7 Peluang Usaha Menguntungkan di Musim Hujan

Ide peluang usaha bisa datang dari mana saja. Bahkan saat dilanda banjir di musim hujan pun banyak orang yang memanfaatkannya sebagai peluang untuk mendapatkan rezeki.

Hujan memang memberikan berkah bagi manusia. Bahkan ketika banjir melanda, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai peluang untuk menambah pundi-pundi rezeki. Sebab, ide peluang usaha bisa datang dari mana saja. Inilah 7 peluang usaha dadakan di musim hujan.

Jual Payung dan Jas Hujan

Sedia payung sebelum hujan. Usaha ini memang tidak ada matinya. Apalagi saat musim hujan, biasanya harga payung maupun jas hujan akan dinaikkan melebihi harga sewajarnya. Kalau sudah begitu, keuntungan yang diperoleh para pedagang payung dan jas hujan pasti akan berlipat ganda. Harga normal untuk payung berkisar Rp 25.000 - Rp 35.000, sedangkan jas hujan adalah Rp 40.000 - Rp 50.000.

Ojek Payung

Usaha ini juga tak lekang oleh waktu. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, mereka berlomba-lomba untuk memberikan jasa ojek payung. Dengan kondisi orang-orang yang tidak membawa payung, tidak ingin kehujanan, ditambah harga yang ditawarkan terjangkau, membuat usaha ojek payung laku keras. Tarif ojek payung sebesar Rp 5.000 per orang. 

Ojek Gerobak

Orang-orang yang wilayahnya terkena banjir pasti akan mengalami kesulitan dalam mengendarai mobil dan motor. Oleh karena itu, ojek gerobak hadir sebagai solusinya. Sesungguhnya, usaha ini sama seperti ojek payung, yaitu membantu orang-orang untuk dapat berpindah tempat walaupun air terus menerjang. Perbedaannya ada pada peralatan yang digunakan dan tarif yang dikenakan. Tarif ojek gerobak berkisar Rp 25.000 - Rp 35.000.

Ojek Perahu Karet

Sama seperti ojek gerobak. Namun, jasa ini terlihat lebih ‘elegan’ karena menggunakan perahu karet. Bagi yang ingin keluar rumah tapi takut basah, bisa menyewa jasa ini. Daya tampung perahu karet juga lebih besar dan pengoperasiannya mudah. Saat banjir besar dan transportasi lumpuh, kegiatan tetap bisa berjalan dengan menyewa ojek perahu karet. Tarif ojek perahu karet berkisar Rp 35.000 - Rp 50.000.

Air Bersih

Di beberapa wilayah yang terus dilanda hujan dan banjir, air bersih pastinya menjadi salah satu kebutuhan yang cukup sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, penjualan air bersih pun bisa menjadi peluang usaha yang juga dapat memberikan keuntungan besar di musim hujan.Tarif untuk air bersih berkisar Rp 3.000 - Rp 5.000 per jerigen.

Servis Motor

Tidak sedikit pengendara motor yang nekat menerjang banjir. Jika motor mogok, akhirnya mereka akan membutuhkan tukang servis untuk memperbaiki kendaraan mereka tersebut. Jadi, jangan kaget jika usaha servis motor perlahan-lahan akan menjamur di musim hujan, mengingat jumlah motor di Indonesia sendiri juga terbilang sangat banyak. Tarif maksimal untuk usaha ini adalah Rp 50.000. Namun, harga tersebut bisa dikondisikan sesuai dengan tingkat kerusakan motor. Selain itu pastikan sepeda motor Anda dilindungi oleh asuransi kendaraan untuk meminimalkan risiko dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jual Sajian Hangat

Cuaca dingin memang paling enak menikmati sajian yang menghangatkan tubuh. Sesungguhnya, modal yang harus dikeluarkan untuk usaha ini pun tidak begitu besar. Namun demikian, keuntungan yang diperoleh dapat berlipat ganda seiring dengan meningkatnya permintaan pembeli di musim hujan. Coba saja untuk membuka usaha sajian hangat seperti mie instan dengan banderol Rp 5.000, wedang ronde seharga Rp 3.000 - Rp 5.000 dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mencobanya? Lumayan bagi Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan.

0 komentar

Anda setuju atau tidak setuju dengan artikel ini? Ada pertanyaan? Jadilah komentator pertama