Belajar Bisnis Dari Kartun Spongebob Squarepants? Kenapa Tidak

Siapa bilang belajar bisnis hanya berasal dari buku atau orang-orang sukses saja. Sebab ternyata hal tersebut juga bisa didapat dari serial kartun Spongebob Squarepants loh! Tidak percaya? Ini dia ulasannya.

tips memulai bisnis

Pernah menonton kartun Spongebob Squarepants ? Rata-rata mungkin menjawab iya, khususnya anak-anak. Bila ditonton. Karakter-karakter dan cerita di tayangan itu mungkin agak sedikit konyol, tapi tahukah Anda kalau ternyata film tersebut memiliki pesan yang sangat bermanfaat dalam berbisnis?

Ya,serial ini menceritakan tentang karakter Spongebob Squarepants yang hidup di dalam laut dan kota bernama Bikini Bottom. Di sana ia bekerja sebagai juru masak di restoran burger terkenal bernama Krusty Krab yang dimiliki oleh Mr.Krabs, bersama temannya Squidward yang menjadi kasir.

Spongebob Squarepants

Memang, bagi Anda yang sering menonton Spongebob, mungkin sering dijengkelkan dengan karakter Mr. Krabs yang terkenal pelit serta Squidward yang pemalas. Namun percayalah, bila diresapi lebih dalam, di beberapa episode yang menceritakan aktifitas di Krusty Krab, akan ada banyak pelajaran bisnis yang bisa diambil.

Lalu, apa saja sih pelajaran bisnis yang didapat dari film lucu ini? Berikut ulasannya.

1. Integritas dan Loyalitas Pegawai

Di film ini kita akan dilihatkan karakter Spongebob yang selalu bersemangat ketika ingin bekerja tanpa pernah merasa malas. Seperti, dalam episode “The Graveyard Shift” ketika Mr.Krabs memutuskan untuk membuka Krusty Krab selama 24 jam, ia malah senang. Sementara di cerita berjudul “Just One Bite” menunjukkan kalau ia selalu datang jam 3 pagi hanya untuk menghitung jumlah Krabby Patty (burger buatan Krusty Krab).

Pelajaran : Pentingnya dedikasi para pegawai dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis.

2. Perlunya Penghargaan Terhadap Pegawai

Dalam episode berjudul “Employee of The Month” Anda dilihatkan Mr.Krab yang selalu memberikan predikat pegawai terbaik bulanan di Krusty Krab. Hasilnya, penghargaan tersebut selalu dimenangi oleh Spongebob. Hal ini lalu memantik semangat Squidward yang malas untuk bekerja lebih giat hingga akhirnya memenangkan hadiah itu di bulan berikutnya.

Pelajaran : Pemberian penghargaan bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan persaingan antar pegawai yang pada akhirnya dapat meningkatkan bisnis.

3. Buat Strategi Pemasaran

Di balik karakternya yang pelit, Mr. Krab juga memiliki kemampuan marketing yang baik. Bila menonton episode berjudul “The Good Krabby Name”, ia menyuruh Spongebob untuk membuat nama yang menarik untuk produk restorannya guna menarik lebih banyak pelanggan. Hasilnya pun efektif, jumlah pembeli restoran menjadi bertambah.

Pelajaran: Perlunya strategi pemasaran yang baik untuk membuat konsumen tertarik kepada produk yang bisnis Anda tawarkan.

4. Fokuslah Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Krusty Krab, restoran penjual Krabby Patty

Dalam episode berjudul “Bossy Boots”, dikisahkan kalau Mr. Krab sempat mengajak anaknya, Pearl untuk menjadi pegawai Krusty Krab. Lalu kehadiran Pearl membuat bisnis restoran ayahnya melenceng dari pakem yang sudah ada sehingga pelanggan menjadi pergi.

Pelajaran : Meski diperlukan pengembangan, jangan pernah merubah inti bisnis Anda. Karena perubahan yang terlalu ekstrim malah akan membuat pelanggan hilang kepercayaan sehingga bisnis bisa menjadi hancur.

5. Jaga Kualitas Produk dan Layanan

Di episode berjudul “Born Again Krabs”, Mr. Krab membuat keputusan nyeleneh dengan menyuruh pegawainya menjual Patty yang sudah busuk hingga habis sehingga pelanggannya menjadi pergi. Sementara di cerita berjudul “Good Ol’ Whatshisname” menceritakan kalau sang bos menyuruh anak buahnya untuk mengingat nama pembeli yang membuat mereka mau datang kembali ke Krusty Krab.

Pelajaran : Berilah produk dan layanan terbaik dari bisnis Anda. Karena, kedua hal itulah yang Anda jual kepada pelanggan. Ingat, pelanggan adalah Raja!

6. Bisnis = Mencari Laba

Apapun bisnis yang Anda buat, pasti ujung-ujungnya ditujukan untuk mencari laba sebanyak-banyaknya. Di beberapa episode, kita akan dilihatkan Mr. Krab yang membuat keputusan menaikkan harga Krabby Patty agar uang yang didapatnya meningkat.

Pelajaran : Sehebat apapun bisnis, tidak ada gunanya kalau tidak menghasilkan laba.

7. Buatlah Inovasi Produk Baru

Di episode berjudul “Patty Hype”, dikisahkan kalau penjualan Patty di Krusty Krab lesu karena tidak adanya pelanggan yang datang. Sampai suatu ketika, Spongebob berhasil membuat produk bernama Pretty Patty yang berwana-warni sehingga mampu menarik pelanggan dalam jumlah besar.

Pelajaran : Diperlukan inovasi terhadap produk yang kita dijual agar pelanggan tidak jenuh dengan barang yang itu-itu saja.

Pretty Patty

8. Berkompetisilah dan Jangan Menyerah

Dalam banyak episode, sering diperlihatkan kalau Krusty Krab memiliki pesaing bernama Chum Bucket milik Plankton yang tidak pernah dikunjungi pelanggan. Agar dapat bersaing, ia tidak pernah menyerah berusaha mencuri resep rahasia Krabby Patty meski akhirnya selalu gagal.

Pelajaran : Dalam memajukan bisnis, kesuksesan tidan pernah didapat dengan mudah. Diperlukan mentalbaja yang membuat Anda selalu optimis dan pantang menyerah.

9. Identifikasi Peluang Bisnis

Di episode berjudul “20.000 Patties under The Sea” diceritakan kalau Spongebob dan temannya Patrick berhasil menemukan kapal selam yang memberikan ide Mr.Krab untuk membuat untuk menciptakan Krusty Krab keliling.

Pelajaran : Seorang pengusaha harus bisa membaca keinginan konsumen untuk mengembangkan peluang bisnisnya.

10. Lakukan Efisiensi

Dalam banyak episode, sering kita lihat Mr. Krab sangat aktif dalam melakukan efisiensi usahanya. Seperti pada episode “Life is Crime”, di mana ia melakukan penghematan dengan cara menggunakan alat pinjaman untuk menjalankan Krusty Krab. Namun, dalam realitasnya, jangan sampai seperti dia ya, kalau begitu namanya pelit.

Pelajaran : Dalam meningkatkan efektifitas pendanaan bisnis, efisiensi sangat diperlukan agar tidak menyebabkan pengeluaran yang tidak perlu.

Dari ulasan di atas, siapa bilang kartun Spongebob Squarepants Cuma memberikan tayangan konyol yang hanya memberikan kelucuan semata. Kalau dinikmati lebih jauh, ternyata banyak ilmu bisnis yang bisa kita dapat loh. Jadi, pelajaran bisa berasal dari mana saja bukan?

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama