Update: Ikut Investasi Arisan Online di Internet, Amankah?

Maraknya penawaran investasi harus membuat Anda waspada. Tahun 2015 lalu heboh soal arisan online di internet yang bisa menghasilkan uang hingga puluhan juta. Mankah investasi tersebut?

Zaman sekarang marak penawaran investasi menggiurkan dari banyak pihak! Hati-hati bukannya untung malah merugikan Anda. Jika masyarakat ingin berinvestasi di suatu instrumen investasi, tentunya masyarakat harus cerdas memilih mana yang tepat.

Salah satu cara investasi yang paing mudah adalah dengan ikut arisan. Nah, di Agustus 2014 lalu banyak diperbincangkan arisan berantai. Arisan ini diberi nama Manusia Membantu Manusia (MMM). 

Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) adalah bentuk investasi keuangan yang menawarkan bunga 30 persen setiap bulan tanpa melakukan usaha apa pun.

Bagaiman Cara Kerjanya?

Sistem yang ditawarkan arisan MMM adalah, setiap anggota membuat akun di situs web MMM dengan paket dana sesuai keinginan, yakni minimal Rp1 juta dan maksimal Rp10 juta. Setelah mendaftar, dalam waktu 3-5 hari, anggota diminta mentransfer uang sesuai pilihan paket.

Akan tetapi, uang ditransfer ke dalam rekening anggota lain yang telah ditentukan dalam sistem MMM. Sekitar satu bulan kemudian, pendaftar tersebut dijanjikan mendapat bunga 30 persen dari uang yang disetor.

Selama masih ada orang yang berminat daftar dan transfer, maka selama itu pula anggota lainnya bisa meraih pertumbuhan uang.

Apakah Arisan Online Memberikan Keuntungan?

Menurut penelusuran dari Tribun News, seseorang bernama Wardana pernah mendapatkan Rp 6,5 juta dari hasil perputarannya di arisan berantai ini. Dari situ, selama dua bulan ia kemudian melipatgandakan uangnya sampai memiliki Rp35 juta dari bunga dan bonus arisan ini.

Namun ada juga yang rugi, maraknya arisan online di media sosial berakibat tidak sedikit korban yang tertipu hingga kerugian keseluruhan untuk sebuah arisan online bodong (penipuan) bisa mencapai satu miliar rupiah.

Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan, meminta masyarakat agar mewaspadai tawaran investasi atau penghimpunan dana di masyarakat. Penyebabnya, tidak semua lembaga yang menawarkan penghimpunan dana ini termasuk ke dalam lembaga jasa keuangan.

Menurut Ardiansyah, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BKPN), investasi semacam itu sangatlah berbahaya karena memakai sistem piramida yang dilarang dalam Undang-undang Perdagangan.

Selain arisan online ada banyak penawaran investasi di internet dengan menjanjikan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Lembaga investasi yang menawarkan imbal hasil di atas 10 persen patus diwaspadai karena hal ini mustahil dilakukan.

Lalu apakah jenis investasi yang aman? Masyarakat harus pintar dan membuka semua informasi mengenaik produk investasi yang tepat.

Pilihlah Investasi yang Tepat!

Satu-satunya cara agar masyarakat tidak tergiur investasi semacam itu adalah dengan membekali diri dengan pengetahuan produk keuangan yang benar. Informasi yang akurat tentang instrumen investasi pun harus terus disosialisasi.

Sebenarnya ada banyak pilihan investasi yang aman, bank menawarkan investasi yang mudah dengan produk deposito berjangka, ataupun emas bisa menjadi pilihan investasi yang minim resiko. Berikut ini KreditGoGo jelaskan beberapa produk investasi yang bisa Anda manfaatkan.

1. BTPN Deposito Berjangka

Program BTPN Deposito Berjangka memberikan berbagai keunggulan yang bisa Anda nikmati, mulai dari suku bunga menarik, layanan informasi melalui SMS,tenor yang beragam, hingga fasilitas perpanjangan waktu penempatan otomatis.

Dengan beragam tenor mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan, BTPN Deposito berjangka dapat menemani hari Anda berinvestasi di kala muda dan juga tua.

2. Danamon Deposito Berjangka

Danamon Deposito menghadirkan berbagai fitur yang menarik, seperti tersedia berbagai pilihan mata uang, terdapat berbagai pilihan jangka waktu, tingkat suku bunga yang didapatkan kompetitif, dan yang paling menarik Anda tidak dikenakan biaya penalti jika melakukan penarikan uang sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

3. CIMB Niaga Deposito Berjangka

CIMB Niaga Deposito Berjangka menawarkan suku bunga yang kompetitif, juga tersedia dalam berbagai pilihan mata uang, dan dengan fleksibelitas jangka waktu penempatan. Selain itu, program deposito ini juga dilengkapi dengan fasilitas perpanjangan otomatis dan bisa dijadikan sebagai jaminan kredit.

Apabila Anda membutuhkan referensi produk investasi deposito lainnya, silahkan kunjungi KreditGoGo untuk menemukan produk investasi deposito yang tepat dari bank terbaik di Indonesia. Raihlah keuntungan menarik dari setiap pengajuan Anda.

Baca juga: 
Deposito Berjangka Tanpa Penalti, Langkah Awal Berinvestasi
Menabung Emas di Pegadaian Solusi Investasi Terbaru

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama