Lima Langkah C yang Muluskan Kredit UKM

Ingin buka usaha? Modal adalah syarat utama untuk membuka sebuah usaha. Apa pun usahanya. Khusus untuk Kredit UKM, ada keahlian tersendiri untuk mengelola modal agar hasil bisa maksimal

5C yang Muluskan Kredit UKM

1. capacity

2. collateral

3. character

4. condition

5. capital

Bagi Anda yang ingin buka usaha berciri UKM, modal adalah hal utama yang pertama dipikirkan. Ini memegang peranan penting dalam mengembangkan usaha. Salah satu jalan adalah dengan meminta pinjaman kredit kepada bank-bank yang menyediakannya.

Lalu bagaimana cara yang harus ditempuh? Apakah itu sulit? Berapa bunganya? Wajar, karena kita juga memikirkan bagaimana cara melunasinya. Jangan bingung! Kami akan berikan informasi yang berguna seputar kredit usaha kecil dan menengah. Tentu lazim bagi pelaku usaha untuk mencari informasi pinjaman dana atau kredit usaha.

Di bawah adalah lima langkah yang harus Anda perhatikan untuk membuka sebuah UKM. Langkah ini lebih dikenal dengan 5C (Capacity, Collateral, Character, Conditions, dan Capital).

1. Capacity

Ini adalah kemampuan usaha yang Anda miliki untuk mengembalikan pinjaman bank. Bank akan melihat aliran uang (cash flow) dan alternatif lain yang dimiliki sebuah usaha dalam kaitannya kemampuan pembayaran pinjaman.

2. Collateral

Dalam Bahasa Indonesia ini berarti jaminan. Yup, bank akan mempertimbangkan aset berguna milik Anda yang dapat dijadikan jaminan kredit. Aset yang umum dipertimbangkan bank misalnya tanah, bangunan, piutang usaha, atau barang lain yang dimiliki yang bisa dipergunakan sebagai jaminan.

3. Character

Bank akan menilai apakah sebuah usaha dan pemiliknya pantas mendapatkan pinjaman kredit, atau tidak. Bank melakukan ini dengan memeriksa pihak-pihak yang dijadikan sebagai referensi. Referensi yang terdekat adalah catatan hitam dari Bank Indonesia.

4. Condition

Ini adalah kondisi. Biasanya akan dipertimbangkan oleh pihak bank untuk menentukan kelayakan usaha yang Anda punya untuk mendapatkan kredit bank. Itu berarti bank akan mengevaluasi lingkungan luar sebuah usaha Anda yang berkaitan dengan usaha tertentu, contoh konsumen, kompetitor usaha, biaya produksi, pemasok, dan indikator ekonomi lainnya.

5. Capital

Nilai bersih dan hak pemilik usaha adalah dua hal penting dalam proses penentuan kelayakan sebuah usaha. Sebagai pemilik bisnis, hal yang bisa Anda lakukan untuk meyakinkan bank adalah usaha Anda layak mendapat kredit karena Anda mampu menunjukkan kesuksesan dalam bisnis yang dijalani.

Jika Anda telah yakin ingin membuka UKM, lima langkah di atas pasti dapat diterapkan. Untuk modal usaha? Hubungi kami untuk informasi selengkapnya. Atau Anda bisa mengunjungi laman pinjaman pribadi. 

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama