​8 Tips Cerdas Untuk Mengatur Gaji Bulanan Anda

Pernahkan tanggal gajian masih jauh tapi kondisi keuangan Anda sudah sekarat? Ikuti tips cerdas berikut, Anda akan mengatur keuangan Anda dengan baik.

Bulan lalu gaji saya naik, tapi kenapa sudah habis?! Apakah Anda sering merasa seperti itu? Jika ya, mungkin setiap tanggal gajian tiba, Anda langsung membeli barang-barang yang Anda inginkan, bukan yang Anda butuhkan, makan-makan di restoran mewah, dan travelling. Belum lagi banyak tagihan-tagihan yang harus dibayar tepat waktu, akibatnya di pertengahan bulan, uang di dompet sudah semakin tipis. Lalu bagaimana caranya agar tidak lebih besar pasak daripada tiang?

Berikut tips cerdas untuk mengatur gaji bulanan Anda.

Buat Budget Bulanan

Terlihat seperti perhitungan memang, tapi percaya atau tidak, hal ini bisa membantu Anda untuk mengontrol dan mengelola gaji Anda untuk 30 hari ke depan. Anggaplah gaji per bulan Anda Rp 5 juta.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buat budget yang sudah pasti terlebih dahulu, seperti tagihan listrik Rp 183 ribu, tagihan air Rp 90 ribu, tagihan internet dan Televisi Rp 165 ribu, belanja bahan dapur Rp 1 juta, transportasi Rp 300 ribu, dan sebagainya, segala pengeluaran yang pasti dalam setiap bulannya.

Kedua, buat budget untuk kebutuhan tersier, seperti liburan dan shopping Rp 500 ribu, dana darurat Rp 500 ribu, dan lain-lain.

Berarti anggaran wajib per bulan Anda adalah kurang lebih Rp 2,8 juta. Masih tersisa Rp 3,8 juta.

Lunasi Hutang Dan Cicilan

Segera lunasi segala tagihan dan cicilan yang belum dibayar setelah menerima gaji. Ini dapat membantu perhitungan anggaran jangka panjang Anda. Jika Anda tidak dapat melunasi hutang dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran lagi hingga hutang tersebut lunas. Jangan sampai pendapatan Anda habis hanya untuk membayar cicilan barang. It can be a nightmare!

Catat Setiap Dana Yang Anda Pakai

Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan ini, cukup luangkan waktu Anda sekitar 15 menit sehari di malam hari untuk mencatat semua pengeluaran di hari tersebut. Bila Anda belanja di modern market, jangan buang struk belanjanya, ini dapat membantu Anda menghitung pengeluaran di hari itu.

Miliki Dua Atau Lebih Rekening Bank

Anda wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama dapat Anda gunakan untuk semua transaksi, seperti terima gaji, bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll.

Sementara untuk tabungan yang kedua, digunakan untuk menabung. Buat aturan, setidaknya Anda harus menabung per bulan minimal Rp 1 juta. Dengan adanya aturan ini, Anda akan lebih bijak untuk menggunakan uangnya. Pilih bank yang biaya administrasi tiap bulannya kecil dan dengan fasilitas mesin ATM yang sedikit. Anda pun bisa menyimpan kartu ATM nya di tempat yang tidak mudah dilihat. Usahakan jangan pernah menggunakan uang yang ada di bank kedua. Namun jika Anda terpaksa harus mengambil uang dari bank kedua, pastikan saat tanggal gajian telah tiba, langsung ganti uang yang digunakan di rekening kedua tersebut.

Simpan Bonus Yang Didapat

Kebanyakan orang jika gaji naik atau mendapatkan bonus dari kantor, pasti langsung digunakan untuk bersenang-senang. Ada baiknya, uang seperti itu Anda tabung. Tetap gunakan alokasi dana yang sebelumnya sudah direncanakan, siapa tahu suatu saat dana itu bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang lebih penting.

Bandingkan Pengeluaran Anda Dengan Budget Bulanan

Di akhir bulan, analisa pengeluaran Anda dengan bugdet bulanan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai atau lebih dari budget bulanan Anda. Jika anggaran bulanan berbeda dari kenyataan, maka Anda perlu melakukan revisi.

Anda juga perlu membandingkan antara pengeluaran bulan pertama, kedua, dan ketiga, agar mengetahui apakah pengeluaran Anda setiap bulan konsisten atau berubah-ubah.

Cari Penghasilan Sampingan

Tidak dapat dipungkiri, semakin hari harga-harga barang dan makanan dipasaran terus naik. Harga naik, belum tentu gaji Anda per bulan juga naik bukan? Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mencari penghasilan sampingan, seperti berjualan online misalnya. Jadi, Anda akan bekerja dari Senin sampai Jumat, kemudian Sabtu dan Minggu Anda bisa berbisnis.

Gunakan Kartu Kredit Dengan Bijaksana

Jika Anda gunakan kartu kredit dengan cerdas, barang serbaguna ini bisa membantu Anda mengatur keuangan bulanan Anda. Misalnya, Anda bisa mengalokasikan kartu kredit Anda untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Selain itu, ketika Anda menerima tagihan kartu kredit, segera lunasi. Dengan demikian, Anda tidak berhutang ke bank dan juga tidak terkena bunga kartu kredit yang relatif tinggi.

Ada juga kartu kredit yang menyediakan promo-promo dan penawaran khusus ditempat tertentu, sehingga bisa memperkecil pengeluaran Anda, seperti:

1. BCA Everyday

Menggunakan kartu kredit BCA Everyday, Anda akan mendapatkan cashback 5% untuk pembelian BBM non subsidi di SPBU Pertamina, Shell, Petronas dan pembelanjaan di semua Hypermarket, Carrefour, Hypermart, Giant dan Lotte Mart.

2. ANZ Black

Keuntungan menggunakan kartu kredit ANZ Black adalah Anda mendapatkan poin rewards yang menarik. Setiap pembelanjaan kelipatan Rp 10 ribu dapat ditukarkan dengan koleksi hadiah eksklusif mulai dari perlengkapan rumah tangga, gadget, mileage, voucher, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan promo-promo menarik tersebut, pastikan Anda segera mendaftar di KreditGoGo.com!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • novitasari dewi

    Untuk perhitungannya salah min. Kalau gaji 5jt/bulan, pengeluaran 2,8jt, maka sisa gaji 2,2jt bukan 3,2jt

    Reply
    • KreditGoGo

      Halo, terima kasih atas perhatiannya. Senang sekali mengetahui ada pembaca yang memiliki tingkat kepedulian tinggi seperti Anda. Tetap baca artikel kami, ya! :)

      Reply
    • kementerian keuangan

      Terimakasih gan.
      Disini ada Software Akutansi Menejemen Keuangan. atur keuangan pribadi anda dengan software tanpa manual.
      Langsung saja coba softwarenya disini <a href="http://kementeriankeuangan.com/software-manajemen-

      keuangan/">Sofware Menejemen Akuntansi</a>.

      Reply