Aha, Mudahnya Berbelanja Ritel Online!

Masih banyak masyarakat di daerah yang khawatir berbelanja ritel online. Terlepas itu, cara berbelanja model ini adalah cara yang mengasyikkan.

Anda sudah bekerja penuh sepekan ini, dan ingin belanja kebutuhan pakaian untuk kantor dan bertemu dengan berbagai klien dan kolega. Inilah waktu bagi Anda untuk memperbaharui pakaian terbaru atau ingin berbelanja tongkat narsis untuk berfoto bersama kawan berlibur bersama ke Garut dengan biaya kurang dari Rp 200.000? Nggak percaya? Ada lho.

Aduh, coba ya ada keranjang yang bisa dengan ajaib ada di depan pintu rumah kita penuh dengan buah-buahan favorit kita! Atau kalau kita lagi pengen makan bakso, langsung ada di depan pintu lengkap dengan sambal dan saus pedas yang kita mau. 

By the way, kejadian macam itu cuma ada kalau kita punya lampu Aladdin tuh. Kita tetap aja harus pesan ke tukang bakso kalau mau makan bakso. Atau kalau ingin beli kemeja kotak-kotak yang lagi tren, ya kita harus pergi ke pusat perbelanjaan terdekat. Atau paling banter ya ke ITC.

Tapi jangan galau, Sobat GoGo. Hari gini kan di mana-mana sudah bisa pesan barang konsumsi retail atau grosir secara online. Bisa apa aja. Mulai dari makanan, pakaian, perlengkapan bayi, sepatu, sandal jepit, bahkan pakaian dalam untuk pria dan wanita pun ada. 

Itulah cara revolusioner berbelanja secara online. Pertama-tama, definisi berbelanja secara online itu bisa jadi karena tokonya sudah ada di darat, atau dengan kata lain sudah hadir terlebih dahulu. Entah di pusat perbelanjaan atau butik atau apa pun di kompleks pertokoan. Atau memang si pembuat situs ingin menyasar konsumen yang rajin berbelanja online tanpa harus pergi toko di darat Tokonya pun ya memang tidak harus ada. Di Indonesia, ada berbagai merek toko online yang menyediakan perbelanjaan grosir atau retail. Misalnya toko Sukamart, Blanja, atau BliBli

retail online Sukamart.Com

Ngomong-ngomong, tahu nggak sih beda antara "grosir" dan "retail"? Menurut Yahoo Answers, "retail" adalah pembelian/penjualan yang dilakukan dalam jumlah kecil atau satuan, sementara "grosir" adalah pembelian/penjualan yang dilakukan dalam jumlah borongan, misalnya setiap 20 kodi, 10 buah, dan lain sebagainya. Kalau dalam bahasa netizen adalah minimum order. Jadi kalau mau beli produk kecantikan merek A, ada minimum order 20 buah dengan harga khusus. Nah itu sudah bersifat grosir. Sementara kalau mau pesan, misalnya pakaian bayi, bisa beli satuan, itu sudah bersifat retail. 

Tapi jangan lupa, ada juga beberapa toko online yang bersifat dinamis. Maksudnya, bisa memesan suatu produk secara retail maupun grosiran (borongan). Yang beli secara borongan biasanya untuk dijual lagi. Jelas kan!

Semua tentang Ketepatan Pengiriman

Pertama yang harus Anda ketahui dari pembelian produk grosir dan retail melalui toko online adalah berapa lama proses pengiriman barang yang kita pesan. Entah sampai depan rumah kita atau malah kadang salah alamat. Tapi itu jarang terjadi. Pernah terjadi salah produk yang kita pesan? Ya, itu mungkin salah satu faktor bisa jadi salah beli.

Jika Anda masih ragu terhadap toko grosir yang online, coba ajukan pertanyaan berikut ke pihak mereka.

  • Di mana saja area yang bisa dilayani untuk pengiriman? Apakah lokasi rumah saya bisa dilayani?
  • Berapa biaya ongkos kirim untuk pengiriman produk grosiran dan/atau retail tersebut?
  • Hari apa kira-kira barang pesanan saya akan sampai di tempat tujuan?

Pada akhirnya, jika melihat dari sisi si pengusaha toko online grosir dan/atau retail, kunci utama kesuksesan untuk bidang usaha ini adalah keandalan pengiriman hingga barang sampai ke tempat tujuan. Waktu adalah faktor penentu dalam bisnis ini. Dengan demikian, ketepatan pengiriman bagi konsumen adalah yang terutama. 

Sebagian besar toko online grosir dan/atau retail mengharuskan pemesanan di awal agar bisa produk sampai tepat waktu. Umumnya, jika Anda menginginkan produk sampai di akhir pekan (biasanya produk retail fashion), Anda harus bayar sedikit lebih mahal. Mengapa? Itu karena petugas pengiriman 'berkelahi' dengan kemacetan.

Jadi, jika Anda ingin produk sampai di akhir pekan, mungkin ada biaya tambahan yang harus dibayar.

Bagaimana Mekanisme Pembayarannya?

Di Indonesia, metode pembayaran yang masih diterima secara umum adalah transfer, baik transfer antarbank maupun antar-ATM. Di luar negeri sendiri ada pembayaran yang sudah diterima, yaitu dengan menggunakan kartu kredit. Ada juga yang menggunakan skema rekening bersama. Rekening bersama adalah skema rekening bersama yang disepakati penjual dan pembeli untuk mentransfer uang sejumlah tertentu, yang kemudian jika produk sudah sampai ke tangan pembeli, debet akan dilakukan kepada rekening bersama tersebut.

Ada juga toko grosir/retail online yang menggunakan skema pembayaran Paypal dan Payment Gateway. Namun skema ini masih jarang dipakai konsumen di Indonesia.

Satu hal lagi adalah, apakah toko tersebut menyediakan sistem pengembalian 100% jika produk yang diterima tidak puas. Beberapa mungkin menerapkan hal ini, tapi ada juga yang tidak. Cari tahu dengan seksama adalah hal terpenting bagi kita sebagai konsumen.

GrosirBersama.Com

Apa Sih Keunggulan Toko Online Retail/Grosir?

Sebagai konsumen yang tinggal di Indonesia, ada beberapa hal yang bisa meyakinkan kita bahwa berbelanja produk grosir dan/atau retail memberikan kenyamanan tersendiri. Berikut adalah beberapa hal itu.

  • Kenyamanan.

Salah satu hal paling utama jika konsumen Indonesia ditanya mengapa belanja produk grosiran secara online, pasti salah satu jawabannya adalah kenyamanan. Anda cuma butuh laptop dan koneksi internet yang lancar. Untuk pembayaran, mungkin kartu kredit bisa jadi andalan. Tentunya tanpa riwayat utang ya! Hehehee.. Selagi nonton televisi, Anda bisa pesan produk perlengkapan bayi atau beras merah secara grosiran. Bayar, dan pastikan pesanan Anda sampai di depan rumah. Nyaman kan?

  • Hemat Waktu

Ini sudah pasti. Daripada beli beras merah di supermarket, malah yang ada kita berjubel dengan antrian di kasir pembayaran. Jika Anda bawa mobil, sudah pasti ada biaya parkir yang dikeluarkan. Coba bayangkan berapa waktu yang bisa dihemat jika berbelanja barang grosiran melalui online, padahal produk yang sejenis lho?

  • Pas di Bujet

Ada beberapa konsumen yang memang mencari harga termurah untuk barang sejenis, misalnya produk makanan hewan peliharaan. Jika kita mencari toko di darat, makanan untuk hewan peliharaan kadang lebih mahal daripada beli secara online. Jika ditambah ongkos kirim, produk makanan hewan peliharaan tersebut masih bisa terjangkau. Malah ada beberapa situs yang jika kita beli makanan untuk hewan peliharaan akan gratis untuk ongkos kirim, jika kita beli dalam jumlah banyak (grosir). Asyik kan? Pas di bujet.

Jadi, Simpulannya adalah...

Mungkin Anda berpikir seperti ini, ah tidak apa-apalah pergi ke minimarket belanja produk grosiran. Cuma sekali seminggu ini kan? Tapi coba bayangkan, jika Anda seorang pengusaha jual-beli pakaian muslim, dan  pergi berbelanja ke Tanah Abang sebulan sekali, berhadapan dengan kemacetan kota besar, keriuhan, bahkan tidak ada parkir sama sekali, Anda benar-benar harus memperhitungkan kembali apakah semua itu bisa dihemat dalam waktu sekali klik?

Ya, kalau memang Anda tipe orang yang mau membawa produk grosiran seberat lebih dari 10 kilogram ke mobil Anda, dan membawanya pulang ke rumah. tentu nggak masalah. Tapi jika Anda berpikir hanya untuk uang parkir saja bisa dihemat, maka toko grosir online adalah salah satu kemudahan yang bisa diperoleh dari planet ini. Maka ubahlah cara berpikir And dalam berbelanja yang konvensional itu. 

Selamat grosir!

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama