4 Cara Belanja Hemat saat Ramadan

Memasuki Ramadan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Namun Anda tidak perlu takut ada banyak cara untuk mensiasatinya.

Kenaikan harga makanan ini merupakan hal lazim ketika Ramadan dan Idul Fitri. Harga yang awalnya bersahabat dengan kantong konsumen langsung melejit dan membuat Anda harus mempersiapkan pengeluaran ekstra atau mensiasati bahan makanan agar kebutuhan tidak membengkak. Bagaimana agar pengeluaran Anda tidak membengkak saat puasa?

Sudah menjadi hukum pasar jika harga naik karena kebutuhan meningkat, sementara stok barang tak mencukupi. Kenaikan harga bahan pokok pun berbeda-beda di tiap wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik Sasmito Hadi Wibowo mengatakan ada sejumlah komoditas mulai menunjukkan gejala kenaikan harga. Di antaranya minyak goreng, gula pasir, ayam, daging, gula pasir, bawang merah, dan lainnya.

Data dari yang dihimpun, harga daging sapiberkisar di harga Rp90.000 hingga Rp140.00 per kilogramnya, bawang merah Rp27.500 - Rp60.000 per kilogram, gula pasir Rp14.000 - Rp18.000, daging ayam broiler Rp26.000-Rp40.000 per ekor, dan telur ayam Rp10.850 - Rp30.400 per kilogramnya.

Faktanya, tidak hanya kebutuhan bahan pokok saja yang mengalami kenaikan ketika Ramadan datang, hingga harga tiket pesawat sejak Mei lalu terus merangkak naik. Tarif angkutan udara, mengalami kenaikan 6,59%, ini diakibatkan permintaan tinggi jelang Hari Raya.Paling tidak tercatat kenaikan terlihat di 35 kota, dan tertinggi terjadi di Pontianak dan Singkawang.

Mensiasati Harga Naik

Tren kenaikan harga bahan pokok dan kebutuhan lainnya memang selalu terjadi ketika Ramadan tiba hingga menjelang hari raya. Namun bila Anda jeli, ada banyak cara untuk mensiasati pengeluaran agar tidak ikut meningkat.

1. Belanja Sesuai Kebutuhan

Diskon belanja supermarket

Pola konsumsi berlebihan akan membuat sejumlah harga kebutuhan pokok meningkat. Sehingga Anda harus pintar untuk mengatur kebutuhan selama sebulan. Anda bisa membuat perencanaan terlebih dahulu apa yang dibutuhkan.

Membuat daftar belanja dapat menghindari Anda dari pembelian yang tidak diperlukan. Hal ini dapat menghemat uang Anda selama Ramadan.

Anda juga bisa berbelanja bahan yang biasa dan banyak digunakan di rumah yang kira-kira tahan lama/awet seperti gula, tepung, beras, minyak, margarin, dan sirup. Ada baiknya, merencanakan waktu belanja misalnya sebelum bulan puasa dan cari penawaran diskon yang menguntungkan.

2. Penawaran Diskon Belanja di Supermarket

Diskon kartu kredit

Ketika berbelanja Anda harus pintar memilih supermarket yang menawarkan harga ekonomis. Sebisa mungkin pilih tempat berbelanja yang dapat menghemat hingga 25%. Selain itu, pilih tempat yang dekat rumah sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.

Anda perlu update informasi mengenai penawaran diskon yang berlaku di supermarket tersebut. Cek kartu kredit Anda, apakah bekerjasama dengan tempat berbelanja Anda. Biasanya kartu kredit yang bekerjasama dengan supermarket tertentu akan menawarkan diskon dan potongan harga lebih besar.

3. Kombinasikan Menu Makanan

Hemat menu makanan

Anda bisa mensiasati kebutuhan pokok yang naik dengan mengkombinasikan bahan masakan yang murahdengan yang sedikit mahal agar lebih hemat dalam berbelanja. Misalnya jika harga daging mahal dapat diganti dengan ayam, telur, dan ikan. Dikombinasikan saja dalam menu memasak dengan bahan makanan lainnya. Dengan variasi menu dapat menghindari rasa bosan pada makanan tertentu.

4. Lakukan Penghematan

Penghematan bulan Ramadan

Ini memang yang paling sulit dilakukan. Saat bulan Ramadan pola konsumsi Anda mengalami perubahan. Jika di hari biasa manjalani aktivitas makan tiga kali sehari maka di hari puasa menjadi dua kali sehari.

Meski terjadi pengurangan, biasanya masyarakat menambah porsi konsumsi ketika bulan Ramadan. Hal tersebut membuat pengeluaran bisa bertambah, karena lebih konsumtif.

Untuk itu dengan jumlah konsumsi yang berkurang menjadi dua kali Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan penghematan sehingga kenaikan harga barang pokok tidak akan begitu terasa.

Baca juga:

Menjelang Ramadhan Ayo Berhemat Pengeluaran dengan Kartu Kredit
4 Alasan Mengapa Belanja Bulanan Lebih Untung
Cara Belanja Hemat untuk Anda yang Bergaji 2 Juta

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama