ada di lingkungan rumah.

Untuk menarik murid yang lebih banyak, Anda bisa mengiklankannya disekolah, kampus dan tempat yang bisa menarik orang untuk les dengan Anda. Anda juga bisa menentukan grade sendiri, mulai dari SD-SMA.

Selain itu Anda juga bisa memilih mata pelajaran apa yang akan diajarkan, sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Syaratnya pun mudah yaitu sabar dalam mengajari anak-anak. Uang yang didapat pun lumayan, sekali pertemuan Anda dapat komisi sampai Rp 50ribu untuk satu orang.

Jika muridnya banyak maka banyak pula pemasukan tambahan yang didapat. Perkejaan ini tidak akan membuat Anda lelah karena hanya dalam jangka waktu satu jam saja untuk Anda mengajar les.

4. Jualan Online

Perkembangan dunia internet semakin memudahkan masyarakat. Saat ini pun sudah banyak media yang dapat diandalkan sebagai media penjualan. Salah satu contohnya adalah media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Nah! Jika Anda gemar berselancar di social media dan ahli dalam mengumpulkan follower, Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk mencari uang tambahan. Jika Anda bingung harus menjual apa cobalah untuk mereseller produk orang lain ataupun menjual hasil karyamu yang berkualitas.

5. Menyewakan Kamar atau Kos-Kosan

Nah ini adalah bisnis yang sangat mudah, jika Anda memiliki ruang kosong yang nganggur dirumah bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis kos-kosan. Selain tidak membuat ruang di rumah kosong, Anda juaga bisa mendapatkan pemasukan tambahan.

Keuntungan yang didapat pun tidak sedikit, apalagi jika lokasi rumah Anda merupakan lokasi yang strategis. Cara ini pun bisa dijadikan sebagai investasi, Anda bisa mengembangkannya dengan membangun beberapa kamar kos lagi nantinya.

Nah, itulah lima contoh cara untuk Anda mendapatkan pemasukan tambahan. Jadi pemasukan perbulannya tidak hanya dari gaji semata. Masih banyak cara lainnya cobalah untuk berfikir kreatif untuk mengembangkan diri Anda.

Baca juga: Penghasilan Tambahan dari Kuis Hunter

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama