10 Tips Keuangan Ala Warren Buffett

Bagaimana sang miliuner Warren Buffett mengelola keuangan? Apa yang membuatnya menjadi orang terkaya di dunia? Simak tips keuangan ala Warren Buffett.

Warren Buffett adalah seorang investor dan pengusaha asal Amerika Serikat. Ia merupakan orang terkaya nomor empat di dunia tahun 2014 versi majalah Forbes. Kini, kekayaannya terus meningkat hingga mencapai USD 70,2 miliar.Namun, miliuner yang membeli saham pertamanya saat berusia 11 tahun ini justru dikenal dengan kesederhanaannya.

Dilansir dari GoBankingRates.com, berikut adalah 10 tips keuangan ala Warren Buffett, khususnya bagi Anda yang berusia di bawah 40 tahun.

Menabung

Sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Menabung merupakan proses penuh perjuangan dan tidak pernah ada kata terlambat untuk memulainya. Lakukanlah secara rutin dan jadikan sebagai prioritas.

Hemat

Warren Buffett dikenal sangat hemat dan ia mendapatkan manfaatnya hingga hari ini. Menurutnya, belanja secara berlebihan, membeli barang yang tidak ada gunanya, hanya akan membuat Anda bangkrut. Mulai sekarang, cobalah untuk belanja cerdas dengan mencari promo, penawaran kupon, dan lain sebagainya.

Butuh Proses

Saat Anda memasuki usia 40 tahun, bukan berarti Anda harus memiliki kekayaan seperti rumah yang besar, tiga mobil mewah dan saldo tabungan miliaran rupiah. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat kestabilan ekonomi dengan tujuan jangka panjang dan pemahaman bahwa kekayaan membutuhkan waktu.

Belajar dari Kesalahan

Pengalaman adalah guru terbaik. Pada usia 40 tahun, Anda memiliki pengalaman hidup yang cukup untuk memahami kesalahan keuangan yang telah diambil. Apakah Anda terlalu boros, banyak utang atau terlalu mengandalkan kartu kredit? Sadarilah sedini mungkin supaya kebiasaan buruk tersebut tidak berujung hingga hari tua.

Batasi Utang

Kendalikan uang Anda secara cerdas dan disiplin. Bijaksanalah ketika ingin berutang dan membayar cicilan, supaya Anda berpeluang mendapat pinjaman dengan bunga rendah.

Berinvestasi

Orang yang tidak mengenal investasi mungkin akan berpikir bahwa pasar saham terlalu berisiko. Itu adalah mitos. Jika Anda ingin memperluas portofolio di luar tabungan dan rekening pensiun, mulailah untuk belajar berinvestasi.

Segera Bayar Utang

Warren Buffett pernah melayangkan surat kepada pemegang saham perusahaan miliknya, yakni Berkshire Hathaway. Surat tersebut berisikan, “Hal paling penting ketika Anda menemukan diri dalam lubang adalah berhenti menggali.”

Jika Anda berutang di usia 20-an dan 30-an, mulailah berkomitmen untuk menghapusnya ketika memasuki usia 40 tahun.

Jangan Membandingkan dengan Orang Lain 

Ketika orang lain terlihat memiliki kehidupan yang lebih baik dari Anda, janganlah rendah diri. Sikap itu hanya akan menyebabkan kerusakan pada pola pikir Anda. Berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. Dengan begitu, tujuan hidup Anda akan lebih mudah tercapai.

Money Can’t Buy Happiness

Warren Buffett memiliki kekayaan yang membuat hidupnya menyenangkan, tapi banyak pula kekayaan yang membuat dirinya tidak senang. Menurutnya, aset yang paling berharga adalah kesehatan dan teman. Anda tidak perlu menghabiskan seluruh hidup untuk khawatir tentang uang.

Yang Tahu Kondisi Keuangan adalah Diri Sendiri

Sebenarnya, para ahli keuangan tidak tahu kondisi keuangan Anda, kecuali diri Anda sendiri. Namun, Anda bisa menjadikan saran mereka sebagai motivasi untuk kehidupan yang lebih baik. Berhenti membandingkan prestasi keuangan Anda dengan orang lain, dan lakukan langkah terbaik untuk hidup Anda.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama