Bagaimana Memulai Toko Online Anda? Ini Caranya

Sebagai negara terus berkembang, Indonesia tetap memiliki peluang besar menjalankan usaha online. Tapi bagaimana mulai membuat situsnya? Mari simak.

buka toko online

Di Indonesia, masyarakat kini semakin sadar bahwa untuk memperluas pangsa pasar, pembukaan situs di ranah maya adalah satu-satunya cara. Itu dilakukan agar masyarakat di pulau lain, bahkan warga internasional, bisa melihat produk dan/atau jasa apa yang kita tawarkan (tapi bukan berarti jasa penawaran gadis-gadis cantik alias human trafficking lho ya! Hehee...). Hampir 2 dari 4 orang di Indonesia paling tidak punya atau pernah memiliki blog, dan itu merupakan prestasi tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Bayangkan jika blog itu digunakan untuk pemanfaatan jasa atau penjualan produk asli dari Indonesia, misalnya herbal akar dari Kalimantan atau madu asli dari Sumbawa? Bagaimana kalau blog itu seandainya adalah toko online yang banyak orang cari? Misalnya paket perjalanan untuk pasangan yang baru menikah, bulan madu ke Lombok?

Tidak peduli siapa pun Anda, selama punya laptop dan akses internet, memiliki toko sendiri di alam internet bisa dilakukan hampir semua orang, apakah dia seorang blogger atau pemilik usaha kecil-kecilan semacam startup business, atau bahkan koperasi sekalipun bisa mendagangkan produk/jasa milik mereka di toko online tersebut.

Memiliki toko internet sendiri bukan hanya sebuah pilihan untuk memperluas pasar, tetapi juga suatu sarana untuk kita berkomunikasi dengan konsumen, pelanggan loyal, di mana pun dan kapan pun di seluruh dunia.

situs gratisan

Tidak mengenal siapa pun Anda, apakah startup business founder, pemilik koperasi, penulis, pedagang payung di Tanah Abang, hal pertama yang harus dilakukan untuk memperluas konsumen Anda adalah memiliki website. Jika Anda berpikir memiliki website menbutuhkan harga yang tidak sedikit, alias mahal, buang jauh-jauh pikiran itu! Membuat situs sendiri bahkan tidak memerlukan rupiah yang banyak. Bahkan tidak perlu programmer yang bergaji dua kali lipat harga motor tunai.

Mulailah sekarang juga. Mulai cari situs apa saja yang bisa membantu kita membuat website secara sederhana, lengkap, efisien, murah, bahkan terintegrasi dengan perangkat seluler yang kita punya. Kami akan mengajari Anda bagaimana agar bisa memiliki toko online dengan biaya yang cukup terjangkau, bahkan gratis. Cuma bermodal koneksi internet dan hasrat Anda untuk belajar Informasi Teknologi dan Internet.

Pembuat Situs Gratisan

Bagi Anda yang belum mengetahui, Indonesia sendiri masih menjadi negara dengan perkembangan tren e-commerce yang masih aktif di dunia. Indikator itu dilihat dari konsumen yang masih yang menggunakan internet sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Indikator lainnya adalah bentuk bisnis e-commerce yang masih menjadi primadona pangsa pasar di Indonesia, bahkan di tahun-tahun ke depan.

Menurut presentasi yang dipaparkan Tom Damek, Managing Director Lazada, pemakai internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 160 juta jiwa pada tahun 2016. Dengan semakin tingginya orang membutuhkan website, maka jasa pembuat situs gratisan pun semakin menjamur.

Untuk meningkatkan laju penjualan, atau bahkan membuka bisnis bareng teman, salah satu caranya adalah membuat website dengan cara gratis. Jasa pembuat situs gratisan ini menawarkan beberapa platform yang bisa digunakan untuk situs baru Anda, secara gratis. Situs-situs itu juga memberikan panduan tata letak dan desain yang sesuai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Misalnya Wix. Situs ini memberikan banyak tata letak dan desain yang bisa dipakai sesuai gaya yang dipilih. Semua desain website itu bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan selera kita.

Berikut adalah beberapa pembuat situs gratisan yang bisa Anda pakai.

Situs: Wix, Yola, Weebly.

Direkomendasikan: Mereka yang menginginkan situs internet yang simpel dengan fitur sederhana, dan tentunya gratis. Produk/jasa yang terkait bisa produk kecantikan, pakaian, bahkan blog pribadi.

Membuat Situs dari Awal

Ini yang membuat masyarakat Indonesia menjadi cerdas, yaitu membangun situs online sendiri dari awal. Jika Anda memang menguasai bahasa program, tidak ada salahnya membangun situs milik sendiri dari awal. Jadi, mulailah untuk membangun situs sendiri yang Anda inginkan. Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga ingin membuat situs sendiri sebagai tokonya di dunia internet, dan usaha yang ia jalankan adalah katering dengan basis bisnis rumahan.

Pertama, konten apa yang ingin Anda sajikan di situs itu? Bagaimana menata letak foto makanan katering yang menarik para mata pengunjung situs? Bisakah pengunjung langsung memesan katering tersebut di situs? Tentu ini memiliki keahlian yang cermat, bahkan kejelian tersendiri. Semakin banyak aplikasi yang digabungkan ke situs itu (misalnya widget), semakin tinggi pula harga yang dibayar untuk layanan domain dan hosting.

Jika Anda adalah pembuat situs dari sejak pembuatannya, maka ketika membangun situs tersebut Anda harus memikirkan bagaimana mekanisme pembayaran yang bisa konsumen terima. Model bisnis yang sedang dijalankan adalah distro kaos yang terbuat dari serat bambu. Misalnya seorang konsumen membeli produk baju tersebut. Konsumen tersebut berasal dari luar negeri (katakan dari Kanada), dan ingin membayarnya. Satu-satunya mekanisme pembayaran yang bisa diterima adalah pembayaran kartu kredit. Tipe kartu kredit apa yang bisa Anda terima? Tentu adalah yang berlogo VISA dan MasterCard.

Beli Domain Anda Sendiri

Sebuah situs tidak akan komplit tanpa sebuah nama domain yang oke, atau paling tidak yang benar-benar bisa diingat di benak konsumen. Kenapa pemilihan nama domain harus sedemikian rumit? Ya, memang karena ini adalah menyangkut nama unik yang bisa bergerak bebas di pikiran konsumen, yang berikutnya konsumen bisa langsung akses situs tersebut dan belanja apa yang Anda tawarkan.

Jika Anda mencari harga domain yang terjangkau, cek perusahaan domain dan hosting terkenal di bawah ini yang cukup dikenal di kalangan profesional di Indonesia dalam hal hosting dan domain. Bahkan email dengan nama domain Anda pun bisa dibuat oleh perusahaan ini.

Biasanya, pembelian domain dan hosting berlaku untuk satu tahun. Jadi, jika Anda ingin lebih berhemat lagi dalam hal pengeluaran pembelian domain dan hosting, lebih baik beli untuk 2 (dua) tahun atau lebih. Dengan begitu penawaran harga domain dan hosting tersebut bahkan bisa lebih murah. Pastikan mana yang lebih cocok dan sesuai untuk toko online Anda.Anda juga perlu mempertimbangkan akhiran domain seperti apa yang cocok untuk model bisnis yang dijalankan. Untuk diketahui, ada banyak nama akhiran domain yang bertebaran di internet, misalnya .com, .co.id, .net, dan masih banyak lagi.

nama akhiran domain

Anda juga perlu berpikir jika model usaha Anda menargetkan pangsa pasar di Indonesia, maka akhiran nama domain yang mungkin bisa menjadi pertimbangan adalah .co.id. Akhiran nama domain .com memang lebih terjangkau dibanding akhiran nama lainnya. Kisaran harga untuk domain yang berakhiran .com bisa dimulai dari Rp 100.000 - Rp 150.000.

Domain dengan akhiran .co.id berkisar pada harga Rp 100.000 - Rp 200.000. Sementara untuk domain domain dengan akhiran .id berkisar dari harga Rp 450.000 - Rp 500.000. Tentu semua itu dibayar untuk satu tahun. Bagaimana membelinya? Ada banyak metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk membeli domain dan hosting ini, misalnya menggunakan kartu kredit. Tergantung dari perusahaan bisa menerima sistem pembayaran dengan cara apa.

Situs: MasterWeb, IDWebHost, RumahWeb

Harga Termurah: Rp 95.000 hingga Rp 450.000 untuk masa aktif 1 (satu) tahun.

Pilih Desain Situs Anda Sendiri

Katakan Anda sudah memiliki domain dan hosting milik sendiri. Pembayaran untuk domain dan hosting sudah dilakukan. Ini waktunya bagi Anda untuk mendekorasi toko online tersebut.

Dekorasi yang dimaksud adalah mempercantik alur tata letak, desain, dan aplikasi yang bisa dibenamkan di situs tersebut. Misalnya aplikasi chatting bersama pemilik usaha. Ada banyak pilihan yang bisa dilakukan, misalnya menyewa web designer tersendiri. Itu tergantung dari bujet yang dimiliki untuk menyewa web designer itu.

Cara lain adalah Anda juga bisa membeli desain web dari beberapa situs penyedia desain tersebut. Beberapa perusahaan yang menyediakan jasa desain web misalnya www.digitalbrand.co.id, www.coriate.com, atau www.solusikreatif.com.

Pilihan terakhir Anda mungkin adalah memakai desain situs yang bersifat gratis alias tidak berbayar, misalnya Blogspot atau Wordpress. Mungkin perlu pengetahuan dan trik untuk bisa menata desain sesuai keinginan. Tapi kalau memang berniat untuk memperlebar sayap bisnis Anda yang masih kecil, tidak salahnya untuk meluangkan waktu bagaimana mendesain sebuah situs semenarik mungkin.

Masih tertarik untuk membeli jasa desain situs? Biaya pembuatan desain situs mungkin berada pada kisaran Rp 500.000 hingga Rp 5.000.000. Tentu harga ini masih bisa negosiasi, tergantung dari dana yang disiapkan.

Situs: studiowebindo.com, yogyaweb.com, desainbagus.com

Harga Termurah: Gratis

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama