Inilah 8 Sumber Dana untuk Modal Usaha

Butuh modal usaha namun bingung dimana mendapatkannya! delapan sumber dana ini bisa diandalkan. Carilah sumber dana yang terpercaya agar tidak merugikan Anda.

Jumlah Pengusaha Indonesia Hanya 1,65 Persen! Masih sedikit dari total populasi yang ada. Angka ini kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya Singapura sebesar 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 4%.

Pada tahun 2016 diharapkan jumlah pengusaha bertambah menjadi 2%, jika jumlah pengusaha bertambah maka akan turut mendongkrak ekonomi negara, bertambahnya lapangan pekerjaan, dan akhirnya meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

franchise

Apabila Anda tertarik untuk memulai sebuah bisnis tidak perlu takut kekurangan dana untuk modal usaha. Sumber dana ada di mana-mana kok. Asal tepat mencarinya, internet adalah awal pencarian yang layak dicoba.

Ada banyak kucuran kredit dan pinjaman tunai untuk bisa diolah menjadi modal usaha kecil. Dan seperti diketahui, jika memulai usaha dari kecil, asal konsisten, itu akan menjadi besar. Sebelumnya, pastikan sudah menentukan jenis bidang usahanya. Perhitungkan dengan cermat, teliti, dan seksama, terhadap rasio untung, rugi, dan risiko aset usaha.

Dalam dunia kewirausahaan, ada 8 (delapan) cara untuk mendapatkan modal usaha. Berikut adalah informasi yang bisa dipelajari.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ketika Anda membutuhkan modal usaha untuk memulai bisnis, hindari mengajukan pinjaman pribadi dari para rentenir. Dengan bunga yang tinggi, resiko meminjam dari para lintah darat ini sangat besar. Anda bisa terjerat utang jika tidak sanggup melunasi.

Apabila ingin memanfaatkan KTA untuk modal usaha, pilihlah produk pinjaman dari lembaga resmi seperti bank. Anda bisa membandingkan produk Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang tersedia di laman fintech keuangan seperti KreditGoGo.

KreditGoGo memiliki banyak produk pinjaman pribadi dari bank terbaik di Indonesia. Produk pinjaman yang bisa dimaksimalkan salah satunya adalah dari HSBC Personal Loan. Pinjaman yang tersedia mulai dari Rp5 juta hingga Rp125 Juta dengan bunga flat dan tenor sampai 3 tahun.

HSBC Personal Loan merupakan solusi cepat untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan beragam kebutuhan. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan gratis voucher Rp300 ribu dari Carrefour apabila pengajuan disetujui.

Tabungan atau Investasi Pribadi

Sumber dana dengan cara ini susah-susah gampang. Malah bisa jadi sulit untuk sebagian orang. Kekita memulai usaha sendiri, tentu sangat lumrah untuk menggunakan dana simpanan yang sudah Anda tabung selama ini.

Jika dana belum cukup, Anda bisa menutup kekurangan tersebut dengan menggadaikan sebagian aset berharga yang dimiliki, misalnya logam mulia atau perhiasan. Anda juga bisa memanfaatkan produk investasi deposito yang menawarkan resiko minim.

Mencari Dana Hibah Perusahaan

Selain dari dana pribadi, modal juga dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan, baik perusahaan pemerintah maupun swasta. Saat ini, perusahaan-perusahaan besar biasanya memiliki anggaran tersendiri untuk membantu membangun perekonomian masyarakat .

Dana sebagai modal usaha tersebut umumnya disalurkan melalui kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility). Biasanya, teknis penyaluran dana bantuan modal tersebut disalurkan dalam bentuk suatu ajang kompetisi usaha.

Bagi Hasil (Profit Sharing)

Sistem bagi hasil atau profit sharing disini adalah bersifat sementara, bukan kepemilikan. Sistem bagi hasil bisa dilakukan setiap bulan (untuk bisnis ritel), atau tiap proyek, atau bisa juga dengan jangka waktu tertentu sesuai masa kontrak. Di akhir masa kontrak, modal bisa dikembalikan.

Menjalin Kerja Sama

Jika bisnis Anda benar-benar mentok di dana, menjalin kerjasama bisa diterapkan. Dirikan usaha dengan mengajak teman atau saudara dengan minat sama untuk diajak bergabung. Rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal, atau bisa juga membantu operasional bisnis sehari-hari.

Kredit Multiguna

Kredit Multiguna

Kredit multiguna merupakan modal usaha dengan jaminan aset seperti sertifikat rumah ataupun BPKB kendaraan. Biasanya kredit multiguna ini memberikan plafon pinjaman yang lebih besar.

Anda bisa membandingkan produk pinjaman ini di KreditGoGo. Nikmati fasilitas kredit cepat cair dari berbagai perusahaan multifinance terkemuka. Pinjaman tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembelian aset bergerak perusahaan, misalnya kendaraan bermotor untuk transportasi logistik perusahaan katering.

Modal Ventura

Pada umumnya, dengan menggunakan modal dari ventura, biasanya usaha yang kita jalankan, selain mendapatkan dukungan dalam bentuk dana, juga akan mendapatkan bantuan dalam pengelolaan manajemen dan bimbingan untuk menjalankan bisnis berupa pelatihan.

Modal Patungan (Kongsi)

Selain cara di atas, ada cara lain untuk bisa mendapatkan modal usaha. Salah satunya adalah modal patungan (kongsi). Kemitraan berbentuk kongsi adalah alternatif yang bisa menjadi penengah antara memulai usaha dengan modal sendiri atau modal pinjaman.

Dengan cara ini, modal yang dikumpulkan bisa lebih besar dan mencukupi kebutuhan membuka usaha. Anda pun tidak perlu membayar bunga pinjaman. Tapi sebagai gantinya, ada pembagian hasil keuntungan dengan kongsi, sesuai dengan porsi dan komposisi modal yang dimasukkan ke dalam usaha tersebut.

Oke, jika Anda sudah mengetahui beberapa alternatif untuk mendapatkan modal bisnis, segera eksekusi dan jalankan dengan profesional. Kelak, bisnis Anda akan segera besar. Ajukan segera tambahan modal Anda melalui KreditGoGo! Dapatkan keuntungan maksimal sekarang juga!

Baca juga: 
Game Pokemon Go Munculkan Peluang Usaha Baru
5 Kartu Kredit Bisnis untuk Para Pengusaha

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Berikan pendapat anda!

  • Rachmat Sudrajat

    Saya Butuh Dana Buat Bisnis Tranportasi Badan Hukum ada Team Udah Siap Tinggal Tunggu Pendanaan Apa Bisa Bantu

    Reply
    • mainah

      Saya butuh 60jt untuk menambah modal usaha peca belah saya.saya siap 5jt perbln bagi hasil dgn investor tampa pokok.saya hanya pakai modal selama 6bln.

      Reply
    • lina

      Saya mau usaha dikantin sekolah tp aku gk ada modal,mungkin 5juta cukup tp saya blm punya modal gimn solusinya pak

      Reply
      • KreditGoGo

        Hello, biasanya KTA memerlukan minimal pengajuan di 20 juta dan persyaratannya adalah harus berdomisili di Jabodetabek.
        Untuk keterangan lebih lanjut, bisa hubungi Customer Service kami melalui Facebook kami yuk @KreditGogo dan silahkan kirim pesan.

        Reply
      • Ferry Budihardja

        halo kreditGoGo nama saya ferry tinggal dijakarta usaha saya saat ini sebagai distributor bingkai foto di jakarta bandung tanggerang dan bekasi, sekarang ini saya ingin mengembangkan usaha saya menjadi industri perumahan saat ini membutuhkan modal usaha

        Reply
        • kaharuddin

          Maaf...saya sedang merambah usaha di bidang budidaya walet....saya butuh dana sekitar 500 juta untuk pengembangan dan pembangunan gedung walet yang baru...saya ingin tahu bagaimana sistem bagi hasil dan bentuk kreditnya... saya sangat serius...gedung walet saya yang kedua dalam tahap perampungan...lokasi saya di sidenreng rappang, sulawesi selatan...bisa hubungi saya melalui telpon, line dan whatsapp di 081342115544 dan 082332115544... terima kasih...wassalam

          Reply
          • Danet Sulistiono

            Saya Danet, saya mendapatkan proyek pembangunan intalasi ME utk proyek pemerintahan, Bisakah ada yang bisa membantu memberikan pinjaman dalam waktu 1 Tahun dengan bunga perbulan 2.5% tanpa Pokoknya. Saya membutuhkan modal 200jt. Mohon petunjuk dan arahannya. Terima kasih

            Reply
            • KreditGoGo

              Halo, kami sarankan Anda untuk mencoba pengajuan pinjaman Standard Chartered Bank KTA yang memberikan dana hingga Rp200 juta dengan bunga ringan dan jangan waktu pengembalian yang fleksibel. Anda juga bisa melakukan top up pinjaman dengan nominal yang sama jika butuh dana di tengah pengerjaan proyek. Silakan ajukan melalui link berikut https://kreditgogo.com/pinjaman/pribadi/Standard-Chartered-Bank-KTA.html untuk kami bantu prosesnya secara cepat. :)

              Reply
            • rusli ridwan

              Hay kreditgogo, sy usaha jual beli emas dr pegadaian, beli emas di saat harga turun dn jual emas di saat harga emas naik, sy butuh dana 45 juta buat nambah modal

              Reply
              • Jeri Hasbullah Hasim

                selamat sore, saya mempunyai proyek pembuatan system keamanan rumah dan kendaraan berbasis mikrokontroler arduino dan ingin membuka print kaos digital tapi saya tidak mempunyai modal.. untuk modal awal saya membutuhkan sekitar 30jt adakah solusinya ?

                Reply
              • amin

                Ass. Saya butuh dana untuk tambahan modal usaha sembako sekitar 50 jutaan. Bagaimana solusinya mohon petunjuk.

                Reply
              • Hasbi

                Assalamualaikum.. Saya usaha jual beli kayu dan rental mobil..sya btuh tmbhn mdal buat pngmbngn usha sya.. Di antranya buat tmbhn unit dan tmbhn mdal jual beli kayu. Sya btuh sekitar 300jt an.sdah cba pngjuan kta tpi nympai skrng blom ada jwbn yg jelas.. Sya cma punya ajb tnah dan bngunan.. Mhon arahn kmna...??spya sya sgra mndptkn tmbhn mdal. Tks.. Wssalm

                Reply
                • m.saleh

                  Hallo kredit gogo,kami punya gdg. kantor d sidoarjo,kami membutuhkan dana dekitar 2,5Milyar rupiah utk menambah usaha properti bekas dan usaha kuliner serta jasa,sementara aset kami d jaminkan d bank dg tanggungan 1,6Milyar,dan kami tdk punya siyp dan npwp utk mengajukan kredit,hanya ktp dan rek saja,apa ada solusi bagi kami

                  Reply
                  • Morsya

                    Ass,,wib kreditGoGo. Saya usaha dibidang kuliner ayam bakar ikan bakar & seafood dikota jambi selama 3thn,saya butuh pinjaman uang 80 juta tanpa jaminan/bekarjasama,investasi buat modal usaha saya untuk (pengembangan/buka cabang) omset 2/1,5 juta perhari,bersih penyipanan perhari 900/700 ribu.(perihal 6 bln kebelakang dana habis-habisan biaya perobatan orang tua)bagaimana solusinya untuk mendapatkan kredit tanpa anggunan yang bisa cepat prosesnya.trimakasih no hp 085378900045

                    Reply
                    • Abdullah azzam

                      Malam sya mau mengajukan permintaan modal sebesar 25 juta, untuk penjualan makanan yaitu Seblak diwilayah Surabaya dan sudah berjalan 1 bulan, kira2 apa bisa di bantu agar bisa membuka outlet lagi.. Terimakasih

                      Reply
                    • Edward tanjung

                      Saya punya perusahaan yang sudah yang sudah berbadan hukum.CV. perusahaan tersebut bergerak di bidang finace. Dan sudah berjalan selama satu tahun. Alhdulillah. Progresnya cukup bagus. Dengan kisaran omset mendekati 1milyar per bulan. Yang mana di awali omset bulan.pertama cuma 200jt. Memasuki BLN ke 12. Total omset kami berkisar di angka 10m dengan cash ini flow berkisar di angka 450jt perbulan. Untuk pengembangan selanjutnya. Perusahaan saya butuh tambahan modal berkisar di angka 4 milyar lagi. Sementara untuk melakukan pinjaman ke bank, aset kami untuk boro/ jaminan. Kami belum setara dengan kebutuhan. Klaim Agan bisa bantu. Saya siap dengan sistim yang Agan tawarkan. Bagi hasil. Persentase bunga. Atau cara lain. Trims.

                      Reply
                      • Tony Wijaya

                        Hallo, saya butuh dana untuk franchise makanan dan butuh modal 80jt. Pinjaman selama 18 bulan. Tolong info nya. Trims

                        Reply
                        • Ridlo

                          Saya usaha membuka jasa londri di jakarta saat ini saya butuh dana untuk membeli tambahan mesin karena yang ada masih kurang kira kira 50 jt aan bisa bantu ga tp ga punya Kk hanya ada rek. Trim ksh ( Ridlo ).

                          Reply
                          • Ika barkah

                            Mlm admin saya butuh investor buat mosdal usaha bunker dan kapal tongkang sekitar 1M klo memang ada yg berminat tolong hub no 089635557703 nanti akan d jelaskan unt persentasi bagi hasilnya ... Terima ksh

                            Reply
                            • Susi sulvia

                              Hallo kreditgogo , say btuh modal untuk buka usaha skitar 100jt.apakah bisa??

                              Reply
                              • Dini Susanti

                                saya mempunyai usaha dibidang kontroksi dan perdagangan umum sdh berjalan 9tahun kendala untuk saat ini saya butuhmendanaan awal tetapi jaminan SHM yg bisa memperkuat saya SELALU MENDAPAT HAMBATAN ke bank manapun ada solusi untuk saya secara pribadi SHM ada dan nama saya

                                Reply
                                • Neng sumarni

                                  Hallo kredit gogo,saya bikin rumah makan tapi belum ada modal untuk membuk rumah makanya,tapi saya tidak punya jaminan,apakah bisa? Jika bisa saya butuh dana sebesar 50jt

                                  Reply
                                  • Haris budiyanto

                                    Sy punya unit pengolahan(pemurnian) minyak kotor (miko) atau palm acid oil sdh punya badan hukum butuh dana utk modal kerja 500 jt

                                    Reply
                                    • Iman

                                      Saya ingin bertrading tapi modal masih kecil kecilan,saya sudah mempelajari bertrading setahun setengah lebih,ilmu mumpuni bertrading profit sudah saya temukan,bagi peminat modal miliaran,bolehlah kerja sama,hub email iman santoso79@yahoo.com

                                      Reply
                                      • hengki robiansyah

                                        Saya kekurangan modal dalam mengelolah penggilingan Batu. Sedang kan sebentar lagi proyek mulai. Mesin yang kami jalan kan sangat min. Cima 15 kubik sehari saya punya lahan Batu nya pak. Tlg bantuan nya secepat mungkin kita bagi hasil

                                        Reply
                                        • Ferdian merli

                                          Hallo kreditgogo...usaha saya di bidang kontraktor alat berat seperti excavtor mini, yg sudah saya jalani selama 5 tahun ini, yang mana selama ini sistem kerja saya masih menyewa alat berat dr orang lain, selama kerja yang saya jalani, perbulan pembayaran saya itu di angka 30 sampai dengan 40 jt ke atas per bulan kepada sih pemilik alat,yang selam ini saya hanya mengambil ke untungan kerja perjam dari penyewa atau perental,dari 5 tahun ini saya berharap memiliki alat kerja saya sendiri, tetapi saya masih di kendalakan modal yg belum cukup utk memiliki alat sendiri, sedangkan di daerah saya pekerjaan di perkebunan dan juga tambang masih sangat banyak membutuhkan alat berat,nah kreditgogo... apakah saya bisa di bantu memiliki alat seperti yang saya harapkan dan saya siap ikut aturan yg berlaku ....terimasih kreditgogo

                                          Reply
                                          • ASS

                                            saya perusahaan ekspedisi petikemas sudah ada kontrak sinar mas group dan sudah berjalan saya butuh tambahan pengembangan modal apa bisa dibantu

                                            Reply
                                            • Ghea ilham

                                              Selamat pagi.
                                              Saya ghea umur 22 ber-wirausaha dalam jual beli ikan segar dan fillet ikan.
                                              Usaha saya sudah berjalan 3Tahun dengan modal tabungan sekolah saya.
                                              Jual beli ikan fillet saya sudah ekspor di Alabama As dan beberapa kota di indonesia.
                                              Saya ada tawaran untuk supply ikan di beberapa supermaket, tentu membutuhkan dana tambahan -/+ 50 juta untuk sewa pabrik dan admintrasi bpom dll.
                                              persyaratan kredit.nya apa saja ?
                                              Kemudian jangka waktu angsuran berapa tahun ?
                                              Tolong arahan dan bimbingan.nya. Terima kasih.

                                              Ikansegarblitar@gmail.com
                                              ☎0858-1544-6281.
                                              ☎0895366140550 Only Whatsapp.
                                              Bambukuning.group Jln.Tgp 25 Blitar.

                                              Reply
                                              • abdul rochim

                                                aswb,saya pengusaha counter pulsa dan agen BRILink tinggal di sidoarjo dan saya membutuhkan dana 30-50jt

                                                Reply
                                                • Roy

                                                  Adakah calon mitra yang siap saya ajak mengembangkan toko online,produk sudah siap,tenaga teknik sudah siap..pokoknya tinggal terima bersih..info ke WA 085710230302 ( HARUS PUNYA MODAL )

                                                  Reply
                                                  • djamal

                                                    Ass WWrb, sy domisili di gorontalo dan tertrik dgn program ini, mohon saran, usaha skrng foto copy 3 unit dan jual ATK dan mempunjai 1 unit toko 8x12 (blm terisi) say btuh Dana 300jt tuk pengembangan usaha, mohon info untk kartu kreditnya (sy blm punya kkreditnya) dan rencana pengembalian pinjaman 5 tahun, tq.


                                                    Reply
                                                    • Sugirahayu

                                                      Hallo kredit gogo, sy butuh dana50 jt buat awal buka lundry ,kemana y... Buat hasil tambahan selain kerja.

                                                      Reply
                                                      • hadi

                                                        saya ingin pinjaman dengan bunga rendah dansyarat ga memberatkan, misalnya kta tp non syarat kartu kredit

                                                        Reply
                                                        • KreditGoGo

                                                          Terima kasih, Pak Adhiputra, atas komentarnya.

                                                          Berdasarkan pengalaman kami, sebagian besar dan rata-rata KTA (Kredit Tanpa Agunan) memang mensyaratkan kartu kredit untuk persyaratan pengajuannya. Mungkin bapak bisa mencari produk KDA (Kredit Dengan Agunan). Untuk ini, memang tidak memerlukan kartu kredit. Silakan dilihat di situs kami bila ada produk keuangan yang menarik minat bapak. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Customer Relations kami di informasi yang tertera di bawah situs ini, atau bisa juga langsung ngobrol dengan fasilitas chat room kami.

                                                          salam,
                                                          KreditGoGo

                                                          Reply
                                                        • Erfan

                                                          Dear,

                                                          Saya mau buat usaha kira-kira , modal 150 juta. Ada tidak, yang bisa ngasih pinjam tanpa agunan dan tanpa syarat tertentu. Modal yang dimaksud adalah modal awal, jad belum ada usahanya. Terima kasih.

                                                          Reply
                                                          • anan

                                                            saya anan, sy kontraktor bergerak d bidang pembangunan tower provider, sy butuh dana utk penambahan dana dlm permodalan sy sebesar 500jt. sy berani utk perbulan sy kasih utk investor sebesar 2% tanpa pokok, sy pinjam dlm jangka 1th...

                                                            Reply
                                                            • nicky bekatul lawas

                                                              Saya butuh dana 50 jt untuk ternak bebek potong dengan sistem bagi hasil per 6 bulan sebesar 5% dari modal. Jaminan AJB tanah bangunan

                                                              Reply
                                                              • ricky johanes

                                                                Saya butuh dana untuk tambah modal di bidang jasa angkutan barang dan usaha makanan ringan atau snack, butuh dana 100 jutaan. Satu bulan uang kembali di tambah bunga 2 %.

                                                                Reply
                                                                • KreditGoGo

                                                                  Anda bisa coba mengajukan kredit tanpa agunan (KTA) kepada bank untuk modal bisnis Anda. Kami merekomendasikan Standard Chartered Bank KTA, Anda bisa mengajukan pinjaman dana hingga 200 juta dengan bunga 0.99% dan jangka waktu pengembalian hingga 5 tahun. Anda bisa mengikuti link ini, https://kreditgogo.com/pinjaman/pribadi/Standard-Chartered-Bank-KTA.html, untuk kami bantu proses mudahnya. :)

                                                                  Reply
                                                                • Astuty AR

                                                                  Ass.saya kepala sekolah smk pelayaran,yang saat ini membutuhkan dana antara 500000000 s/d 1000000000 untung membangun sekolah, saya sudah menyiapkan lahan dengan luas 3250m2. Bagaimana caranya saya bisa mendapatkan dana tersebut?

                                                                  Reply
                                                                • abd wahab

                                                                  Usaha saya sudah berjalan 11 tahun di Bali. Saya jualan buah dan sayur sesuai permintaan pelanggan. Tapi usaha saya lagi kena musibah dan modal habis. Bisa minta solusi?

                                                                  Reply
                                                                  • KreditGoGo

                                                                    Halo, Anda bisa coba mengajukan pinjaman kepada bank untuk bantuan modal usaha. Ada beberapa alternatif, seperti Kredit Usaha Rakyat, Kredit Modal Kerja, atau Kredit Multiguna.
                                                                    Silakan lihat beberapa produk pilihannya melalui situs kami https://kreditgogo.com/pinjaman/pribadi/

                                                                    Reply
                                                                  • M. Afijal

                                                                    Hallo kreditgogo saya tinggal di aceh dan saya ingin membuka bisnis ayam penyet dan membutuhkan dana sebesar 50jt

                                                                    Reply