Begini Kiat Mencari Penghasilan Lewat Endorsement

Apakah Anda seorang pengguna aktif sosial media? Lalu, bagaimana cara mencari penghasilan lewat endorsement di sosial media? Berikut caranya.

Apakah Anda seorang pengguna aktif sosial media? Jika iya, pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah endorsement.

Ya, saat ini, sudah banyak orang yang mencari penghasilan lewat endorsement di sosial media.

cara dapat endorsement

Apa Itu Endorsement?

Endorsement adalah suatu bentuk kerja sama dalam memberikan dukungan oleh seseorang atau pihak tertentu dengan memasarkan suatu produk, baik itu barang ataupun jasa.

Biasanya, sang penjual produk akan meng-endorse seseorang yang sudah memiliki followers yang cukup banyak dan memiliki ketenaran yang sudah tidak diragukan lagi.

Lalu, tugas orang itu adalah harus mengunggah fotonya yang sedang menggunakan produk tersebut ke sosial media mereka masing-masing.

Biasanya, yang mudah mendapatkan endorsement tersebut adalah orang-orang yang memiliki akun sosial media dengan followers jutaan hingga miliaran. Orang-orang tersebut adalah artis, influencer sosial media, hingga influencer blogger.

Endorsement di Sosial Media

Sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram kini menjadi wadah yang tepat untuk melakukan endorsement. Selain mudah dan cepat, salah satu metode promosi ini juga langsung tertuju ke calon pembeli yaitu followers mereka masing-masing.

Umumnya, proses endorsement adalah hanya memberikan barang yang mau dipromosikan secara cuma-cuma kepada influencer.

Namun ternyata tidak hanya barang, terkadang pihak penjual produk juga memberikan imbalan uang kepada influencer. Nah, oleh sebab itulah mulai banyak orang yang tertarik dengan endorsement karena dari sini mereka bisa mencari pemnghasilan tambahan.

Kiat Mencari Penghasilan Lewat Endorsement

penghasilan dari endorsement

Lalu, bagaimana cara mencari penghasilan lewat endorsement di sosial media? Berikut caranya.

1. Unggah Tulisan dan Foto yang Bagus dan Menarik

Karena sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram adalah jejaring sosial yang banyak memainkan tulisan dan foto, maka Anda harus menyediakan tulisan yang bagus atau foto dengan angle menarik.

Buatlah tulisan dan foto sekreatif dan se-eye catchy mungkin. Perhatikan pula profil sosial media Anda. Cantumkanlah kontak pribadi, supaya nanti jika ada pihak yang mau meng-endorse, mereka akan mudah menghubungi Anda.

upload foto bagus instagram

2. Rutin Update Tulisan dan Foto

Walaupun tulisan sudah bagus atau foto sudah digarap sekeren mungkin, akun sosial media Anda tidak akan dilirik jika frekuensi mengunggah fotonya jarang.

Oleh karena itu, tetaplah jaga konsistensi dan eksistensi Anda di sosial media dengan cara rutin mengupdate tulisan dan foto. Jangan lupa, gunakan juga hashtag yang mendukung.

cara banyak followers

3. Memiliki Banyak Followers

Agar di-endorse, sebenarnya tidak harus menjadi artis. Anda hanya perlu memperbanyak jumlah followers atau pengikut pada akun sosial media Anda.

Lantas, bagaimana cara agar mendapat followers yang banyak? Dengan konsisten melakukan poin 1 dan 2, otomatis followers biasanya akan bertambah secara alami.

Semakin banyak jumlah followers yang Anda miliki, maka akan semakin bagus dan semakin berpeluang untuk di-endorse.

4. Memiliki Banyak Jumlah ‘Like’

Jumlah ‘like’ juga mempengaruhi minat pihak yang ingin meng-endorse Anda. Jumlah ‘like’ bisa menunjukan banyak atau sedikitnya jumlah followers aktif di akun sosial media Anda.

Karena meskipun jumlah followers banyak, tapi jika jumlah ‘like’ postingan Anda sedikit, itu akan percuma.

Biasanya, pihak yang ingin meng-endorse akan lebih memilih akun Instagram yang mendapatkan banyak ‘like’ karena dinilai lebih efektif mempromosikan produk ke followers.

Endorsement Siap-Siap Kena Pajak

endorsement kena pajak

Tapi sebelumnya, siap-siap para influencer yang sering di-endorse akan dikenai pajak oleh pemerintah!

Pemerintah, melalui Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), berencana untuk mengenakan pajak terhadap pengguna yang memakai akunnya untuk menjual jasa atau barang di sosial media.

Adanya fenomena mendapatkan keuntungan dari sosial media membuat Direktorat Jenderal ‎Pajak (DJP) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memberlakukan pengenaan pajak kepada Selebgram, Kaskuser, Selebtwit, dan pengguna bisnis media online lainnya.

Sosial media yang dimaksud, antara lain Facebook, Instagram, forum online Kaskus, dan sejenisnya.

Direktur Potensi Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Kemenkeu Yon Arsal mengatakan, jika bisa menarik pajak dari kegiatan di sosial media tersebut, pemerintah bisa mendapatkan pemasukan hingga 1,2 miliar dollar AS atau sama dengan Rp 15,6 triliun.

Namun, kebijakan tersebut masih didiskusikan untuk memutuskan cara yang efektif dalam menerapkan pajak ini, juga membicarakan kemungkinan menerapkan tarif pajak yang berbeda untuk masing-masing jenis bisnis online ini.

Jadi, jika Anda tertarik untuk mencari penghasilan lewat endorsement di sosial media, kuncinya adalah memiliki followers dan like yang banyak serta rajin mengunggah tulisan dan foto yang menarik.

Jika memang ketentuannya endorsement akan dikenai pajak kenapa tidak, taat pajak berarti ikut membangun Indonesia menjadi lebih baik. Benar begitu bukan?

#PenghasilanTambahan

Baca Juga: Selebgram hingga Jualan Online, Bakal Kena Pajak
Melirik Peluang Bisnis Para Blogger di Indonesia

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama