Crowdfunding Pendanaan Berasaskan Gotong Royong

Banyak cara mendapatkan modal untuk sebuah proyek atau ide bisnis Anda, salah satunya dengan Crowdfunding. Anda bisa menggalangkan dana untuk mendanai bisnis impian.

crowdfunding

Crowdfunding adalah metode penggalangan dana lewat online yang sedang tumbuh di berbagai negara sebagai bagian dari sistem pendanaan alternatif. Di Indonesia metode ini belum begitu familiar di banyak kalangan, tetapi dengan budaya bergotong royong yang sangat melekat dimasyarakat sangat memungkinkan crowdfunding bisa berkembang.

Di Indonesia, crowdfunding dipandang sebagai cara alternatif pendanaan bagi perusahaan rintisan yang hendak membuat produk atau karya tertentu. Jelas sekali metode ini sangat berguna bagi penggusaha yang terkendala modal, Anda tetap dapat mewujudkan proyek impian meski dengan modal tipis.

Cara kerjanya cukup sederhana, Anda hanya perlu membuat sebuah proposal ide bisnis yang menarik dan memasangnya di sebuah website crowdfunding. Jika ide bisnis tersebut dinilai menarik bagi pengunjung website mereka akan bergabung dalam mendanai bisnis Anda. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan dalam membuat persentasi proyek atau ide bisnis semenarik mungkin.

Jenis –Jenis Crowdfunding

type of crowdfunding

Berdasarkan tujuan yang berbeda-beda crowdfunding dibagi menjadi 4 jenis, metode pendanaannya tetap sama hanya saja tujuannya yang berbeda. Keempat jenis crowdfunding tersebut diantaranya crowdfunding berbasis donasi, berbasis hadiah, berbasih utang dan berbasis ekuitas.

1. Crowdfunding berbasis donasi

Jenis ini adalah crowdfunding yang paling umum dan sederhana, jenis ini yang umumnya sudah berjalan di Indonesia. Crowdfunding berbasis donasi penyumbang tidak menerima imbalan baik berupa pengembalian uang ataupun imbal jasa lainnya atas donasi yang diberikan. Murni hanya berupa sumbangan.

2. Crowdfunding berbasis hadiah

Sekemanya sama seperti crowdfunding berbasis donasi, yang membedakannya adalah para contributor atau penyumbang menerima hadiah sebagai imbalan atas kontribusi mereka. Imbalan tersebut bersifat non-moneter misalnya berupa t-shirt, voucher diskon, kesempatas ekslusif untuk mendapatkan proyek yang didanain.

3. Crowdfunding berbasis Pinjaman

Untuk jenis ini memungkinkan individu atau perusahaan untuk meminjam uang dari sekelompok orang dan bukan dari bank. dalam skema ini, dana yang diserahkan adalah pinjaman dari masyarakat yang harus dikembalikan dengan skema tertentu.

4. Crowdfunding berbasis ekuitas

Crowdfunding berbasis ekuitas ini investor akan menerima saham atau kepemilikan perusahaan sebagai imbalan atas kontribusi mereka. Dengan crowdfunding ekuitas, harapannya adalah investor akan menerima penghargaan atas investasi mereka.

Mengeliatnya industri kreatif mendorong crowdfunding ini semakin berkembang. Pendanaan melalui crowdfunding menjadi sangat menarik perhatian, khususnya creator dan starup. Penyebabnya adalah kebebasan dalam berkarya karena crowdfunding memungkinkan creator membuat sebuah proyek tanpa ada tekanan dari investor, mereka memiliki kemerdekaan kreatif.

Sejak tahun 2012, startup crowdfunding lokal sudah mulai bermunculan di tanah air. Berikut ini adalah 4 contohnya.

Wujudkan

Wujudkan.com adalah sebuah perusahaan startup yang menawarkan jasa crowdfunding di dunia kreatif seperti film, teknologi unik, barang-barang kerajinan, konser, penerbitan buku dan lain sebagainya. Salah satu proyek terbesar yang dijalankan oleh website wujudkan.com adalah film dari Mira Lesmana dan Riri Reza, dengan kebutuhan dana sebesar Rp 300 juta.

Crowdtivate

Platform crowdfunding Crowdtivate merupakan situs crowdfunding asal Singapura kemudian membuka aksesnya di Indonesia dengan bantuan dari Indosat. Situs crowdfunding ini lebih mengkhususkan proyek-proyek yang berbau kreativitas dan teknologi seperti proyek pembuatan komik, film tentang makanan, dan lainnya.

Untuk menjadi kreator di Crowdtivate, setiap orang yang berminat tinggal mentautkan akun Facebook atau LinkedIn-nya ke platform ini. Tak hanya soal platform penggalangan dana publik, Crowdtivate disebutkan juga memberikan bimbingan dan bahkan penawaran untuk inkubasi bisnis dan penjangkauan regional.

KitaBisa

KitaBisa

KitaBisa merupakan situs crowdfunding untuk proyek social, tetapi meski begitu tidak menutup untuk memfasilitasi proyek lain seperti teknologi, kreativitas, dan bisnis. Proyek yang masuk pada situs KitaBisa terlebih dahulu divalidasi sebelum diterbikan.

Pengagas proyek pun diwajibkan untuk mengirimkan laporan keuangan dan kemajuan perkembangan proyek tersebut. Proyek penggalangan dana dengan nilai terbesar yang berhasil diraih melalui KitaBisa adalah Momentum Pergerakan SaveMaster dengan total Rp137 juta.

Ayo Peduli

Ayo Peduli

Sama dengan KitaBisa, Ayo Peduli merupakan situs crowdfunding yang mengkhususkan diri pasa bidang social. Proyek sosial yang dimaksud dibagi menjadi tiga kategori yaitu kesehatan, pendidikan, dan lingkungan.

Cara kerja AyoPeduli seperti crowdfunding pada umumnya dimana pengguna bisa mendaftarkan proyeknya dengan mengisi form pendaftaran kemudian proyek akan divalidasi oleh tim AyoPeduli berdasarkan tiga kategori tersebut.

Proyek penggalangan dana dengan nilai terbesar yang berhasil diraih melalui Ayo Peduli adalah Rumah Harapan dengan total Rp20 juta.

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mendaftarkan proyek kreatif ataupun bisnis dengan skema crowdfunding?

Baca juga: Fungsi dan Cara Menyiapkan Dana Darurat

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama