Menangguk Rupiah Dari Sewa Motor

Bisnis sewa motor menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Inilah cara memulai bisnis tersebut.

Mau berbisnis dengan modal ringan? Mengapa tidak mencoba memanfaatkan motor yang Anda miliki. Saat ini peluang usaha rental motor tengah booming. Di Jakarta terutama, banyak kesempatan untuk membuka bisnis sewa motor.

Asal tahu saja, usaha sewa motor bakal terus berkembang di Jakarta. Ini karena, kondisi jalan raya di Jakarta sedang tak bersahabat jika dilalui kendaraan roda empat. 

Kemacetan terjadi hampir di seluruh tempat, sebagai imbas dari pembangunan infrakstruktur yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

sewa motor jakarta

Motor Jadi Moda Favorit

Sementara, masyarakat menginginkan kecepatan waktu untuk menjalankan kegiatannya sehari-hari. Mobil yang semula menjadi primadona alat transportasi, perlahan masyarakat memilih mengendarai motor demi memenuhi kebutuhan tepat waktu dan rasa aman sangat tinggi. 

Motor pun menjadi solusi yang tepat untuk menunjang kegiatannya.

Berangkat dari pemikiran itu pula, yang membuat bisnis penyewaan motor mulai bermunculan. Kondisi Jakarta yang super macet, menjadi ladang yang menguntungkan bagi mereka yang melirik bisnis ini.

Kebanyakan pemilik bisnis ini menyewakan motornya kepada wisatawan lokal dan para pebisnis asal daerah yang mendatangi Jakarta. Harga yang dipatok beragam, tergantung berapa lama motor disewakan. 

Ada yang menggunakan tarif perjam, harian bahkan mingguan.

apply kartu kredit online

Jitu Agar Sewa Motor Laris

Jika ada yang beranggapan bahwa bisnis penyewaan motor hanyalah bisnis kecil dengan keuntungan yang kecil pula, tentu saja itu anggapan yang tak benar. 

Jika, punya satu motor bisa jadi anggapan itu benar, nah bagaimana jika punya lebih dari tujuh motor? Tentu saja, penyewaan motor menjadi ladang subur untuk menangguk rupiah.

sewa motor bali

Sebagai ilustrasi, jika Anda memiliki uang Rp 10 juta, maka Anda sudah bisa memiliki motor sebanyak sepuluh unit. Motor-motor tersebut, bisa Anda dapatkan dengan cara hanya membayar uang mukanya saja sebesar Rp 1 juta. 

Sementara cicilan bulanan motor tersebut, dapat dibayarkan dari hasil sewa motor. Modal untuk membeli motor-motor tersebut bisa juga Anda dapatkan dari pinjaman bank.

Untuk mencari tahu bank mana yang memberikan pinjaman, Anda bisa mengklik KreditGoGo.com

Di situs ini, ada banyak pilihan kredit motor murah dari berbagai perusahaan multifinance terbaik di Indonesia, yang menerapkan sistem persyaratan mudah, angsuran ringan, dan cepat disetujui.

Sebelum memasarkan motor-motor Anda untuk disewakan, pastikan motor yang Anda gunakan dalam kondisi bagus dan terawatt. Cari tempat usaha yang strategis. 

Anda bisa menyewa ruangan 3 x 3 meter persegi dengan biaya sewa Rp 750 ribu sampai Rp 1 juta per bulan. Atau buka usaha di kawasan-kawasan wisata, yang kemungkinan besar didatangi wisatawan.

Buatlah tempat usaha Anda semenarik mungkin. Bila perlu tempelkan gambar-gambar dari merek-merek motor yang Anda sewakan. 

Jika penyewa adalah tokoh terkenal atau selebriti, mintalah dia berfoto dengan motor sewa dan kemudian pajang foto tersebut di dinding usaha Anda. Hal ini menjadi daya tarik bagi para penyewa untuk turut memanfaatkan kendaraan anda. 

Langkah selanjutnya, pasarkan motor-motor yang Anda sewakan dengan strategi yang tepat. Ada banyak cara untuk memasarkan dan mempromosikan usaha Anda. Gunakan media sosial maupun situs online, untuk mengenalkan bisnis ini. 

Bila perlu cari jalur ke banyak perusahaan yang memanfaatkan kendaraan rental untuk aktivitas kinerja mereka. 

Jangan sungkan pula untuk mencetak brosur dan disebar di tempat keramaian. Seperti di tempat wisata, kampus-kampus, tempat kost, dan sebagainya.

Jangan lupa, pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan yang baik pula. Bila pelanggan merasa puas, maka kepuasan pelanggan tersebut akan menjadi sarana promosi yang efektif. 

Melalui promosi dari mulut ke mulut dari pelanggan Anda yang puas, maka bisnis Anda akan lebih cepat berkembang. 

sewa motor di jogja

Untung Menjanjikan Sewa Motor

Berapa keuntungan yang akan didapat? Untuk saat ini pasaran penyewaan motor perharinya mematok harga Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu perhari, tergantung merek motor yang digunakan.Untuk sewa motor merek Honda BeAT harga umum yang dipatok berkisar Rp 75 ribu. 

Akan halnya merek Yamaha Vega ZR biasa dibandrol seharga Rp 75 ribu. Untuk New Mio GT dipatok harga Rp 55 ribu. Demikian juga dengan Yamaha Fino harga sewanya mencapai Rp 75 ribu. Sedangkan Honda Supra 125 dan Yamaha Jupiter Z1berada diharga Rp 60 ribu.

Sementara merek Yamaha Soul GT dipasarkan dengan harga sewa mencapai Rp 75 ribu. Honda Spacy, Suzuki Hayate, dan Honda Vario 125 dibandrol harga sewa sebesar Rp 80 ribu. 

Sedangkan harga sewa motor merek Kawasaki Ninja 250 bisa mencapai Rp300 ribu. Harga-harga tersebut dihitung harian, atau sewa selama 12 jam. Nah, hitung saja berapa besar rupiah yang akan didapatkan dari bisnis penyewaan motor ini.

Namun  perlu diingat bahwa setiap bisnis selalu mengandung risiko. Untuk itu, penting bagi pelaku bisnis rental motor berusaha meminimalisir risiko. 

Sekaligus pemilik bisnis sewa motor ini harus menyadari bahaya mengingat bisnis ini juga rawan penipuan. Tetap waspada menjadi suatu keharusan yang dipegang teguh demi kelangsungan bisnis ini.

Bagi para penyewa motor, terapkan peraturan yang ketat. Para pebisnis motor rental ini umumnya mengharuskan para penyewa menunjukan identitas diri berupa KTP, kartu keluarga, dan NPWP. 

Bahkan sejumlah pebisnis rental memberlakukan deposit sebagai jaminan yang bisa dikembalikan saat sewa motor berakhir. 

Selain itu, sejumlah pebisnis lain menggunakan GPS yang ditanamkan di setiap unit kendaraannya, yang berfungsi untuk mengetahui keberadaan kendaraannya saat digunakan penyewa. 

Nah, ternyata tidak sulit bukan untuk menambah lagi satu alternatif penghasilan tambahan. 

#KreditSepedaMotor

Baca juga :
Mana yang Lebih Untung, Beli Motor Kredit atau Tunai?
Kian Untung Bisnis Otomotif dengan Kartu Kredit HSBC Visa Gold

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama