Selain Modal, Ini Yang Harus Disiapkan Calon Pengusaha

Untuk menjadi seorang pengusaha yang handal, bukan hanya membutuhkan permodalan bisnis yang cukup saja, namun juga membutuhkan beberapa faktor lain.

belajar wirausaha

Di samping bekerja secara konvensional di perusahaan atau di lembaga usaha lain, membuka usaha sampingan atau menjadi pengusaha bisa menjadi solusi bagi para karyawan untuk mendapatkan pemasukan lebih.

Namun, belum banyak yang mengerti akan hal tersebut. Banyak masyarakat Indonesia yang masih berpikir harus mencari pekerjaan setelah menempuh pendidikan. Permasalahannya, semudah itukah mendapat pekerjaan?

Tidak sama sekali, semakin sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia seperti di kota Jakarta mungkin bisa membuat para pencari kerja semakin menumpuk. Buktinya, coba saja datang ke setiap acara Job Fair yang diadakan oleh beberapa perusahaan seperti Jobstreet, Kompas, MNC, dan lainnya. Lihatlah betapa ramai dan panjangnya antrean masuk para pencari kerja yang ingin mendapatkan peruntungan di acara tersebut, padahal jumlah lowongan yang tersedia tidak terlalu banyak.

Hal ini menggambarkan kalau tingginya tingkat pengangguran tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada. Untuk itulah, beberapa orang sudah mulai berpikir, “daripada berebut tempat lapangan pekerjaan, lebih baik saya yang menciptakan lapangan pekerjaan.” Menarik bukan?

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum akan memulai sebelum menjadi pengusaha. Seperti ide usaha, permodalan, model operasional, hingga kualitas produk. Meskipun begitu, ada satu hal penting yang terkadang sering dilupakan oleh banyak calon pengusaha ketika mau mulai berbisnis.

Mental, sesuatu yang sering dilupakan namun bisa lebih penting dari sekadar persiapan ide dan modal. Menurut pengusaha terkenal Indonesia, Sandiaga Uno, seorang pengusaha harus mempunyai mental kuat dan tahan banting. Pengusaha harus selalu optimis dan bisa berpikir positif atas segala tindakannya yang kemudian ditopang dengan keberanian dalam mengambil keputusan.

tips berwirausaha

Pengusaha juga harus bisa meninggalkan pemikiran untuk mengandalkan hidupnya dengan gaji bulanan yang didapat dari tempat bekerja. Sebab, pengusaha harus memiliki pemikiran untuk selalu mendapat kenaikan keuntungan dari bisnisnya sendiri, siap menerima resiko yang akan datang, termasuk siap menerima lebih banyak kerugian daripada keuntungan.

Namun, mental saja rupanya belum cukup, menurut Prof. Saras D. Sarasvathy, dalam membangun sebuah bisnis, sebagai pengusaha Anda juga memerlukan dukungan faktor X. Dalam hal ini, faktor X yang dimaksud adalah sebuah keberuntungan. Namun keberuntungan yang dimaksud bukanlah yang sebenarnya, sebab orang-orang yang mendengar kata keberuntungan sering menyebutnya tanpa tahu apa arti sebenarnya.

Jangan Lupakan Faktor X

Faktor X ini banyak berperan untuk menentukan kesuksesan seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya pada berbagai persentase. Ada pengusaha yang mendapat banyak pengaruh faktor X, ada yang sedang, sedikit, dan sebagainya.

Sarasvathy menyebutkan, dalam berbagai kasus, peran faktor X bisa melebihi kontribusi bakat dari seorang pengusaha. Sebab, pengusaha selalu terlahir dengan faktor X ini, masalahnya adalah apakah mereka bisa menemukannya atau tidak.

Ada cara untuk bisa menemukan faktor X dalam berbisnis, yaitu dengan suka mencoba banyak hal baru dan tidak langsung menyerah ketika mendapat kegagalan. Hampir sama seperti mental, faktor X ini bisa dilatih melalui kegigihan dalam melewati tantangan dan kegagalan yang datang secara silih berganti.

Sebagai contoh, Jon Stewart yang dianggap Sarasvathy sukses dalam berbagai bidang seperti menulis, memandu acara, acting, kritikus media, bahkan melawak. Dalam hal ini, Sarasvathy menganggat Stewart memiliki serta berhasil menemukan berbagai faktor X dalam hidupnya yang membuat dirinya sukses di berbagai bidang.

Nah, mulailah hapus rasa tidak pede yang Anda miliki, jika merasa tidak memiliki bakat di sebuah bidang, cobalah lakukan banyak hal di bidang lain. Sebab, dengan mencoba banyak hal, maka suatu saat Anda bisa menemukan faktor X Anda sendiri.

Sebagai pengusaha, jika sudah mulai menuai sukses di sebuah bidang, maka saat itulah faktor X Anda sudah mulai ditemukan. Intinya, kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya, tapi harus dicari dan didapatkan melalui usaha keras. Jadi, jangan mudah menyerah sobat GoGo!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama